Selasa, 24 November 2015

Pemanasan Global



Pemanasan global adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer,laut,dan daratan bumi. Meningkatnya suhu global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut,meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrem,serta perubahan jumlah dan pola presipitasi.akibat-akibat pemanasan global yang lain  terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser, dan punahnya berbagai jenis hewan.
Gejala-gejala pemanasan global adalah pergantian musim yang sulit di prekdisi, sering terjadinya angin puting beliung,terumbu karang yang memutih, dan banjir serta kekeringan di wilayah yang tidak biasa mengalaminya.


Penyebab pemanasan global :

1.Efek rumah kaca, adalah proses atmosfer menghangatkan planet. Efek rumah kaca terjadi akibat          panas yang dipantulkan ke permukaan bumi terperangkap oleh gas-gas di atmosfer.
2.Penggunaan CFC yang tidak terkontrol, merupakan bahan kimia yang digabungkan menjadi sebuah    bahan untuk memproduksi peralatan rumah tangga, CFC terdapat di kulkas dan AC.
3.Polusi kendaraan, kendaraan berbahan bakar bensin menyebabkan polusi.
4.Polusi metana oleh pertanian, perkebunan, dan peternakan.
5.Pengrusakan Hutan, jika hutan rusak akibat penebangan dan pembakaran , maka jumlah karbon          dioksida yang diserap hutan semakin sedikit.


Dampak pemanasan global :

1.Iklim mulai tidak stabil, pemanasan global dapat menyebabkan kenaikan permukaan air laut akibat    pencairan di kutub,perubahan pola angin.
2.Sumber daya air ,perubahan suhu yang terjadi akibat perubahan iklim, menyebabkan perubahan          curah hujan serta menyebabkan pergeseran vegetasi di daerah hulu sungai.
3.Topan siklon Tropis terbentuk akibat gejolak di atas laut diakibatkan oleh kenaikan temperatur            akibat pemanasan global.
4.Suhu bumi mulai panas.
5.Berkurangnya oksigen dan bertambahnya karbon dioksida pada atmosfer.
6.Tingkat gagal panen pada pertanian meningkat produsi menurun.
7.Makhluk hidup terancam dan berkemungkinan punah.


Mencegah pemanasan global dengan cara :

1.      Mengurangi penebangan hutan dan pembakaran hutan.
2.      Hemat Energi listrik.
3.      Penghijauan dan pemeliharaan hutan.
4.      Kurangi bangunan rumah kaca


Tidak ada komentar: