Jumat, 13 November 2015

Pembangunan dan Kerusakan Lingkungan


Kerusakan lingkungan hidup akibat pembangunan merupakan salah satu penyebab rusaknya lingkungan pada zaman ini. setiap waktu dimanapun kita berada selalu menemukan proyek /proses pembangunan.pembangunan ini mempengaruhi alam dan lingkungan entah itu pembangunan
pabrik,gedung,jalan,mall,ruko ataupun jalan tol sangat besar dampaknya.sebenarnya tujuan positif dari pembangunan ini sangat baik diantaranya adalah membuka lapangan kerja baru,memperkecil angka pengangguran hingga kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat di segala bidang yang menyangkut kehidupan manusia.
Tetapi yang disayangkan hampir dalam proses pembangunan tersebut seringkali manusia tidak memikirkan akibat yang terjadi dengan alam atau lingkungan sekitarnya. Memang dalam suatu proyek/ proses pembangunan seringkali kita mengorbankan lingkungan /alam demi melancarkan proses pembangunan tersebut.
Contohnya antara lain penebangan pohon sebagai sumber oksigen dan penyimpan air, penggalian tanah,serta bisa juga merugikan orang orang/penduduk yang ada di sekitar proyek pembangunan tersebut.
Dampak negative dari pembangunan ini bisa secara langsung kita rasakan diantaranya pemanasan global,berkurangnya sumber mata air dimana pohon sendiri adalah meresap air,banjir dimana mana akibat tidak adanya resapan air baik itu air hujan ataupun air got,penyebabnya pun semua ini karna pembangunan yang kurang berfikir dampak negatifnya.
Saya ambil contoh disekitar tempat tinggal saya,di kalideres jalan daan mogot km.17 sering saya melihat pembangunan dari hari ke hari. Jika kita dari arah tangerang ke Jakarta samping kiri berdiri ruko ruko dan gedung gedung baru.dampak yang dirasakan dari pembangunan ini adalah masyarakat sekitar yang tinggal dikomplek kodam dimana lahan yang tadinya dijadikan resapan air malah dibangun gedung gedung baru sehingga saat musim hujan tiba resapan air hujan berkurang,yang lebih parah lagi ketinggian jalan dan permukaan lantai gedung lebih tinggi dari tanah permukiman warga.akibatnya terjadi banjir akibat meluapnya saluran air tersebut yang tidak mampu menahan datangnya kapasitas air yang banyak dari hujan. Keadaan ini sangat meresahkan dan menyusahkan warga sekitar dimana dahulu sebelum dibangun gedung tidak pernah terjadi banjir saat musim penghujan.
Pembangunan memang diperlukan untuk kesejahteraan dan membuka lapangan kerja baru tetapi melestarikan lingkungan hidup merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditunda lagi dan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau pemimpin negara saja, melainkan tanggung jawab setiap insan di bumi, dari balita sampai orangtua. Setiap orang harus melakukan usaha untuk menyelamatkan lingkungan hidup di sekitar kita sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Sekecil apa pun usaha yang kita lakukan sangat besar manfaatnya bagi terwujudnya bumi yang layak huni bagi generasi anak cucu kita kelak.
Upaya pemerintah untuk mewujudkan kehidupan adil dan makmur bagi rakyatnya tanpa harus menimbulkan kerusakan lingkungan . mari kita bersama sama membangun pembangunan dan tetap melestarikan lingkungan disekitar kita.






Sumber:

Tidak ada komentar: