Kamis, 12 November 2015

Polusi Udara

Pencemaran udara adalah suatu keadaan dimana udara di sekitar kita sudah tidak bersih dan mengandung lebih dari satu substansi fisik dan atau kimia yang dapat membahayakan kesehatan, menggangu estetika  dan merusak property serta lingkungan. Itulah pengertian dari pencemaran udara.
Pencemaran udara sendiri ada pencemaran udara primer dimana pencemaran terjadi langsung karena sumber dari pencemaran dan pencemaran udara sekunder dimana terjadi reaksi kimia di dalam udara itu sendiri. Udara pada lingkungan tercemar oleh zat-zat polutan sehingga tidak bersih lagi dan merupakan gangguan bagi makhluk hidup/manusia sekitarnya. Dengan kemajuan teknologi pada masa kini, polusi udara telah menimbulkan banyak kekhawatiran terutama di daera daerah industri.

Penyebab Pencemaran Udara
Penyabab sangatlah beragam Kita bias membagi penyebab pencemaran udara menjadi :

1.      Faktor ALAM 
Factor alam yang bias menyebabkan pencemaran udara misalnya gunung meletus yang bias menyebabkan abu vulkanik, gas beracun dan material gunung berapi yang bias mencemari udara. Bau belerang yang menyengat  dari aktivitas gunung berapi juga termasuk pencemaran udara.
2.      Faktor Manusia
Manusia memberi kontribusi terbesar dalam hal pencemaran udara. Pembakaran bahanbakar fosil menyebabkan meningkatnnya kadar karbondioksida yang tinggi di udara. Pabrik pabrik,kendaraan,pembakaran hutan. Pemakaian zat kimia yang disemprotkan ke udara untuk berbagai macam tujuan.

Dampak pencemaran udara
Pencemran udara tentu memberi dampak langsung bagisemua makhluk hidup yang memerlukan udara untuk kelangsungan kehidupannya. Selain itu dampak pencemaran udara juuga memberi efek negative terhadap lingkungan itu sendiri.
1.      Dampak Kesehatan
Dengan menghirup udara yang tercemar manuasia dan hewan akan mengalami gangguan pernafasan baik sedang maupun berat.
2.      Dampak Lingkungan
Udara yang tercemar akan memberi dampak sangat luas kepada lingkungan itu sendiri seperti efek rumah kaca, global warming, menipisnya ozon dan lain-lain.
Dengan demikian pencegahan merupakan hal yang perlu diutamakan. Biaya pencegahan relatif tidak seberapa bila dibandingkan dengna akibat penyakit ini.

Sumber :
Carakata.org/pencemaranudara
Artikellingkunganhidup.com
Alamendah.org

Tidak ada komentar: