Jumat, 04 Desember 2015

Pencemaran Air Laut




Pencemaran laut didefinisikan sebagai peristiwa  yang penyebab utamanya aktivitas manusia  itu sendiri baik secara langsung mapun tidak langsung ,  karena disebabkan masuknya partikel kimia dari limbah industri, pertanian dan perumahan atau penyebaran organisme invasif (asing) ke dalam laut, yang berpotensi memberi efek berbahaya.
            kasus pencemaran bahan kimia yang berbahaya berbentuk partikel kecil yang diserap oleh plankton dan binatang dasar masuk kedalam rantai makanan yang terkontaminasi,kemungkinan pula pula kadar racun yang tersimpan sehingga berbahaya bagi ekosistem dalam laut . Dan sebagian besar pencemaran dari daratan,baik tertiup angin, maupun terhanyut.
1.      Penyebab pencemaran laut
§  Pencemaran oleh minyak , yang sangat mempengaruhi saat ini terhadap hewan dan tumbuhan. Minyak yang mengapung dilaut juga berbahaya bagi kehidupan burung dilaut selain itu mangrove dan daerah air payau rusak . Dan Pencemaran mikroorganisme dalam air , kuman yang menyebabkan penyakit pada makhluk hidup seperti bakteri,virus protozoa dan paras.
§  Pencemaran logam berat, yang dihasilkan oleh industri adalah benda padat atau cair mempunyai berat 5 gram atau lebih setiap cm3. Logam berat seperti merkuri(Hg), timbal(Pb),arsinek(As),kadmium(Cd),kromium(Cr),seng(Zn)dan nikei(Ni). Pencemaran anorgonik pada perairan yang sudah terkontaminasi oleh buangan  limbah industri dan pertambangan. Sehingga air laut jika terminum manusia dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
§  Pencemaran sampah,  seperti plastik 80% yang tercemar dilaut, sehingga membahayakan satwa liar dan ikan. Dan organisme terancam terbelit,sesak napas, maupun termakan.
§  Pencemaran pestisida, bertujuan untuk mengontrol hama tanaman atau organisme-organisme yang tidak diinginkan , tetapi kenyataanya pestisida membunuh biota air  yang ada dilaut . karena masuk kedalam ekosistem laut, lalu diserap jaringan makanan ataupun rantai makanan yang berbahaya bagi hewan laut ataupun manusia.
§  Anorgonik nutrisi tanaman, Yang biasa digunakan pupuk nitrogen dan fosfat pada pertanian.pupuk kimia ini menghasilkan tanaman bagus tetapi mencemari danau,sungai dan lautan. Efeknya penurunan kadar oksigen, kualitas air, serta merusak kestabilan populasi organisme lain.
§  Pencemaran akibat peningkatan keasaman. Dihasilkan dari limbah pabrik,industri, asap kendaraan, contoh semakin banyak karbondioksida pada atmosfer bumi , menyebabkan hujan asam, meningkatkan kadar keasaman laut. Dampak nya mempengaruhi ekosistem dalam laut seperti terumbu karang hancur dan hewan lainnya punah. Dan perubahan iklimpun mempengaruhi kerusakan ekosistem dilaut.
§  Polusi kebisingan, kebisingan suara yang dihasilkan dari aktivitas manusia di permukaan laut. Seperti kebisingan yang dihasilkan aktivitas militer ataupun tentara angkatan laut .
2.      Dampak pencemaran laut
1.      Kualitas ikan laut (seafood) berkurang justru membahayakan bagi kesehatan manusia akibat logan berat.
2.      Membunuh ekosistem dilaut , seperti burung laut yang punah akibat pencemaran minyak yang mengapung dipermukaan laut.
3.      Sampah menyebabkan penyakit terhadap kesehatan manusia seperti gatal-gatal, mempengaruhi kualitas air, dan mempengaruhi kesehatan biota laut .
4.      Pestisida merusak jaringan tubuh manusia dan merubah tingkah laku ikan, menghambat perkembangan telur dan ikan.
5.      Keasaman laut menyebabkan kerusakan pada terumbu karang dan mempengaruhi hewan dan tumbuhan dilaut punah.
6.    Kebisingan pada laut dapat menghalangi suara/bunyi biologi pada laut sehingga menganggu aktivitas dalam laut sehingga mamalia laut tidak terdeteksi saat mencari mangsa,interaksi ikan,navigasi ataupun beraktivitas lainnya dalam laut.
3.    Pencegahannya
   
·         Tidak membuang sampah ke laut ataupun puntung rokok (sekecil apapun)
·         Penggunaan pestisida secukupnya
·          Kurangi penggunaan plastik
·          Setiap industri atau pabrik menyediakan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL)
·         Menggunakan pertambangan ramah lingkungan, yaitu pertambangan tertutup
·         Pendaurulangan sampah organik
·         Tidak menggunakan deterjen fosfat, karena senyawa fosfat merupakan makanan bagi tanaman air seperti enceng gondok yang dapat menyebabkan terjadinya pencemaran air.
·         Tidak menggunakan bahan kimia saat bernelayan ,seperti bom / bahan kimia lainnya.
4.      Penanggulangan pencemaran laut :

1.      Melakukan proses bioremediasi, diantaranya melepaskan serangga untuk menetralisir  pencemaran laut yang disebabkan oleh tumpahan minyak dari ledakan ladang minyak.
2.      Fitoremediasi dengan menggunakan tumbuhan yang mampu menyerap logam berat juga ditempuh. Salah satu tumbuhan yang digunakan tersebut adalah pohon api-api (Avicennia marina). Pohon Api-api memiliki kemampuan akumulasi logam berat yang tinggi.
3.      Melakukan pembersihan laut secara berkala dengan melibatkan peran serta masyarakat/nelayan.
4.      Memberikan tempat sampah dan alat pengait setiap perahu/kapal.
5.      Hukum yang tegas demi melindungi dan menjaga keselamatan laut.


http://bisakimia.com/2015/01/11/macam-macam-pencemaran-air/
http://gudang-ilmu-arianto.blogspot.co.id/2013/05/makalah-pencemaran-laut_7.html

Tidak ada komentar: