Jumat, 13 November 2015

Dampak Polusi Udara Terhadap Kesehatan

            
Saat ini polusi udara di perkotaan di perikirakan sangat memberi kontribusi terhadap kematian 800.000 pertahun (WHO/UNEP). Saat ini negara yang berkembang menghadapi masalah polusi udara lebih serius dibanding negara yang maju. Polusi udara berakibat pada penurunan produktivitas dan peningkatan pembiayaan kesehatan. Oleh karena itu polusi udara merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang sangat penting.

Sumber utama polusi udara di indonesia adalah kendaraan bermotor, akan tetapi ditambah dengan pembakaran hutan liar karena kepentingan pihak” tertentu, banyak nya industri dimana-mana, karena itulah negara seperti indonesia inilah yang ingin berkembang masalah polusi udara yang harus di perhatikan demi kesehatan masyarakat dan lingkungan hidup alam.

Penyebab polusi udara terhadap lingkungan:
-Polusi yang terjadi dalam ruangan (outdoor pollution), letusan gunung merapi,kebakaran hutan,pembakaran bahan bakar yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor dan industri.
-polusi yang terjadi dalam ruangan (indoor pollution), bahan-bahan baku bangunan, senyawa-senyawa pembersih,asap rokok,perapian,kompor gas,kompor minyak tanah, dll.

Polutan yang dihasilkan di antaranya adalah :Sulpur dioksida SO2 , Nitrogen oksida NOx , Karbon dioksida CO2, Hidrokarbon HC, Karbon monoksida CO, Belerang oksida SO3 dll

Dampak polusi udara kesehatan manusia sangat memprihatinkan,  berbagai macam penyakit seperti pernapasan ,iritasi mata dan tenggorokan, gejala umum yang di rasakan sesak dada, mata terbakar, batuk, dan efek yang berbahaya terhadap anak-anak menyebabkan bronkitis,sakit telinga dan asma dll .
Manusia saat ini yang sangat berkontribusi terhadap polusi yang di alami dalam kehidupan saat ini . seperti merokok, pembakaran hutan, pembakaran bahan bakar kendaraan motor dan di industri dll.

Pencegahan yang  meminimalkan polusi udara saat ini:

1.Menerapkan aturan pemilikan kendaraan bermotor demi mengurangi pembakaran bahan bakar, meningkatkan kesadaran menggunakan kendaraan umum.
2.Menjaga hutan dari kebakaran dan demi kelestarian lingkungan hidup
3.Mengurangi sampah dengan cara mendaur ulang agar tidak menumpuk, dan tidak membakarnya tapi mengkompos daun kering bisa digunakan sebagai pupuk tanaman.

https://irhezt.wordpress.com/dampak-polusi-udara-terhadap-kesehatan/

Tidak ada komentar: