Kamis, 07 Januari 2016

Manusia dan Lingkungan Hidup

MANUSIA DAN LINGKUNGAN HIDUP

Pelestarian Lingkungan Hidup

Dunia beserta isinya merupakan tempat hidup makhluk dari semua jenis.Artinya, secara naluri mereka akan berupaya dengan segala cara untuk mempertahankan eksistensi guna meneruskan generasinya. Akan-tetapi, bumi sebagai sumber kehidupan tak selamanya bisa memberikan produktifitas terbaik. Akan tiba suatu saat dimana laut, darat serta udara mengalami penurunan baik dari segi fungsi maupun manfaat.Selain usia yang memang telah lanjut dengan segala aktifitas alaminya, adalah manusia sebagai makhluk paling beradab yang mana dalam tingkah-lakunya justru menjadi penyebab utama kerusakan hingga menimbulkan polemik tak berkesudahan di mukabumi ini. Rasa ingin memiliki, rakus serta sifat egois menjadi pemicu berbagai masalahlingkungan yang dewasa ini mendera masyarakat dunia. Pencemaran adalah salah-satu isu yang paling santer dibicarakan dengan implikasinya yang luar biasa.

Artikel ini juga ingin menjelaskan makna dari contoh arti lingkungan hidup.Artilingkungan hidup adalah kesatuan ruang dan benda termasuk juga alam serta semua makhluk hidup yang saling berinteraksi di dalamnya. Dari pengertian ini dapat kita ambil manfaat bahwa manusia menjadi pihak yang bertanggung-jawabserta memegang peranan atas kelestarian lingkungan di sekitarnya.Hal tersebut dapat di capaidengan menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas.Berikut ini adalah beberapa analisa yang penting untuk kita ketahui bersama.

Faktor Penyebab Kerusakan Lingkungan Hidup

A. Faktor Alamiah
Bencana alam menjadi pemicu rusaknya lingkungan hidup yang tak terelakkan. Indonesia sendiri kerap mengalam ibencana seperti banjir, tanah longsor, kebakaran hutan, angin yang merusak (topan/putingbeliung), gunung meletus, gempa bumiserta tsunami.Kejadian-kejadian ini merupakan fenomena alam yang kehadirannya sering tak terduga.

B. FaktorKesengajaan (ulahmanusia)
Seperti yang terjadi pada wilayah lain, rusaknya lingkungan hidup di Indonesia adakalanya merupakan ulah dari orang-orang yang tidak bertanggung-jawab. Manusia dengan segala kelebihannya dari makhluk lain senantiasa berkembang dari pola kehidupan yang sederhana melangkah maju ketahap modern. Dengan dalih peningkatan tara fhidup tersebut, manusia sering mengeksploitasi kekayaan alam secara berlebihan tanpa memperhatikan aspek keseimbangan. Akibatnya terjadi penurunan fungsi alam sebagai penyangga utama kehidupan.

Usaha atau Cara untukPelestarianLingkunganHidup
Menghentikan kegiatan ekspliotasi alam yang berlebihan
Penerapan hukum yang kuat serta tidak memihak kepada golongan tertentu
Memberi pengertian kepada masyarakat akan pentingnya pelestarian tanah, air serta udara
Pengelolaan sampah serta limbah yang baik dan benar  
Penanaman kembal ihutan yang telah gundul (reboisasi)
Menggalakkan pengembangan teknologi ramah lingkungan di semua sektor
Itulah tadi beberapa ulasan yang coba kami angkat dalam artikel ini. Akhirnya, kita harus kembalikan kepada semua elemen terkai tutamanya yang mempunya iwewenang di bidangnya agar dapat mengambil kebijakan terbaik. Sebagai masyarakat di tingkat bawah, tentu kita harus berpartisipasi untuk mendukung semua program yang telah di canangkan. Mari mulai perubahan ini dari diri kita pribadi serta dari hal-hal terkecil di sekitar kita.

Sumber:


Tidak ada komentar: