Jumat, 13 November 2015

Pengelolaan Sampah

Sampah merupakan masalahyang selalu di hadapi hampir seluruh Negara di dunia. Bukan hanya Negara berkembang, di Negara maju sampah juga menjadi masalah yang mereka hadapi. Indonesia, memiliki banyak kota-kota besar yang setiap harinya menghasilkan puluhan ton sampah.
Sampah tersebut setiap harinya di angkut oleh truk-truk khusus dan membuangnya ke tempat yang telah di sediakan tanpa ada pengolahan lebih lanjut. Berikut akan membahas tentang cara membuang dan mengolah sampah agar tidak menjadi masalah di masa mendatang.

1.       Membuang

Masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan atau tidak pada tempatnya. Seperti membuang sampah di sungai yang pada akhirnya sungai menjadi banyak sampah. Entah mereka belum sadar atau memang malas untuk membuang sampah ke tempat yangtelah disediakan.
Membuang sampah pun harus dibagi menjadi dua, yaitu:
a.       Sampah Organik: sampah yang mudah di uraikan oleh bakteri, seperti : daun, ranting/kayu buah dll.
b.      Sampah Anorganik: sampah yang sulit di uraikan bakteri, seperti: kaca, plastik, besi dll.
Dengan cara pemisahan berdasarkan jenisnya dapat mempermudah proses pengolahan lebih lanjut.

2.       Pengolahan
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengolah sampah menjadi bermanfaat atau memiliki nilai jual. Berikut beberapa cara pengolahan sampah menurut jenisnya:
a.       Sampah Organik
·         Metode Kompos Takakura
Metode ini pertama kali diperkenalkan oleh Mr. Takakura yang berasal dari jepang di kota Surabaya tahun 2014. Metode ini bertujuan untuk mengolah sampah rumah tangga seperti: sayuran,buah busuk, dll yang di olah secara sederhana agar dapat di gunakan sebagai pupuk tanaman. Cara lebih lanjut anda bisa klik link di bawah ini.
·         Membuat Biogas Dari Sampah Organik
Cara membuatnya cukup mudah dan menggunakan alat yang mudah di cari. Sangat efisien untuk bahan bakar alternatif. Cara-cara pembuatannya bisa dilihat pada link di bawah.
b.      Sampah Anorganik
Anda bisa membuat berbagai macam kerajinan seperti:
·         Perangkap Nyamuk Dari Botol Bekas
·         Tas Dari Kain Perca

Cara-cara di atas bisa anda praktikkan di rumah, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: