Kamis, 17 Desember 2015

Polusi Udara


A.   Polusi udara adalah :
Pencemaran udara adalah suatu kondisi di mana kualitas udara menjadi rusak dan terkontaminasi oleh zat-zat, baik yang tidak berbahaya maupun yang membahayakan kesehatan tubuh manusia.

Penyebab dan dampak polusi udara bagi ekosistem :

B.    Penyebab polusi udara :

·         pembakaran bahan bakar  seperti batu bara, minyak bumi, dan bensin ditemukan menjadi faktor utama penyebab polusi udara.
·         Bahan bakar fosil yang digunakan di semua industri termasuk kendaraan, pesawat, industri manufaktur, pembangkit listrik, kilang minyak, dsb.

C.     Dampak polusi udara :

·         Dapat menyebabkan dan memicu penyakit pernafasan, iritasi mata, dan tenggorokan. Gejala umum yang terlihat adalah sesak dada, mata terbakar, dan batuk.
·         Efek yang lebih serius dapat terjadi pada anak-anak kecil, paparan polusi udara dapat menyebabkan sakit telinga, bronkitis, dan asma.



D.    Cara mencegah polusi udara

        I.            Cara mengcegah polusi udara yang bisa dilakukan dalam masyarakat :

·         Menerapkan aturan dalam memiliki jumlah kendaraan. Dengan demikian dapat mencegah polusi udara dengan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil.

·         Servis kendaraan tepat waktu membantu untuk tetap menjaganya dalam kondisi yang baik, dan juga meminimalkan pembuangan bahan bakar. Mengemudikan kendaraan dengan kecepatan rata-rata adalah aturan praktis untuk menghemat bahan bakar.

·         Bila memungkinkan, cobalah untuk bepergian dengan angkutan umum. Hal ini membantu dalam dua cara, mencegah polusi udara dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

      II.            Cara lain yang bisa dilakukan sehari –hari dalam mencegah polusi udara adalah :

·         Dengan menggunakan sumber energi alternatif seperti energi surya, energi listrik tenaga air, dan energi angin. Saat ini, teknologi canggih seperti turbin angin dan pemanas air matahari diperkenalkan untuk menghasilkan listrik dan bentuk energi lainnya untuk keperluan rumah tangga.
·         Penghematan energi tentu saja membantu mencegah polusi udara. Mematikan lampu, kipas angin, AC, televisi, dan peralatan lainnya bila tidak digunakan.

·         Selalu mencoba untuk meminimalkan emisi asap, karena banyak memberikan kontribusi terhadap polusi udara. Salah satu cara adalah dengan membuat kompos dari daun kering dan sampah organik, bukannya membakarnya.

·         Daur ulang adalah pendekatan yang sederhana untuk mengurangi polusi dalam dua cara, menghemat energi yang diperlukan untuk membuang dan meminimalkan polutan yang dilepaskan dalam proses industri.

·         Sementara itu belilah produk yang ramah lingkungan dan mudah didaur ulang, yang akan meminimalkan emisi polutan.

·         Dan terakhir, membeli baterai isi ulang untuk perangkat yang sering digunakan.




Tidak ada komentar: