Rabu, 25 November 2015

Pengertian Kebutuhan Manusia

  Pengertian Kebutuhan Manusia
Kebutuhan dasar manusia adalah hal-hal seperti makanan, air, keamanan dan cinta yang merupakan hal yang penting untuk bertahan hidup dan kesehatan. Hierarki kebutuhan manusia menurut Maslow adalah sebuah teori yang dapat digunakan perawat untuk memahami hubungan antara kebutuhan dasar manusia pada saat memberikan perawatan. 
  KARAKTERISTIK MANUSIA YANG MEMPENGARUHI KEBUTUHAN DASAR
1. Semua manusia mempunyai kebutuhan dasar  yang sama, persepsi individu terhadap kebutuhan bervariasi. 
2. Manusia menempatkan prioritas kebutuhannya secara relatif. 
3. Bila kebutuhan datang Individu      mempunyai berbagai cara untuk merespon kebutuhan tersebut.
4. Kebutuhan dasar saling berhubungan.
5. Kebutuhan dapat timbul oleh stimulasi eksternal atau internal.
6. Kgagalan dalam pemenuhan kebutuhan dapat menyebabkan sakit.
7. Walaupun kebutuhan dasar manusia tetap ditemui tetapi beberapa pemenuhannya dapat ditunda. 
Kebutuhan dasar manusia dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut :


1. Penyakit. Adanya penyakit dalam tubuh dapat menyebabkan perubahan pemenuhan pemenuhan kebutuhan, baik secara fisiologis maupun psikologis, karena beberapa fungsi organ tubuh memerlukan pemenuhan besar dari biasanya.
2. Hubungan Keluarga. Hubungan keluarga yang baik dapat meningkatan pemenuhan kebutuhan dasar karena adanya saling percaya, merasakan kesenangan hidup, tidak ada rasa curiga, dan lain-lain.
3. Konsep Diri. Konsep diri manusia memiliki peran dalam pemenuhan kebutuhan dasar. Konsep diri yang positif memberikan makna dan keutuhan (wholeness) bagi seseorang. Konsep diri yang sehat menghasilkan perasaan positif terhadap diri. Orang yang merasa positif tentang dirinya akan mudah berubah, mudah mengenali kebutuhan dan mengembangkan cara hidup yang sehat, sehingga mudah memenuhi kebutuhan.
4. Tahap Perkembangan. Sejalan dengan meningkatnya usia manusia mengalami perkembangan. Setiap tahap perkembangan tersebut memiliki kebutuhan yang berbeda, baik kebutuhan biologis, psikologis, sosial maupun spiritual, mengingat berbagai fungsi organ tubuh mengalami proses kematangan dengan aktivitas yang berbeda untuk setiap tahap perkembangan.

Kesimpulan
 kebutuhan dasar adalah hal yang bisa memebuat seseorang memiliki angan atau keinginan untuk mencapainya .
kebutuhan dasar terbagi menjadi 3 yaitu primer sekunder dan tresier masing masing kebutuhan memiliki perubahan sesuai masanya seperti pada awal nya manusia tidak membutuh kan gadget sekarang msnusia sangat membutuhkan nya dan masih banyak lagi
 
SUMBER:
 

Tidak ada komentar: