Jumat, 27 November 2015

Penebangan Hutan dan Pemanasan Global

Image result for hutan dan pemanasan global
Seperti yang kita ketahui, alam memberikan banyak manfaat untuk manusia dan seluruh makhluk hidup. Hutan, hutan dengan banyak manfaat, oleh manusia dimanfaatkan dengan tidak bijak, tanpa sadar, manusia menebang hutan secara berlebih, tanpa memperhitungkan dampak yang akan terjadi dimasa mendatang.


Tahukah kamu apa itu hutan? Menurut wikipedia secara seingkat, hutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan lebat oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya.

Tahukah kamu peran hutan? Hutan sangat berperan dalam berbagai hal seperti penyedia sumber air, penghasil oksigen, tempat hidup berjuta flora dan fauna, dan peran penyeimbang lingkungan, serta mencegah timbulnya pemanasan global. sebagai fungsi penyedia air bagi kehidupan, hutan merupakan salah satu kawasan yang sangat penting, hal ini dikarenakan hutan adalah tempat bertumbuhnya berjuta tanaman.

Global warming/ pemanasan global (dikenal dengan perubahan iklim) terjadi akibat kegiatan manusia terutama yang berhubungan dengan bahan bakar fosil (batubara, minyak & gas). Jika suhu rata-rata permukaan bumi secara radikal, akibatnya akan mempengaruhi  kehidupan berbagai makhluk hidup.
Pemanasan global juga dapat diartikan adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi.

Berbagai dampak akibat pemanasan global antara lain : mencairnya es kutub utara yang kemudian berdampak pada naiknya permukaan air laut, tenggelamnya pulau-pulau kecil serta berkurangnya luas daratan akibat kenaikan permukaan laut, bergesernya periode musim hujan dan musim kemarau, banjir dan tanah longsor melanda di banyak wilayah di Indonesia, kekeringan yang menyebabkan gagal panen, dan kebakaran hutan. 

Tabel 1. Sumbangan Berbagai Kegiatan pada Pemanasan Global   
No.
Jenis Kegiatan

Sumbangan pada Pemanasan global (%)
1.
2.
3.
4.

5.
Produksi dan konsumsi energi
CFC
Pertanian
Penebangan hutan dan perubahan tataguna  lahan
Industri
57
17
14
9

3


100

Dari tabel diatas, hutan berpengaruh dan menduduki posisi nomor 3 dari 5 jenis kegiatan yang menyumbang pada pemanasan global, artinya penebangan hutan dan perubahan tataguna lahan berpengaruh dan menyebabkan pemanasan global.

Salah satu penyebab kenaikan CO2 yang merupakan GRK terpenting ialah penebangan hutan dan pembakaran biomassanya serta konversi hutan menjadi tataguna lahan nir-hutan. Dengan ini karbon yang tersimpan dalam biomassa hutan terlepas ke dalam atmosfer dan kemampuan bumi untuk menyerap CO2 dari udara melalui fotosintesis hutan berkurang. Kemampuan penyerapan CO2 dan penyimpanan karbon disebut endapan (sink) karbon. Selain hutan,laut merupakan pula endapan karbon yang besar.setelah hutan di tebang, sinar matahari dapat langsung  mengenai permukaan tanah.

Dengan kenaikan suhu itu dekomposisi bahan organic di atas dan di dalam tanah di percepat, sehingga terlepaslah karbon yang tersimpan bahan organic itu. Kegiatan penebangan hutan di daerah tropic akhir-akhir ini banyak terjadi, sehingga timbulah tuduhan bahwa hutan tropic merupakan penyebab utama terjadinya pemanasan global. Namun masalah Ini haruslah ditinjau dalam perspektif holistik dan historik.

Dalam Tabel 1 tampak penyumbang terbesar pada pemanasan global ialah pembangkitan dan konsumsi energi, disusul oleh CFC. Emisi CO2 diperkirakan sebesar 8.490 juta ton karbon, yaitu 5.550 juta ton dari pembakaran bahan bakar fosil (BBF) dan 2.800 juta ton dari penebangan dan pembakaran hutan. Jadi 65,4% berasal dari pembakaran BBF yang sebagian besar terjadi di Negara maju dan 33,0% dari hutan. Amerika Serikat saja mempunyai sumbangan 17% pada emisi CO2 sedunia.

Untuk itu, kita sebagai makhluk yang diciptakan oleh Allah dengan segala kemampuan berfikir, kita tingkatkan pengetahuan kita dibidang lingkungan dan alam, agar dimasa mendatang anak cucu kita tidak merasakan dampak dari global warming itu sendiri.

Sumber :
id.wikipedia.org
https://id.wikipedia.org/wiki/Hutan
Modul 10 KPLI Pemanasan Global

Tidak ada komentar: