Jumat, 27 November 2015

Waspada Global Warming

Global warming atau pemanasan global saat ini sebagai fenomena-fenomena alam yang harus kita waspadai dan kita perihatinkan dibumi ini .  Dampak dan penyebab yang sangat buruk bagi kehidupan dibumi inilah yang harus di perihatinkan dan demi kehidupan di masa depan .
saat ini global warming sudah jelas terasa di bumi ini seperti cuaca yang sulit diprediksi,  suhu dibumi semakin ekstrim, terjadinya kepunahan beberapa species mahluk hidup dll. sehingga kehidupan dibumi selayaknya harus diwaspadai demi semua kehidupan makhluk dibumi . contoh akibat dari global warming bukan hanya spesies, manusiapun merasakan langsung global warming . seperti kebakaran hutan , korban bukan hanya hewan tetapi manusia dan bencana alam yang mengancam lebih besar yang akan terjadi dibumi .
Penyebab global warming :
  •      Rumah kaca
Rumah kaca adalah penyebab pemanasan global yang dimaksud seperti rumah, gedung atau tempat-tempat yang menggunakan konsep bangunan kaca ini dapat memantulkan cahaya keudara dan bukannya menyirap sinar matahari . efek dari rumah kaca sangat berpengaruh terhadap penambahan pemanasan global .
Pencegahannya :
Seharusnya pemerintah memberikan peraturan-peraturan yang tegas terhadap pemanfaatan rumah kaca secara berlebihan demi keselamatan bumi  .
  • Pemborosan listrik
Listrik saat ini sangat banyak digunakan oleh setiap orang , namun banyak orang belum sadar akan penghematan terhadap penggunaan listrik .seperti hemat energi dan mengurangi peningkatan pemanasan global akibat pemborosan listrik .
Pencegahan nya :
-Pemerintah melaksanakan pemadaman listrik beberapa menit setiap daerah, karena beberapa menitpun sangat butuh buat kehidupan dibumi .
Contoh : setiap daerah pemadaman listrik perhari 5 menit atau seminggu sekali 3o menit (hemat energi dan mengurangi pemanasan global).
  • Bahan bakar
Bahan bakar yang digunakan oleh kendaraan selain menganggu kesehatan juga sangat memberikan efek yang sangat memprihatinkan, seperti pemanasan global dan polusi udara.
Pencegahan :
-pengurangan kepemilikan kendaraan , menghilangkan kendaraan yang menghasilkan polusi udara , hemat bahan bakar dengan cara fasilitas kendaraan umum yang layak dan nyaman.
  • Polusi udara dari industri dan pabrik
Semakin banyak industri dan pabrik yang berkembang , semakin meningkat pemanasan global . disisi positifnya memang industri bisa memberikan peluang untuk mensejahterakan rakyat, tetapi disisi lain seperti asap dan limbah merusak ekosistem alam .
pencegahannya :
-Peraturan pemerintah terhadap pembangunan industri , seperti tempat , standar yang memperdulikan alam dan tidak mempermudahkan pembangunan industri dimana saja.
  •  Hutan gundul
Banyak terjadi penebangan dan pembakaran hutan secara ilegal tanpa izin pemerintah demi kepetingan pihak tertentu .padahal hutan sangat penting bagi kehidupan makhluk di bumi seperti hewan dan manusia  , salah satunya mencegah banjir ,longsor . selain itu hutan dapat mereduksi suhu panas di bumi yang semakin meningkat. Akan tetapi karena kerusakan atau pembakaran hutan yang menghasilkan CO2 karbondioksida yang meningkat sama saja dengan peningkatan pemanasan global .


 Pencegahan nya :
-masyarakat wajib menjaga hutan dengan kesadaran  dan penanaman pohon terus dilakukan
-pemerintah tegas terhadap penebangan dan pembakaran hutan secara liar .
Dampak pemanasan global :
  1. Suhu dipermukaan bumi semakin lama akan semakin ekstrim.
  2. Permukaan air laut diseluruh dunia akan meningkat.
  3. Intensitas terjadinya angin topan akan semakin meningkat.
  4. Banyak terjadi kekeringan dan kegagalan panen di seluruh dunia.
  5. Akan terjadi bencana kelaparan dan kekeringan dimuka bumi.
  6. Berbagai macam penyakit bermunculan akibat global warming.
  7. Terjadinya kepunahan beberapa species mahluk hidup.







http://www.seputarpengetahuan.com/2015/03/pengertian-global-warming-penyebab.html













http://www.seputarpengetahuan.com/2015/03/pengertian-global-warming-penyebab.html

Tidak ada komentar: