Jumat, 27 November 2015

Global Warming




Global warming ialah naiknya suhu rata-rata diatas permukaan bumi baik didarat, laut, ataupun di udara sehingga suhu bumi semakin lama akan semakin panas.
Penyebab global warming sendiri mempunyai beberapa penyebab,diantaranya adalah:
  •  Model rumah kaca
salah satu penyebab pemanasan global adalah model rumah kaca baik di rumah-rumah, gedung-gedung atau tempat-tempat yang menggunakan konsep bangunan kaca ini dapat memantulkan cahaya ke udara dan bukannya menyerap sinar matahari.  Sehingga dampak dari konsep umah kaca ini sangat berpengaruh terhadap pertambahan dan peningkatan pemanasan global di bumi.
  • Pemborosan listrik
Listrik banyak digunakan oleh setiap orang, namun banyak orang yang belum sadar akan penghematan terhadap penggunaan listrik. Berbagai himbauan telah banyak digerakkan atau dilakukan, namun pada kenyataannya banyak manusia belum bisa melakukannya, sehingga pemborosan listrik ini bisa menjadi salah satu penyumbang meningkatnya pemanasan global.
  • Bahan bakar
Bahan bakar yang digunakan kendaraan selain menggangu kesehatan juga memberikan efek bertambahnya pemanasan global dari polusi udara yang dihasilkan setiap kendaraan.
·         Polusi udara dari Industri dan Pabrik
Semakin banyak industri dan pabrik yang berkembang, semakin banyak terjadinya pemanasan global. Disisi positifnya memang industri dan pabrik bisa memberikan peluang untuk mensejahterakan rakyat , namun disisi lain kerugian asap yang dihasilkan dari industri dan pabrik sangat merugikan eksitensi bumi.
  • Pembalakan liar sehingga hutan menjadi gundul
Dimana emisi karbondioksida disebabkan adanya kerusakan atau pembakaran hutan.sehingga hutan gundul menjadi salah satu penyebab meningkatnya pemanasan global bumi.
Dampak dari global warming sendiri sangat besar yang pastinya sangat merugikan dan hasilnya dapat dirasakan oleh semua makhluk hidup di muka bumi.
Dampak global warming diantaranya:

1.      Suhu dipermukaan bumi semakin lama akan semakin ekstrim.
2.      Permukaan air laut diseluruh dunia akan meningkat.
3.      Intensitas terjadinya angin topan akan semakin meningkat.
4.      Banyak terjadi kekeringan dan kegagalan panen di seluruh dunia.
5.      Akan terjadi bencana kelaparan dan kekeringan dimuka bumi.
6.      Berbagai macam penyakit bermunculan akibat global warming.
7.      Terjadinya kepunahan beberapa species mahluk hidup.
8.      Cuaca yang sulit ditebak.

Karena semakin parahnya pemanasan global yang kita rasakan,seharusnya kita tahu dan sadar bagaimana upaya untuk menanggulanginya. Langkah yang dapat kita ambil berupa:
  • Menghilangkan karbon
Cara yang paling mudah untuk menghilangkan karbon dioksida di udara adalah dengan memelihara pepohonan dan menanam pohon lebih banyak lagi. Pohon, terutama yang muda dan cepat pertumbuhannya, menyerap karbon dioksida yang sangat banyak, memecahnya melalui fotosintesis, dan menyimpan karbon dalam kayunya.
  • Hemat listrik
gas rumah kaca itu didominasi dari karbon dioksida (CO2). Sebagian besar dari CO2 dihasilkan dari pembangkit listrik yang berbahan bakar fosil. Dengan demikian, jika kita berhemat listrik maka secara tidak langsung kita mengurangi kadar CO2 di Atmosfer.
  • Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor
Kendaraan merupakan sumber karbondioksida terbesar diperkotaan,pleh karena itu gunakan kendaraan seperlunya.
  • Mengurangi penggunaan CFC
Untuk menghentikan penggunaan CFC pada peralatan pendingin, dapat dilakukan dengan memberikan penyuluhan dan batuan kepada bengkel-bengkel servis peralatan pendingin agar dapat mengelola penggunaan CFC. CFC juga terdapat pada kemasan aerosol seperti parfum dan pembasmi serangga.
Pemanasan global telah menjadi permasalahan yang menjadi sorotan utama umat manusia. Fenomena ini bukan lain diakibatkan oleh perbuatan manusia sendiri dan dampaknya diderita oleh manusia itu juga. Untuk mengatasi pemanasan global diperlukan usaha yang sangat keras karena hampir mustahil untuk diselesaikan saat ini. Pemanasan global memang sulit diatasi, namun kita bisa mengurangi efeknya.Penanggulangan hal ini adalah kesadaran kita terhadap kehidupan bumi di masa depan. Apabila kita telah menanamkan kecintaan terhadap bumi ini maka pmanasan global hanyalah sejarah kelam yang pernah menimpa bumi ini.


Sumber:



Tidak ada komentar: