Jumat, 04 Desember 2015

Tanda Air yang Sudah Tercemar

Air sangat penting bagi kehidupan seluruh makhluk hidup di bumi ini. Bayangkan bila di dunia ini tidak ada air, atau ada air namun sudah tercemar.
Pasti ekosistem di bumi ini akan terganggu dan tidak setabil, bahkan mungkin akan ada spesies yang punah dan bisa tidak terdapat kehidupan jika tak ada air.



Air yang tercemar dapat di ketahui dari beberapa tanda berikut ini:
1.      Warna
Jika warna air berubah tidak seperti yang biasa kita minum itu salah satu tanda jika air tersebut tercemar. Jika dilihat dari warna, ada beberapa warna yang mempengaruhi zat pencemarnya. Berikut contohnya:
-          Warna kekuningan akan muncul jika air tercemar chromium dan materi organik.
-          Warna merah kekuningan, itu menandakan adanya cemaran besi.
-          Warna merah kecoklatan, menandakan mengandung pengotor berupa lumpur.
-          Warna hitam, itu menandakan campuran dari semua zat pencemar.
Namun semua itu dilihat dari fisik saja. Mungkin bisa juga dari penyebab tercampurnya zat pewarna tekstil. Untuk mengetahui kepastiannya kita bisa mengeceknya melalui penelitian lebih lanjut.

2.      Kekeruhan
Kekeruhan juga merupakan tanda bahwa air tanah telah tercemar oleh koloid (bio zat yang lekat seperti getah atau lem). Lumpur, tanah liat dan berbagai mikroorganisme seperti plankton maupun partikel lainnya bisa menyebabkan air berubah menjadi keruh.

3.      Rasa
Air yang tidak tercemar tidak memiliki rasa. Namun jika air tersebut memiliki rasa menandakan air sudah tercemar. Contoh:
-          Polutan berupa mineral akan membuat air tanah memiliki rasa tertentu. Jika terasa pahit, pemicunya bisa berupa besi, alumunium, mangaan, sulfat maupun kapur dalam jumlah besar.
-          Air tanah yang rasanya seperti air sabun menunjukkan adanya cemaran alkali. Sumbernya bisa berupa natrium bikarbonat, maupun bahan pencuci yang lain misalnya detergen.
-          Jika rasa payau menunjukkan kandungan garam yang tinggi, sering terjadi di daerah sekitar muara sungai.

4.      Bau
Bau yang tercium dalam air tanah juga menunjukkan adanya pencemaran. Apapun baunya, itu sudah menunjukkan bahwa air tanah tidak layak untuk dikonsumsi.

5.      Suhu
Apabila suhu terlalu rendah, maka air akan terasa sejuk bahkan bisa sedingin es. Begitupula sebaliknya. Akan tetapi,air biasa akan memiliki suhu pas di ukuran 0  ̊ Celcius.

6.      Nilai pH, Keasaman dan Alkanitas
pH normal air adalah 6-8 pH. Bila terlalu rendah, maka dapat menyebabkan korosif.
Itulah beberapa tanda yang bisa anda ketahui apakah air tersebut tercemar atau tidak.

Sumber:

Tidak ada komentar: