Minggu, 18 Oktober 2015

AMDAL

AMDAL merupakan singkatan dari Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. AMDAL merupakan kajian dampak besar dan penting terhadap lingkungan hidup, dibuat pada tahap perencanaan, dan digunakan untuk pengambilan keputusan.
Hal-hal yang dikaji dalam proses AMDAL: aspek fisik-kimia, ekologi, sosial-ekonomi, sosial-budaya, dan kesehatan masyarakat sebagai pelengkap studi kelayakan suatu rencana usaha dan/atau kegiatan.

AMDAL adalah kajian mengenai dampak besar dan penting untuk pengambilan keputusan suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan (Peraturan Pemerintah No. 27 tahun 1999 tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan).

Selanjutnya silahkan buka Modul 14 Analisis Mengenai Dampak Lingkungan, baca dengan teliti dan simak dengan baik, berikan komentar Anda di kolom yang ada di bawah ini (sertakan nama dan kode tugas):


Gambar :
https://informasitrainingdanseminar.files.wordpress.com/2014/12/amdal-patra-615x300.jpg

50 komentar:

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaykum, selamat malam, Pak.
Menanggapi modul 14 tentang AMDAL, menurut saya di Indonesia studi tentang AMDAL masih sebatas teori. Dari sekian banyak tempat usaha yang dibangun, khususnya pabrik dan industri rumahan, hanya segelintir yang memiliki dan mengimplementasikan AMDAL. Karena jika AMDAL dan keseluruh isinya dilaksanakan secara nyata, lingkungan kita tidak akan seburuk sekarang. Limbah B3 terdeteksi di sungai yang dipakai sebagai air baku warga dan polusi udara yang meningkat setiap tahun tidak akan terjadi, atau setidaknya tidak akan separah ini. Kenapa demikian? Seperti kasus Pemberhentian reklamasi pantai Sabang dan perluasan kawasan industri karena tidak memiliki analisa mengenai dampak lingkungan, permasalahannya sama yaitu pemerintah kadang menutup mata akan kelestarian lingkungan. Banyaknya prosedur perijinan AMDAL dan pelaksanannya yang akan memakan biaya yang tidak sedikit mungkin menjadi salah satu alasan.
Sekian.

Andiny Arifin
Z021-ANDINI

Andri Liyancen T mengatakan...

selamat malam pak..
mencoba tuk mengomentari dari modul AMDAL kita bisa melihat ada 3 faktor mengapa kita harus menjalankan dan mengimplementasikan dalam lingkungan kita, yang mana kita bisa merasakan dampak positif dari penerapan AMDAL tersebut, yaitu:
1. Manfaat AMDAL bagi Pemerintah
•Mencegah dari pencemaran dan kerusakan lingkungan.
•Menghindarkan konflik dengan masyarakat.
•Menjaga agar pembangunan sesuai terhadap prinsip pembangunan berkelanjutan.
•Perwujudan tanggung jawab pemerintah dalam pengelolaan lingkungan hidup.

2. Manfaat AMDAL bagi Pemrakarsa.
•Menjamin adanya keberlangsungan usaha.
•Menjadi referensi untuk peminjaman kredit.
•Interaksi saling menguntungkan dengan masyarakat sekitar untuk bukti ketaatan hukum.

3. Manfaat AMDAL bagi Masyarakat
•Mengetahui sejak dari awal dampak dari suatu kegiatan.
•Melaksanakan dan menjalankan kontrol.
•Terlibat pada proses pengambilan keputusan.

Andri Liyancen T
Z031-Andri

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum Pak,

Menanggapi modul 14 mengenai AMDAl, saya menjadi tahu sekarang akan adanya sebuah manajemen pencegahan, pemantauan dan pengelolaan dampak terhadap lingkungan hidup yang dilakukan pemerintah. Menurut saya AMDAL itu sangat penting, merupakan suatu keharusan yang mengikat. Suatu usaha/kegiatan yang ingin mendirikan tempat usahanya di suatu daerah yang pastinya perusahaan/kegiatan tersebut akan mengeksploitasi sumber daya yang ada disekitar lingkungannya. Eksploitasi tanah, air, udara, dan energi-energi lain yang terdapat di dalam dan luar bumi. Kesemua aspek tersebt dibutuhkan oleh suatu perusahaan untuk dapat menjalankan usahanya. Tanpa ada sumber-sumber lingkungan hidup tersebut suatu usaha/kegiatan mungkin tidap dapat berjalan dengan baik. Namun adanya penggunaan sumber-sumber lingkungan hidup tersebut juga menimbulkan "side effect" berupa hasil buangannya atau yang kita sebut sebagai limbah, polutan atau emisi ke lingkungan sekitar perusahaan. Inilah yang paling kita hindari. Tidak mengagetkan lagi bahwa jumlah industri yang tinggi juga menyebabkan tingkat pencemaran yang tinggi pula. Sehingga sudah semestinyalah dan tidak berlebihan jika pemerintah memberikan hukuman/sanksi terhadap badan usaha yang melanggar AMDAL agar memberikan efek jera atau lebih lanjutnya pencabutan hak izin badan usaha tersebut, Sehingga saya rasa badan usaha lain pun akan lebih serius lagi untuk menanggapi dampak pencemaran lingkungan tersebut.

Sekian dari saya. Terimakasih.
Wassalam.

Dini Syarah
Z024-DINI

Unknown mengatakan...

AMDAL adalah kajian dampak besar dan penting terhadap lingkungan hidup dibuat pada tahap perencanaan dan digunakan dalam pengambilan keputusan. FUNGSI AMDAL antara lain bahan bagi perencanaan pembangunan wilayah, membantu proses pengambilan keputusan tentang kelayakan lingkungan hidup dari rencana usaha dan/atau kegiatan, memberi masukan untuk penyusunan disain rinci teknis dari rencana usaha dan/atau kegiatan, memberi masukan untuk penyusunan rencana pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup, memberi informasi bagi masyarakat atas dampak yang ditimbulkan dari suatu rencana usaha dan atau kegiatan, awal dari rekomendasi tentang izin usaha. Adapun Upaya pengelolaan lingkungan hidup ( UKL ) dan upaya pemantauan lingkungan hidup ( UPL ) yang bertujuan untuk melakukan pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup oleh penanggunggjawab atau kegiatan yang tidak wajib melakukan AMDAL. Kegiatan yang tidak wajib menyusun AMDAL tetap harus melaksanakan upaya pengelolaan lingkungan dan upaya pemantauan lingkungan.

Z-015Dwi
Dwi Muji Abako

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum pak

menanggapi isi modul yang terakhir ini saya ingin berkomentar tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan atau yang sering disebut AMDAL. Dalam modul yang saya baca kita tau berbagai macam hal yang berkaitan mengenai apa itu AMDAL. Sudah banyak peraturan dan perundangan mengenai lingkungan hidup yang dibuat oleh pemerintah tapi nyatanya masalah lingkungan hidup semakin parah dan jarang ada solusi penyelesain hal tersebut secara tuntas. Karena kurang pahamnya masyarakat dan oknum-oknum yang terkait mengenai lingkungan hidup dan ingin mendapatkan hasil dari proyek yang mereka kerjakan dapat terlaksana dengan baik melalui cara menyalahi aturan lingkungan hidup. Seharusnya dengan melakukan AMDAL kita dapat melaksanakan pengelolaan lingkungan dan upaya pemantauan lingkungan lebih baik lagi kedepannya.

IRFAN ARLIANSYAH
Z001- IRFAN

Unknown mengatakan...

Menurut pemahaman saya AMDAL adalah sebuah patokan yang harus digunakan dalam mebangun suatu bangunan baik bangunan pribadi untuk tempat tinggal maupun bangunan untuk lahan industri agar pembangunan tersebut tidak menimbulkan dampak buruk pada lingkungan, sehingga lingkungan sekitar yang tersediapun tetap dalam kondisi yang baik. Namun dalam kenyataanya pembangunan sekarang ini hampir tidak memperhatikan dampaknya pada lingkungan, pembangunan dilakukan hanya melihat sisi manfaatnya bagi manusia saja tidak mempertimbangkan sisi negatif yang mungkin ditimbulkan pada lingkungan sekitar. Dampak pada lingkungan memang tidak akan langsung terasa melainkan bertahap, inilah kenapa pembangunan tidak memperhatikan dampaknya pada lingkungan. Padahal apabila kita hanya memikirkan keadaan kita sekarang, bagaimana dengan anak cucu kita nanti ? apakah mereka hanya akan merasakan dampak negatif akibat perbuatan kita ? . Jadi marilah kita bersama-sama saling mengingatkan akan dampak yang mungkin ditimbulkan dalam suatu pembangunan.

Sekian Komentar Dari Saya. . .

Soleh Hakim Ansori
Y011-SOLEH

nana_kuul mengatakan...

Kita sebagai manusia hidup dan tumbuh di lingkungan alam. Pentingnya menjaga lingkungan dapat berdampak baik bagi kita seluruh umat manusia. AMDAL dalam peraturan pemerintah tidak boleh diabaikan. Jika ingin memperoleh sumber daya dari alam juga harus melihat kembali peraturan yang berlaku di Indonesia, tiddak boleh mengabaikan kepentingan satu pihak tapi juga melihat dampak yang akan terjadi kelak.

Z018-ERNA

nova mengatakan...

Menurut saya dalam modul Amdal semuanya sudah tepat pak namun dalam penerapan atau faktanya sudah benar terjadikah , sedikit dari sayapak dalam usaha pengendalian pencemaran dapat dilakukan melalui berbagai upaya. Pembangunan industri di Indonesia lebih menitik beratkan pada aspek pertumbuhan ekonomi telah menjadikan pertumbuhan di sektor lain tidak seimbang. Aspek sosial-budaya dan aspek lingkungan seperti diabaikan.
Pelaksanaan pengelolaan dan pemantauan yang dilakukan oleh industri masih pada tahap pengelolaan limbah yang dihasilkan oleh industri belum mengarah pada kesadaran untuk kelestarian lingkungan.
Pelaku usaha industri masih menganggap bahwa kewajiban untuk mengimplementasikan pengelolaan dan pemantauan lingkungan masih merupakan beban yang memberatkan dari segi biaya, dan industri belum merasakan keuntungan secara langsung dari kegiatan pengelolaan dan pemantauan yang telah dilakukan.
sekian dari saya pak , sebenarnya masih banyak si ,hehee

Z011-NOVA

Unknown mengatakan...

Dari modul 14 dapat di simpulkan bahwa Kajian atas dampak besar dan penting untuk pengambilan keputusan suatu usaha atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha atau kegiatan. AMDAL adalah analisis yang meliputi berbagai macam faktor seperti fisik, kimia, sosial ekonomi, biologi dan sosial budaya yang dilakukan secara menyeluruh.

Z006-RAHMA

Unknown mengatakan...

Menanggapi materi kali ini tentang AMDAL / analisis mengenai damak lingkungan,
AMDAL merupakan hal yang sangat penting dan harus diperhatikan oleh semua pihak yang berkepentingan, pada dasarnya AMDAL bertujuan membatasi dan membentengi kelestarian lingkungan dari berbagai aspek yag dapat mengganggu kelestarian lingkungan, AMDAL dimaksudkan agar para investor atau pengembang dari suatu badan usaha yang dijlankan dan juga pemeritah sebagai kontrol agar AMDAL ini dapat berjalan dengan baik. tetapi pada keyataannya masih bayak terbukti para pengusaha khususnya dari pertambangan yang tidak atau belum melakukan peremajaan dan perawatan dari apa yang telah merek asebabkan dari kegiatan pertambangan. sehingga dampak nyatanya masih sangat dirasakan oleh masyarakat sekitar kawasan pertambangan .

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Analisis dampak lingkungan (di Indonesia, dikenal dengan nama AMDAL) adalah kajian mengenai dampak besar dan penting suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan di Indonesia. AMDAL ini dibuat saat perencanaan suatu proyek yang diperkirakan akan memberikan pengaruh terhadap lingkungan hidup di sekitarnya. Yang dimaksud lingkungan hidup di sini adalah aspek abiotik, biotik dan kultural. Dasar hukum AMDAL di Indonesia adalah Peraturan Pemerintah No. 27 Tahun 2012 tentang "Izin Lingkungan Hidup" yang merupakan pengganti PP 27 Tahun 1999 tentang Amdal.

Unknown mengatakan...

ANALISIS DAMPAK LINGKUNGAN ATAU YANG LEBIH UMUM DI KATAKAN AMDAL ADALAH KAJIAN MENGENAI DAMPAK SUATU JENIS USAHA DALAM MAUPUN RENCANA USAHA , SANGAT PERLUNYA AMDAL BAGI SEMUA PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN USAHA SEBELUM MELAKUKAN JENIS USAHA TERSEBUT KARNA DENGAN ADANYA AMDAL MAKA DAPAT DI KETAHUI BEBERAPA DAMPAK DARI SISI USAHA YANG AKAN DI JALANI DARI SEGI FISIKA-KIMIAWI , SOSIAL-EKONOMI , SOSIAL-BUDAYA, SERTA LINGKUNGAN SEKITARNYA TEMPAT USAHA TERSEBUT , DENGAN DI DASARI OLEH PERATURAN PEMERINTAH NO 27 TAHUN 2012 "IZIN LINGKUNGAN HIDUP" PENGGANTI PP NO 27 TH 1999 TENTANG LINGKUNGAN HIDUP , DENGAN DI LAKSANAKANNYA AMDALL AKAN MEMBERIKAN MANFAAT PANJANG DEMI MENJAGA KELESTARIAN ALAM DAN LINGKUNGAN,

TRI WASTIONO,Z012-TRI,AMDAL,KOMENTAR

Unknown mengatakan...

Mengenai isi modul 14 yang bertema Analisis Mengenai Dampak Lingkungan ( AMDAL ), kajian mengenai dampak besar dan penting suatu usaha dan kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha atau kegiatan diIndonesia . AMDAL dibuat saat perencanaan suatu proyek yang diperkirakan akan memberikan pengaruh terhadap lingkungan hidup di sekitarnya. Dasar hukum AMDAL di Indonesia adalah peraturan pemerintah No. 27 Tahun 2012 tentang "Izin Lingkungan Hidup" yang merupakan pengganti PP 27 Tahun 1999. namun untuk sekarang ini AMDAL hampir di lupakan oleh para pengusahaan yang tidak mementing pengaruh atau dampak oleh perusahaann yang mereka bangun , maka sebaiknya pemerintahb harus menegakkan ini karna sangat berpengaruh pada masyarakat sekitar

IVAN PRATAMA SYAWAL
Z020-IVAN

Agis Priyanto mengatakan...

Assalamu'alaikum,

AMDAL, merupakan singkatan dari Analisis Mengenai Dampak Lingkungan.
AMDAL merupakan kajian dampak besar dan penting terhadap lingkungan hidup, dibuat pada tahap perencanaan, dan digunakan untuk pengambilan keputusan.
Hal-hal yang dikaji dalam proses AMDAL: aspek fisik-kimia, ekologi, sosial-ekonomi, sosial-budaya, dan kesehatan masyarakat sebagai pelengkap studi kelayakan suatu rencana usaha dan/atau kegiatan.

Dalam hal ini yaitu, perusahaan atau badan usaha ataupun kegiatan diharuskan untuk memiliki dokumen AMDAL agar tidak berpengaruh buruk terhadap lingkungan sekitar.

AMDAL adalah kajian mengenai dampak besar dan penting untuk pengambilan keputusan suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan (Peraturan Pemerintah No. 27 tahun 1999 tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan).

Dalam PP No. 27 tahun 1999 diatas dapat kita ketahui bahwa AMDAL sudah disahkan dan diresmikan dalam PP tersebut yang artinya suatu badan usaha harusnya memiliki AMDAL masing - masing agar masyarakat mengetahui dampak dari usaha yg dijalankan tersebut serta terawasi segala kegiatannya agar selalu ada timbal balik antara pemilik usaha dan masyarakat sekitar. Secara teori sudah seharusnya dan secara praktek pun juga harus sudah diterapkan.

Terima kasih,
Agis Priyanto

Z023-AGIS

Surya Dwiatmaja mengatakan...

Setelah membaca modul 14 mengenai AMDAL, saya dapat berkomentar bahwa apabila seseorang atau badan usaha ingin mendirikan suatu usaha, seseorang atau badan usaha tersebut harus memiliki AMDAL. Yang mana AMDAL tersebut merupakan sebuah analisa mengenai dampak lingkungan yang akan ditimbukan dari proses produksi yang akan didirikan. Dari pengertian diatas saya dapat berkomentar bahwa AMDAL merupakan suatu keharusan bagi setiap kegiatan produksi yang akan didirikan. Dengan adanya AMDAL maka seharusnya dampak lingkungan serta cara penanganannya dari setiap kegiatan produksi sudah diketahui sejak kegiatan produksi tersebut didirikan. Sehingga seharusnya dengan adanya AMDAL ini lingkungan disekitar kegiatan industri tetap lestari.
Tetapi pada kenyataannya tidaklah demikian. Peraturan(AMDAL)nya sudah ada, kegiatan usahanya sudah memiliki izin AMDAL, tetapi lingkungan sekitar tetap rusak. Apa yang salah disini? Menurut pendapat pribadi saya, badan usaha hanya memanfaatkan AMDAL untuk memuluskan perizinan dari kegiatan usahanya. Kemudian setelah izin didapat, AMDAL tersebut tidak diimplementasikan pada kegiatan produksi sehari-hari (masalah biaya). Ditambah lagi dengan ketidakpedulian masyarakat sekitar terhadap kondisi lingkungannya yang telah tercemari oeh kegiatan industri tersebut. Ketidakpedulian masyarakat ini lebih dikarenakan faktor kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai AMDAL. Sehingga tidak terjadi proses pengawalan oeh masyarakat. Pada intinya, hal-hal yang perlu diperbaiki adalah dari sisi pengawasan, baik itu oleh pemerintah maupun masyarakat. Serta perbaikan mental para pengusaha agar tidak hanya mengutamakan keuntungan ekonomi semata tanpa memperhatikan kelestarian lingkungan.
Sekian komentar saya. Terima kasih.

Surya Dwiatmaja
Z007-SURYA

Unknown mengatakan...

Kita sebagai manusia hidup dan tumbuh di lingkungan alam. Pentingnya menjaga lingkungan dapat berdampak baik bagi kita seluruh umat manusia. AMDAL dalam peraturan pemerintah tidak boleh diabaikan. Jika ingin memperoleh sumber daya dari alam juga harus melihat kembali peraturan yang berlaku di Indonesia, tiddak boleh mengabaikan kepentingan satu pihak tapi juga melihat dampak yang akan terjadi kelak.
ANJAR MALIK Z019

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum wr wb .

Menanggapi modul 14 mengenai AMDAl,

saya menjadi tahu sekarang akan adanya sebuah manajemen pencegahan, pemantauan dan pengelolaan dampak terhadap lingkungan hidup yang dilakukan pemerintah.

Menurut saya AMDAL itu sangat penting untuk diterapkan , merupakan suatu keharusan yang mengikat dengan dampak lingkungan . Suatu usaha/kegiatan yang ingin mendirikan tempat usahanya di suatu daerah yang pastinya perusahaan/kegiatan tersebut akan mengeksploitasi sumber daya yang ada disekitar lingkungannya. Eksploitasi tanah, air, udara, dan energi-energi lain yang terdapat di dalam dan luar bumi. Karena setiap perusahaan pasti akan mengeksploitasi sumber daya alam di bumi . Tanpa ada sumber-sumber lingkungan hidup tersebut suatu usaha/kegiatan mungkin tidap dapat berjalan dengan baik.

Namun adanya penggunaan sumber-sumber lingkungan hidup tersebut yang menimbulkan dampak-dampak yang tidak baik berupa hasil buangannya atau yang kita sebut sebagai limbah, polutan atau emisi ke lingkungan sekitar perusahaan. Inilah yang paling kita hindari. Tidak mengagetkan lagi bahwa jumlah industri yang tinggi juga menyebabkan tingkat pencemaran yang tinggi pula.

Sehingga sudah semestinyalah dan tidak berlebihan jika pemerintah memberikan hukuman/sanksi terhadap badan usaha yang melanggar AMDAL agar memberikan efek jera atau lebih lanjutnya pencabutan hak izin badan usaha tersebut.

Sehingga setiap perusahaan akan lebih serius lagi untuk menanggapi dampak pencemaran lingkungan tersebut.

Sekian dari saya. Terimakasih.
Walaikumsalam wr wb .

ashim asy’ari
Z014-Ashim

Unknown mengatakan...

Menurut pendapat saya dari modul 14 yang telah saya baca mengenai AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) adalah tentang suatu kajian mengenai dampak besar dan penting suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan di Indonesia. AMDAL mempunai beberapa aspek yang ada yaitu aspek fisik-kimia, ekologi, sosial-ekonomi, sosial-budaya, dan kesehatan masyarakat. oleh sebab itu AMDAL sangat berguna sekali karena mempunyai kajian yg cukup besar.


Rezti Miranty Syahrully
Y026-REZTY

Febrian Rizkian Hilan Mile mengatakan...

Pendapat saya tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan, AMDAL sangat diperlukan dalam proses suatu pembangunan. Sebelum dimulainya proses pembangunan, terlebih dahulu kita menganalisis dampak yang akan terjadi apabila pembangunan tersebut tetap dilakukan. Dengan menerapkan proses seperti ini tentu saja dampak yang akan terjadi dapat kita kurangi ataupun kita cegah. Karena itulah AMDAL sangat penting dalam proses pembangunan maupun hal lain, dengan begitu dampak terhadap lingkungan pun akan berkurang maupun dapat kita cegah. Sekian, terima kasih.

Y005-FEBRIAN
Febrian Rizkian Hilan Mile

Unknown mengatakan...

Dari modul 14 yang say baca saya menanggapi modul 14 mengenai AMDAl, saya menjadi tahu sekarang akan adanya sebuah manajemen pencegahan, pemantauan dan pengelolaan dampak terhadap lingkungan hidup yang dilakukan pemerintah. Menurut saya AMDAL itu sangat penting, merupakan suatu keharusan yang mengikat. Suatu usaha/kegiatan yang ingin mendirikan tempat usahanya di suatu daerah yang pastinya perusahaan/kegiatan tersebut akan mengeksploitasi sumber daya yang ada disekitar lingkungannya. Eksploitasi tanah, air, udara, dan energi-energi lain yang terdapat di dalam dan luar bumi. dari modul AMDAL kita bisa melihat ada 3 faktor mengapa kita harus menjalankan dan mengimplementasikan dalam lingkungan kita, yang mana kita bisa merasakan dampak positif dari penerapan AMDAL tersebut, yaitu:
1. Manfaat AMDAL bagi Pemerintah
•Mencegah dari pencemaran dan kerusakan lingkungan.
•Menghindarkan konflik dengan masyarakat.
•Menjaga agar pembangunan sesuai terhadap prinsip pembangunan berkelanjutan.
•Perwujudan tanggung jawab pemerintah dalam pengelolaan lingkungan hidup.

2. Manfaat AMDAL bagi Pemrakarsa.
•Menjamin adanya keberlangsungan usaha.
•Menjadi referensi untuk peminjaman kredit.
•Interaksi saling menguntungkan dengan masyarakat sekitar untuk bukti ketaatan hukum.

3. Manfaat AMDAL bagi Masyarakat
•Mengetahui sejak dari awal dampak dari suatu kegiatan.
•Melaksanakan dan menjalankan kontrol.
•Terlibat pada proses pengambilan keputusan.
Jadi marilah kita bersama-sama saling mengingatkan akan dampak yang mungkin ditimbulkan dalam suatu pembangunan.

AKRAM
Y006-AKRAM

Unknown mengatakan...

Menurut saya AMDAL itu sangat penting untuk diterapkan , merupakan suatu keharusan yang mengikat dengan dampak lingkungan . Suatu usaha/kegiatan yang ingin mendirikan tempat usahanya di suatu daerah yang pastinya perusahaan/kegiatan tersebut akan mengeksploitasi sumber daya yang ada disekitar lingkungannya. Eksploitasi tanah, air, udara, dan energi-energi lain yang terdapat di dalam dan luar bumi. Karena setiap perusahaan pasti akan mengeksploitasi sumber daya alam di bumi . Dalam PP No. 27 tahun 1999 dapat kita ketahui bahwa AMDAL sudah disahkan dan diresmikan dalam PP tersebut yang artinya suatu badan usaha harusnya memiliki AMDAL masing - masing agar masyarakat mengetahui dampak dari usaha yg dijalankan tersebut serta terawasi segala kegiatannya agar selalu ada timbal balik antara pemilik usaha dan masyarakat sekitar. Secara teori sudah seharusnya dan secara praktek pun juga harus sudah diterapkan.

Terima kasih,

ARIS APRIADI
Y027- ARIS

YULIANI MADIKAWATI mengatakan...

Menurut saya, setelah mempelajari modul 14 ini saya lebih memahami mengenai AMDAL (Analisis Dampak Lingkungan). AMDAL sangat lah penting. kenapa? karna AMDAL memiliki berbagai manfaat yaitu Bahan bagi perencanaan pembangunan wilayah,Membantu proses pengambilan keputusan tentang kelayakan lingkungan hidup dari rencana usaha dan/atau kegiatan, Memberi masukan untuk penyusunan disain rinci teknis dari rencana usaha dan/atau kegiatan, Memberi masukan untuk penyusunan rencana pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup, Memberi informasi bagi masyarakat atas dampak yang ditimbulkan dari suatu rencana usaha dan atau kegiatan, Awal dari rekomendasi tentang izin usaha, dan Sebagai Scientific Document dan Legal Document. Contoh kasus yang meremehkan AMDAL yaitu kasus Lumpur Lapindo.

YULIANI MARDIKAWATI
Y002-YULIANI

Unknown mengatakan...

Menurut saya, setelah membaca modul ke-14 tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan(AMDAL). Saya lebih mengerti apa itu AMDAL? AMDAL merupakan kajian dampak besar dan penting terhadap lingkungan hidup, dibuat pada tahap perencanaan, dan digunaan untuk pengambilan keputusan. Kegunaan AMDAL yaitu untuk meberi perijinan usaha atau kegiatan, tetapi sekarang banyak bangunan usaha yang kurang memperhatikan dampak lingkungan dan mereka hanya melihat bagaimana lebih enak dipandang oleh manusia daripada memikirkan dampak lingkungan dari bangunan yang mereka bangun. Oleh karena itu, pemerintah seharusnya lebih memperketat perijinan pembangunan dan lebih mewajibkan suatu perusahaan yang ingin membangun suatu bangunan untuk menerapkan AMDAL.

Y016-SARAH
sarah fachira

Unknown mengatakan...

Setelah membaca modul 14 mengenai AMDAL, menurut saya jika seseorang atau badan usaha ingin mendirikan suatu usaha, seseorang atau badan usaha tersebut harus memiliki AMDAL. Yang mana AMDAL tersebut merupakan sebuah analisa mengenai dampak lingkungan yang akan ditimbukan dari proses produksi yang akan didirikan. Dari pengertian diatas saya dapat berkomentar bahwa AMDAL merupakan suatu keharusan bagi setiap kegiatan produksi yang akan didirikan. Dengan adanya AMDAL maka seharusnya dampak lingkungan serta cara penanganannya dari setiap kegiatan produksi sudah diketahui sejak kegiatan produksi tersebut didirikan. Sehingga seharusnya dengan adanya AMDAL ini lingkungan disekitar kegiatan industri tetap lestari.

Y030-EKO
Mochamad ALvin

Unknown mengatakan...

AMDAL materi kali ini saya akan berkomentar tentang AMDAL atau yang di sebut Analisis Mengenai Dampak Lingkungan, yang sudah di tetapkan oleh pemerintah sebagai lembaga penguji suatu pembuatan atau pelaku akan mendirikan suatu usaha. Tapi AMDAL sendiri di indonesia baru sebagai perencana, belum menjadi solusi yang mujarab atau mutakhir. Karena masih banyak orang yang memanipulasi atas pengujiaan AMDAL sendiri. Dan banyak pengusaha atau pemilik usaha yang masih belum taat atas AMDAL sendiri, masyarakat banyak yang di susahkan atas perilaku pengusaha yang semena-mena. Kritik saya AMDAL di jadikan solusi untuk mengurangi pencemaran lingkungan bukan Cuma merencanakan.
M,Burhanudin Z029-BURHAN

Afifah Putri Nadiyah mengatakan...

Pendapat yang akan saya berikan untuk materi AMDAL ini adalah sebaiknya jika ingin membangun suatu industri atau perusahaan, harus memperhatikan AMDAL nya terlebih dahulu. Namun realita yang terjadi saat ini jauh dari kata baik AMDAL yang diterapkan pada suatu perushaan. Dengan ini sebaiknya suatu perusahaan sadar akan dampak yang terjadi bila tidak memperhatikan sistem AMDAL dengan baik. Dengan terealisasikan AMDAL yang baik, maka itu akan mengurangi pengaruh dampak yang akan terjadi di lingkungan.

Y028-AFIFAH
Afifah Putri Nadiyah

Unknown mengatakan...

AMDAL merupakan kajian dampak besar dan penting terhadap lingkungan hidup, dibuat pada tahap perencanaan, dan digunakan untuk pengambilan keputusan. Kegunaan AMDAL yaitu untuk memberi perijinan usaha atau kegiatan, tetapi sekarang banyak bangunan usaha yang kurang memperhatikan dampak lingkungan dan mereka hanya melihat bagaimana lebih enak dipandang oleh manusia dari pada memikirkan dampak lingkungan dari bangunan yang mereka bangun. Oleh karena itu, pemerintah seharusnya lebih memperketat perijinan pembangunan dan lebih mewajibkan suatu perusahaan yang ingin membangun suatu bangunan untuk menerapkan AMDAL.

Y022-Galih
Galih Bagas Patih Mberu

Unknown mengatakan...

menurut saya AMDAL (analisi mengenai dampak lingkungan) adalah suatu gagasan yang sangat baik jika benar benar di terapkan di lingkup industri karna amdal jelas sekali sangat penting di beberapa instansi karna dengan menerapkan amdal sebuah perusahaan bisa mendapatkan Proses analisis, proses rencana pengelolaan, dan rencana pemantauan pelaksanaan,
Ketiga proses tersebut sudah ada landasan atau petunjuk teknis yang harus diikuti. Ini berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 27 tahun 1999 tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan.
bisa kita lihat contohnya di perindustrian indonesia penebangan hutan sudah sangat liar dan menyebabkan kerusakan ekosistem dan indstri tekstil membuang beberapa limbahnya sembarangan menyebabkan penyakit tertentu dan belum lagi industri ilegal yang tidak memiliki surat perizinan .
itu salah siapa ? itu karna salah dua pihak terlibat yaitu badan hukum pelaksana dan pemerintah dan karna itu kita sebagai masyarakat yang di rugikan seharusnya memang amdal harus di laksanakan karna sangat penting bagi industri dalam negri bukan hanya menjadi hiasan dinding semata.

Y015-ADE
ade yulianti

Unknown mengatakan...

amdal adalah suatu hal yang sangat penting untuk perencanaan suatu proyek yang diperkirakan akan memberikan pengaruh terhadap lingkungan hidup di sekitarnya. Yang dimaksud lingkungan hidup di sini adalah aspek abiotik, biotik dan kultural. Dasar hukum AMDAL di Indonesia adalah Peraturan Pemerintah No. 27 Tahun 2012 tentang "Izin Lingkungan Hidup" yang merupakan pengganti PP 27 Tahun 1999 tentang Amdal.


Y018-FATHONI
ihsan faathoni

mala mengatakan...

AMDAL merupakan suatu alat atau cara yang digunakan dalam mengendalikan perubahan lingkungan sebelum suatu tindakan kegiatan pembangunan dilaksanakan. AMDAL sangat penting dan harus diperhatikan, karena mempengaruhi kenyamanan hidup masyarakat sekitar. Siapapun yang hendak melakukan pembangunan, seyogyanya menerapkan prinsip AMDAL agar tidak ada pihak yang dirugikan. Memperhatikan dampak dari pembangunan bagi lingkungan sekitar.

Aam Komalasari
Y023-AAM

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Berdasarkan pasal 16 Undang-undang Republik Indonesia nomor 4 tahun 1982
tentang ketentuan pokok pengelolaan lingkungan hidup yang meneyebutkan bahwa setiap rencana yang diperkirakan mempunyai dampak penting terhadap lingkungan, wajib dilengkapi dengan analisis mengenai dampak lingkungan atau disingkat AMDAL yang pelaksanaannya diatur dengan peraturan pemerintah.
Yang dimaksud dampak penting adalah perubahan yang sangat mendasar yang diakibatkan oleh adanya suatu kegiatan.
Dari dasar tersebut, sekarang kita lihat apa yang terjadi di industri Indonesia, mulai penebangan hutan yang sangat liar, penambangan yang merusak ekosistem, industri tektil yang membuang limbah sembarangan sehingga menimbulkan banyak penyakit kulit. Belum lagi, industri skala rumah yang tidak mengantongi izin apapun serta masih banyak pelanggaran Amdal lainnya.
Damat Disimpulkan bahwa Amdal merupakan Kajian Dampak besar dan penting terhadap lingkungan hidup dibuat pada tahap perencanaan dan digunakan untuk pengambilan keputusan.
Pedoman dalam membuat Amdal ada 3, ekologi, sosial, dan ekonomi. Jika memenuhi tiga unsur ini, artinya pembangunan proyek pembangunan itu berkelanjutan. Kalau 3 hal tadi tidak ada, pembangunan tidak berkelanjutan.
Kini Banyaknya kontraversi dalam Masyarakat terhadap proyek-proyek yang dibangun oleh pemerintah dan pihak swasta tetapi pada pembangunan Proyek Pengembangan Tangguh LNG dapat disetujui dalam AMDAL dan dapat menjadikan inspirasi dalam proyek lain.

Y031-AGUSTINA
Agustina Dwiyanti

Unknown mengatakan...

Kita sebagai manusia hidup dan tumbuh di lingkungan alam. Pentingnya menjaga lingkungan dapat berdampak baik bagi kita seluruh umat manusia. AMDAL dalam peraturan pemerintah tidak boleh diabaikan. Jika ingin memperoleh sumber daya dari alam juga harus melihat kembali peraturan yang berlaku di Indonesia, tiddak boleh mengabaikan kepentingan satu pihak tapi juga melihat dampak yang akan terjadi kelak.

Junitadahra
Y007-JUNI

Unknown mengatakan...

Menurut saya analisa mengenai dampak lingkungan (AMDAL) itu sangatlah penting agar terciptanya lingkungan yg sehat. Karena kita dapat mengetahui dampak terhadap lingkungan sebelum kita melakukan suatu usaha/kegiatan di tempat tertentu. Dan saya sangat setuju dengan peraturan pemerintah No.27 tahun 1999 tentang "Analisis Mengenai Dampak Lingkungan". Peraturan itu dapat memperkecil tingkat kerusakan lingkungan akibat eksploitasi sumber daya alam seperti, tanah, air, udara, dan energi-energi lain yang terdapat di dalam maupun di luar bumi. Maka dari itu, jika kita sudah menganalisis dampak lingkungan, kita akan dapat menikmati lingkungan yg sehat tanpa harus meninggalkan usaha/kegiatan yang akan kita lakukan karena dengan AMDAL kita sudah memperkecil bahkan mencegah tingkat kerusakan lingkungan.

Unknown mengatakan...

AMDAL adalah suatu kajian yang berisikan tentang dampak besar dan terhadap suatu lingkungan hidup akibat suatu kegiatan yang diadakan pada lingkungan itu sendiri. Dan dengan adanya kajian tersebut, maka AMDAL juga menjadi keputusan/saran untuk pengelolaan dan pemantauan suatu lingkungan hidup (pemeliharaan, perlakuan, kelayakan dan lainnya). Saya bisa mengetahui bagaimana pentingnya peraturan yang telah dibuat oleh pemerintah untuk menciptakan atau menjaga lingkungan yang bersih dan sehat untuk melestarikan sumber daya alam ini, dan disini bukanlah hanya pemerintah yang harus menjaga lingkungan ini tapi kita semua harus turut serta untuk menjaga lingkungan di sekitar kita agar dampak untuk kedepannya sumber daya alam kita tetap terjaga.

Beny Dwiyantiro
Y021-BENY

Unknown mengatakan...

Menurut pendapat saya setelah membaca modul 14 ini kegunaan AMDAL yaitu untuk meberi perijinan usaha atau kegiatan, tetapi sekarang banyak bangunan usaha yang kurang memperhatikan dampak lingkungan dan dampak besar dan penting suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan di Indonesia. Karena itu kegunaan AMDAL itu penting dalam proses pembangunan maupun hal lain, dengan begitu dampak terhadap lingkungan pun akan berkurang maupun dapat kita cegah.


Y024-SEPTIAN
Septian Eka Kusmawardani

Unknown mengatakan...

Menurut pendapat saya AMDAL adalah Analisis dampak lingkungan (di Indonesia, dikenal dengan nama AMDAL) adalah kajian mengenai dampak besar dan penting suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan di Indonesia.
Kegunaannya memberi perijinan usaha atau kegiatan,akan tetapi sekarangbanyak bangunan usaha yang kurang memperhatikan lingkungan dan dampak besar dalam usahanya.
Muhammad Reza
Y012-ABADI

Unknown mengatakan...

Selamat malam Pak,
Menurut pendapat saya, AMDAL merupakan suatu keharusan bagi sebuah badan usaha sebelum membuat suatu kegiatan usaha. AMDAL merupakan sebuah analisis mengenai dampak yang akan ditimbulkan dari sebuah kegiatan usaha terhadap kelestarian lingkungan sekitar.
akan tetapi, pada kenyataannya di indonesia ini masih banyak badan usaha yang secara tidak langsung mengabaikan dan tidak menerapkan AMDAL ini, sehingga masyarakat sekitar yang secara langsung merasakan dampak yang ditimbulkan dari badan usaha tersebut.

Unknown mengatakan...

Menurut saya Analisis dampak lingkungan (di Indonesia, dikenal dengan nama AMDAL) adalah kajian mengenai dampak besar dan penting suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan di Indonesia. AMDAL ini dibuat saat perencanaan suatu proyek yang diperkirakan akan memberikan pengaruh terhadap lingkungan hidup di sekitarnya. Yang dimaksud lingkungan hidup di sini adalah aspek abiotik, biotik dan kultural. Dasar hukum AMDAL di Indonesia adalah Peraturan Pemerintah No. 27 Tahun 2012 tentang "Izin Lingkungan Hidup" yang merupakan pengganti PP 27 Tahun 1999 tentang Amdal.

Terimakasih.

HILMAN DWI JULIAWAN
Z016-HILMAN

Unknown mengatakan...

AMDAL (Analisis Dampak Lingkungan)adalah kajian yang menyangkut dampak besar dari suatu usaha atau kegiatan manusia terhadap linkungan sekitar yang memerlukan keputusan untuk penyelenggaraan usaha atau kegiatan di Indonesia.
keberadaan AMDAL sangatlah penting karena dari situlah kita bisa melihat dampak yang akan terjadi akibat dari pembangunan atau suatu kegiatan.jadi kita dapat mencegah kerusakan alam yang ditimbulkan oleh kegiatan manusia tersebut.
AMDAL sendiri diwajibkan kepada setiap pelaku usaha atau kegiatan. dan jika terdapat usaha atau kegiatan yang tidak memiliki izin AMDAL akan di kenai sanksi seperti ketentuan Pasal 109 UU No. 32 Tahun 2009.
jadi sebenarnya keberadaan AMDAL sendiri bukan untuk mempersulit seseorang untuk melakukan usaha atau kegiatan, melainkan untuk menjaga lingkungan kita agar tetap aman dan tidak rusak, sehingga pelaku usaha atau kegiatan tadi tidak mendapatkan masalah di kemudian harinya.

Z034-SUSANTO

Unknown mengatakan...

Menurut pendapat saya, AMDAL di Indonesia masih bisa 'diperjual-belikan' oleh pelaku industri yang tidak bertanggung jawab. AMDAL yang seharusnya menjadi pengawas serta dijadikan masukan untuk menjawab masalah lingkungan, namun karena 'perjualbelian' AMDAL ini, menyebabkan masih banyaknya masalah lingkungan yang terjadi di Indonesia. Seperti kebakaran hutan di Riau, Lumpur Lapindo, dsb.

Annisa Hidayati P.
41615010022

Unknown mengatakan...

AMDAL sangat perlu di sosialisasikan tidak hanya kepada masyarakat namu perlu juga pada para calon investor agar dapat mengetahui perihal AMDAL di Indonesia. Karena semua tahu bahwa proses pembangunan di gunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara ekonomi, sosial dan budaya. Dengan implementasi AMDAL yang sesuai dengan aturan yang ada maka di harapkan akan berdampak positip pada recovery ekonomi pada suatu daerah. Peran AMDAL dalam pengelolaan proyek. AMDAL merupakan salah satu studi kelayakan lingkungan yang disyaratkan untuk mendapatkan perizinan selain aspek-aspek studi kelayakan yang lain seperti aspek teknis dan ekonomis. Seharusnya AMDAL dila¬kukan bersama-sama, di mana masing-masing aspek dapat mem¬berikan masukan untuk aspek-aspek lainnya sehingga penilaian yang optimal terhadap proyek dapat diperoleh. Kenyataan yang biasa terjadi adalah bahwa hasil studi kelayakan untuk aspek lingkungan tidka dapat menghasilkan kesesuaian di dalam studi kelayakan untuk aspek lainnya. Bagian dari Amdal yang diharapkan oleh aspek teknis dan ekonomis biasanya adalah sejauh mana ke-adaan lingkungan dapat menunjang perwujudan proyek, terutama sumber daya yang diperlukan proyek tersebut seperti air, energi, manusia, dan ancaman alam sekitar.
AMDAL sebagai dokumen penting. Laporan AMDAL merupa¬kan dokumen penting sumber informasi yang detail mengenai keadaan lingkungan pada waktu penelitian proyek dan gambaran keadaan lingkungan di masa setelah proyek dibangun. Dokumen ini juga penting untuk evaluasi, untuk membangun proyek yang lokasinya berdekatan dan dapat digunakan sebagai alat legalitas.

Ravinaldy
Z009

Unknown mengatakan...

Dari modul yang saya baca AMDAL ini hal yang sangat penting dalam hal pembangunan, tetapi banyak pihak yang menyepelekan hal ini, entah di sepelkan atau tak lagi di pikirkan karna dengan mudahnya AMDAL atau perizinan ini di "Jual beli"kan seperti mall mall yang kadang menyebabkan banjir pada daerah sekitarnya,menyebabkan tercemarnya saluran air oleh limbah. itulah yang membuat miris saran saya tolong perbaiki AMDAL di bangunan bangunan yang tidak layak namun tetep berdiri.

Sekian

Rifqi Fadhlurrahman
Y020-RIFQI

Inda widaliana mengatakan...

dari modul yang saya baca AMDAL merupakan kajian dampak besar dan penting terhadap lingkungan hidup, dibuat pada tahap perencanaan, dan digunakan untuk pengambilan keputusan. Tata kerja dan komposisi keanggotaan Komisi Penilai AMDAL ini diatur dalam Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup, sementara anggota-anggota Komisi Penilai AMDAL di propinsi dan kabupaten/kota ditetapkan oleh Gubernur dan Bupati/Walikota. Kegiatan yang telah memiliki AMDAL dan dalam operasionalnya menghendaki untuk meningkatkan ketaatan dalam pengelolaan lingkungan hidup dapat melakukan audit lingkungan secara sukarela yang merupakan alat pengelolaan dan pemantauan yang bersifat internal.

Y012-INDA
Inda Widaliana

Unknown mengatakan...

AMDAL adalah kajian dampak besar dan penting terhadap lingkungan hidup dibuat pada tahap perencanaan dan digunakan dalam pengambilan keputusan. FUNGSI AMDAL antara lain bahan bagi perencanaan pembangunan wilayah, membantu proses pengambilan keputusan tentang kelayakan lingkungan hidup dari rencana usaha dan/atau kegiatan, memberi masukan untuk penyusunan disain rinci teknis dari rencana usaha dan/atau kegiatan, memberi masukan untuk penyusunan rencana pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup, memberi informasi bagi masyarakat atas dampak yang ditimbulkan dari suatu rencana usaha dan atau kegiatan, awal dari rekomendasi tentang izin usaha. Jika ingin memperoleh sumber daya dari alam juga harus melihat kembali peraturan yang berlaku di Indonesia, tidak boleh mengabaikan kepentingan satu pihak tapi juga melihat dampak yang akan terjadi kelak.

catur setyo mengatakan...

AMDAL mempunai beberapa aspek yang ada yaitu aspek fisik-kimia, ekologi, sosial-ekonomi, sosial-budaya, dan kesehatan masyarakat. oleh sebab itu AMDAL sangat berguna karena mempunyai kajian yang cukup besar.


z033-Catur

aa mengatakan...

AMDAL, Ilmu analisis terhadap lingkungan ini bertujuan untuk terciptanya lingkungan hidup yang berkelanjutan dimana industri sudah melalang buana baik di perkotaan maupun di pedesaan.

Teknis AMDAL memberikan kesan sinergi baik itu dari sisi pengusaha, masyarakat, juga pemerintah untuk saling mengawasi dan menciptakan mutualisme.

Wismoyo Aris M mengatakan...

AMDAL atau Analisis Dampak Lingkungan , adalah proses didalam studi atau ilmu formal untuk dapat memperkirakan dampak dari lingkungan atau rencana kegiatan atau aktivitas dari proyek dengan bertujuan untuk memastikan adanya suatu masalah dampak lingkungan yang di analisis didalam tahap perencanaan serta juga perancangan proyek ialah sebagai pertimbangan bagi pembuat keputusan.

Z032-ARIS

Subha Ariya Sena mengatakan...

amdal adalah analisis mengenai dampak lingkungan hidup.
amdal ini ditujukan untuk menanggulangi efek yang ditimbulkan dari berbagai aktifitas manusia. akan tetapi masih banyak dari perusahaan atau badan usaha yang tidak menerapkan amdal ini, sehinggga mengakibatkan berbagai efek yang merugikan di lingkungan.