Minggu, 03 Januari 2016

Kebutuhan Manusia Terhadap Lingkungan

1.      Pengertian Kebutuhan
Kebutuhan adalah segala sesuatu yang muncul secara naluriah dan sangat diperlukan oleh manusia untuk mempertahankan hidup.Kebutuhan manusia ini dapat berupa barang dan jasa. Barang adalah sesuatu yang berwujud, seperti makanan, minuman, pakaian, dan perumahan.

2.    Pengertian lingkungan
Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut.

3.    Hubungan antara kebutuhan dasar manusia dengan Lingkungan
Manusia mendapakna unsur-unsur yang diperlukan dalam hidupnya dari lingkungan. Makin tinggi kebudayaan manusia, makin beraneka ragam kebutuhan hidupnya. Makin besar jumlah keburuhan hidupnya berarti makin besar perhatian manusia terhadap lingkungannya.

4.    Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Dasar Manusia
Kebutuhan dasar manusia dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut :
Penyakit.
·         Adanya penyakit dalam tubuh dapat menyebabkan perubahan pemenuhan kebutuhan, baik secara fisiologis maupun psikologis, karena beberapa fungsi organ tubuh memerlukan pemenuhan kebutuhan lebih besar dari biasanya.
                                                            Hubungan Keluarga.
·         Hubungan keluarga yang baik dapat meningkatkan pemenuhan kebutuhan dasar karena adanya saling percaya, merasakan kesenangan hidup, tidak ada rasa curiga, dan lain-lain.
                                                             Konsep Diri.
·         Konsep diri manusia memiliki peran dalam pemenuhan kebutuhan dasar. Konsep diri yang positif memberikan makna dan keutuhan bagi seseorang. Konsep diri yang sehat menghasilkan perasaan positif tentang diri. Orang yang merasa positif tentang dirinya akan mudah berubah, mudah mengenali kebutuhan dan mengembangkan cara hidup yang sehat, sehingga mudah memenuhi kebutuhan dasarnya.

5.     Contoh hubungan antara kebutuhan dasar manusia dengan lingkungan.
Manusia membutuhkan oksigen untuk bernafas, dan oksigen tersebut jika tidak diperbaharukan maka oksigen tersebut akan habis, untuk itu kita manusia harus gencar menanam pohon agar pasokan oksigen kita tidak habis. Oksigen yang didapat dari pohon tidak secara langsung didapat melainkan melalui beberapa proses yang menyangkut unsur tanah, air dan matahari serta manusia itu sendiri.

Tidak ada komentar: