Minggu, 18 Oktober 2015

Manajemen Lingkungan

Sistem Manajemen Lingkungan merupakan bagian integral dari sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan yang terdiri dari satu set pengaturan-pengaturan secara sistematis yang meliputi struktur organisasi, tanggung jawab, prosedur, proses, serta sumberdaya dalam upaya mewujudkan kebijakan lingkungan yang telah digariskan oleh perusahaan.
Sistem manajemen lingkungan memberikan mekanisme untuk mencapai dan menunjukkan performasi lingkungan yang baik, melalui upaya pengendalian dampak lingkungan dari kegiatan, produk dan jasa. Sistem tersebut juga dapat digunakan untuk mengantisipasi perkembangan tuntutan dan peningkatan performasi lingkungan dari konsumen, serta untuk memenuhi persyaratan peraturan lingkungan hidup dari Pemerintah.

Selanjutnya silahkan buka Modul 13 Manajemen Lingkungan, baca dengan teliti dan simak dengan baik, berikan komentar Anda di kolom yang ada di bawah ini (sertakan nama dan kode tugas):

52 komentar:

Unknown mengatakan...

Ketika perusahaan beroperasi, maka proses bisnis yang dilakukan oleh perusahaan tersebut berpotensi untuk menimbulkan dampak terhadap lingkungan, baik dampak positif maupun dampak negatif. Pada prinsipnya dampak yang timbul dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu dampak bio-kimia-fisik dan dampak sosial. Contoh dari dampak bio-fisik-kimia misalnya pencemaran air, pencemaran udara, kerusakan keanekaragaman hayati, atau pengurangan cadangan air tanah. Semua jenis dampak ini akan memberikan resiko yang mempengaruhi bisnis yang dijalankan oleh perusahaan. Misalnya pencemaran air yang ditimbulkan oleh aktivitas perusahaan, akan memberikan resiko pertanggungjawaban dalam bentuk tuntutan pidana dan tuntutan perdata, apakah tuntutan tersebut dari pemerintah, masyarakat, atau lembaga swadaya masyarakat (LSM).

Z006-RAHMA

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum Pak,

Menanggapi Modul 13 mengenai Sistem Manajemen Lingkungan. Ada satu pembahasan yang menarik di dalamnya, yaitu mengenai sifat sukarela dari ISO 14000. Menurut pandangan saya, ISO 14000 harusnya dapat menjadi "keharusan"/syarat yang harus dipenuhi ketika mendirikan suatu perusahaan/industri. Di zaman yang petumbuhan ekonomi pesat,persaingan global trading yang pesat pula pasti ada tuntutan entah itu dari dalam negeri atau negeri tujuan pengekspornya yang menetapkan regulasi sistem manajemen lingkungan, sebagai bentuk perlindungan akan hak konsumen, kelestarian lingkunngan dan lainnya. Dengan kata lain secara mau tidak mau perusahaan tersebut harus tersertifikasi ISO 14000 dan serinya tersebut untuk kepentingan dan kelancaran bisnis mereka. Sistem sertifikasi terhadap SML di industri-industri harus diperketat dan tidak boleh luput dari pengawasan. Pasalnya mungkin di Indonesia baru industri-industri besar/bonafit saja yang baru menerapkan SML ini, sedangkan indutri-indistri menengah kebawah belum menerapkan atau belum sepenuhnya menerapkan SML ini. Padahal industri-industri tersebut menghasilakan limbah B3 yang berbahaya. Diharapkan di masa yang akan datang untuk Sistem Manajemen Lingkungan ini menjadi sebuah izin untuk dapat mendirikan atau syarat untuk tetap dapat menjalankan suatu perusahaan/industri. Karena dari tahun ke tahun dampak pencemaran lingkungan semakin parah dan menyebabkan masalah lingkungan yang bersifat global. Sehingga kesadaran akan kelestarian lingkungan hidup juga pasti semkin meningkat. Konsentrasi ke Sistem Manjemen Lingkungan akan semakin meningkat, sehingga akan kian pesatnya sertifikasi-sertifikasi akan SML, Industri-industri akan berlomba-lomba untuk mendapatkakn Sertifikat SML ISO 14001.

Sekian, Terimakasih. Wassalam..

Dini Syarah, Z024-DINI

Unknown mengatakan...

Menanggapi modul 13 mengenal sistem manajemen lingkungan .

Adanya sistem manajemen lingkungan pada suatu perusahaan merupakan suatu langkah positif untuk memperbaiki kualitas lingkungan. Dengan memiliki sistem manajemen lingkungan berarti suatu perusahaan sudah memiliki pemikiran yang positif terhadap kelestarian lingkungan. Karena bagaimanapun apa yang terjadi terhadap lingkungan akan mempengaruhi setiap perusahaan , karena itu setiap perusahaan harus melakasanakan sistem manajemen lingkungan.
ISO 14000 ini menurut saya merupakan sebuah standarisasi yang baik bagi perusahaan ,karena sifatnya yang tidak memaksa. Setiap perusahaan boleh menerapkannya atau pun tidak menerapkanya. Dengan menerapkan standarisasi ini pada perusahaan, akan memberikan sebuah citra yang positif di mata masyarakat. Masyarakan akan memandang bahwa perusahan yang ber-ISO 14000 adalah perusahaan yang ramah lingkungan. Tetapi tentu saja diharapkan hal diatas bukanlah tujuan utama dari penerapan sistem manajemen lingkungan. Diharapkan penerapan sistem manajemen lingkungan berangkat dari kesadaran manajemen perusahaan untuk memperbaiki proses produksinya sehingga tidak merusak lingkungan.
Tetapi saya berharap , setiap perusahaan harus menerapkan standarisasi ISO 14000 yang berarti ramah lingkungan dan perduli dengan keselamatan lingkungan. Bukannya hanya mementingkan keuntungan tetapi mementingkan keselamatan lingkungan dan masyarakat sekitar , karena itu standarisasi terus di perbaiki dan aturan hukum terhadap keselamatan lingkungan dipertegas .

Sekian dari saya

Terima kasih.

Ashim asy’ari
Z014-ashim


Unknown mengatakan...

Assalamualaikum wr,wb
Kali ini saya akan menanggapi tentang Manajement lingkungan, di era modern ini banyak perusahaan yang ingin praktis tanpa memperhatikan lingkungan. Banyak sekali perusahaan yang memikirkan kepentingan sendiri dari pada kepentingan orang banyak. Saya kira sudah tepat pemerintah membuatkan standart ISO 14000 untuk perusahaan – perusahaan di kota besar. Agar mereka juga memperhatikan lingkungan. Tetapi semua itu percuma kalau Cuma di buat tetapi tidak di laksanakan. Pemerintah harus lebih tegas lagi etrhadap pelanggar tentang lingkungan, dan saya kira penyuluhan terhadap pemimpin perusahaan yang belum sadar akan dampak pencemaran lingkungan juga harus di laksanakan. Agar semua perusahaan menerapkan standarisasi ISO 14000 dengan baik dan benar.
Sekian dari saya,
Terima kasih
Wassalamualaikum wr,wb

Z029-BURHAN

YULIANI MADIKAWATI mengatakan...

Sistem Manajemen Lingkungan atau Environment Management System (EMS) adalah bagian dari keseluruhan sistem manajemen yang meliputi struktur organisasi, rencana kegiatan, tanggung jawab, latihan atau praktek, prosedur, proses dan sumber daya untuk pengembangan, penerapan, evaluasi dan pemeliharaan kebijakan lingkungan. (ISO 14001, 1996)Berbagai manfaat dapat diperoleh bila menerapkan ISO 14001, yang sekaligus dapat dianggap sebagai keuntungan dari manajemen lingkungan salah satunya adalah sebagai Perlindungan lingkungan. perlindungan lingkungan ini adalah manfaat yang paling penting karena dengan mengikuti persyaratan yang ada akan membantu pula dalam mematuhi regulasi dan sistem manajemen yang efektif

Y002-YULIANI
YULIANI MARDIKAWATI
41615010003

sanuri-industri27.blogspot.com mengatakan...

Assalamualaikum pak,
Sistem manajemen lingkungan harus mencakup beberapa unsur utama dalam penerapannya agar lebih efektif, yaitu Kebijakan Lingkungan, Perencanaan, Implementasi, Pemeriksaan reguler dan Tindakan perbaikan serta Kajian manajemen.
Karena kebutuhan akan Standarisasi Sistem Manajemen Lingkungan yang semakin mendesak maka didirikanlah SAGE (Strategic Advisory Group on Environment) oleh organisasi Internasional di bidang standardisasi yaitu ISO (International Organization for Standardization). Tugas SAGE adalah meneliti kemungkinan untuk mengembangkan sistem standar di bidang lingkungan. SAGE memberikan rekomendasi kepada ISO untuk membentuk panitia teknik (TC) yang akan mengembangkan standar yang berhubungan dengan manajemen lingkungan.
Standar ISO seri 14000 terbagi dalam dua bidang yang terpisah yaitu evaluasi organisasi dan evaluasi produk. Evaluasi organisasi terbagi dari 3 sub sistem yaitu sub sistem manajemen lingkungan, audit lingkungan dan evaluasi kinerja lingkungan. Evaluasi produk terdiri dari sub sistem aspek lingkungan pada standar produk, label lingkungan dan asesmen daur hidup.
Pada dasarnya ISO 14000 adalah standar manajemen lingkungan yang sifatnya sukarela tetapi konsumen menuntut produsen untuk melaksanakan program sertifikasi tersebut. Pelaksanaan program sertifikasi ISO 14000 dapat dikatakan sebagai tindakan proaktif dari produsen yang dapat mengangkat citra perusahaan dan memperoleh kepercayaan dari konsumen. Dengan demikian maka pelaksanaan Sistem Manajemen Lingkungan (SML) berdasarkan Standar ISO Seri 14000 bukan merupakan beban tetapi justru merupakan kebutuhan bagi produsen.
Demikian dari saya,
Wassalamualaikum
Sanuri
Z025-Sanuri

Andri Liyancen T mengatakan...

Perhatian masyarakat yang semakin besar terhadap pentingnya tanggung jawab
sosial perusahaan antara lain dikarenakan timbulnya dampak negatif operasi perusahaan
terhadap lingkungan yang semakin tidak dapat ditolelir. Masyarakat menghendaki agar
perusahaan lebih menaruh perhatian terhadap kegiatan yang dapat meminimalkan polusi
dan menggunakan sumber daya alam secara efektif dan efisien (Schaltegger & Synnestvedt,
2002), karena konsumen saat ini tidak hanya berfokus pada harga, kualitas dan pelayanan
saja, namun juga terhadap kegiatan bisnis perusahaan. Masyarakat juga memiliki perhatian
pada bagaimana perusahaan memperlakukan karyawannya, apakah perusahaan yang
berinvestasi di tengah masyarakat, telah memperhatikan masyarakat yang berada di
sekitarnya, dan apakah perusahaan peduli terhadap lingkungan sehingga memiliki stabilitas
untuk keberlanjutannya

Andri Liyancen Tahalele
Z031-Andri

Unknown mengatakan...

Menanggapi modul 13 Mengenal Sistem Manajemen Lingkungan.

Sistem manajemen lingkungan menunjukan lingkungan yang baik dan terkendali, melalui upaya pengendalian dampak lingkungan dari kegiatan, produk dan jasa. Hal ini dapat memenuhi persyaratan peraturan lingkungan hidup dari pemerintah. Sistem manajemen lingkungan juga harus menetapkan, menerapkan dan memelihara tujuan dan sasaran lingkungan yang terdokumentasi, pada fungsi dan tingkatan yang sesuai dalam organisasi tersebut.
Tujuan dan sasaran tersebut harus dapat diukur bila memungkinkan dan konsisten dengan kebijakan lingkungannya, termasuk komitmen pada pencegahan pencemaran, penaatan persyaratan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan persyaratan lainnya yang diikuti organisasi, serta perbaikan berkelanjutan. Untuk memelihara program agar tercapai tujuan dan sasarannya, Program harus mencakup, pemberian tanggungjawab untuk mencapai tujuan dan sasaran pada fungsi dan tingkatan yang sesuai dalam organisasi tersebut, cara dan jangka waktu untuk mencapai tujuan dan sasaran tersebut. Dengan adanya penerapan sistem manajemen lingkungan (SML) ISO 14001 sebagai standar internasional sangat mendukung perlindungan lingkungan dan pencegahan pencemaran, seperti tujuan utama dari ISO 14001. Jadi Dengan adanya pelaksanaan Sistem Manajemen Lingkungan (SML) berdasarkan Standar ISO Seri 14000 bukan merupakan beban tetapi justru merupakan kebutuhan bagi produsen dan dapat membantu dalam upaya pengendalian dampak lingkungan.

Terimakasih..


Z015 Dwi

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaykum, selamat malam, Pak.
Menanggapi ulasan modul 13 tentang Sistem Manajemen Lingkungan yang secara gamblang dijelaskan dalam ISO 14000, menurut saya suatu perusahaan harus menerapkan ISO 14000 ini, meski secara konteks ISO 14000 bersifat sukarela. Karena semakin tinggi standar yang diterapkan suatu perusahaan, semakin ketat pengawasan dan tingkat keamanan suatu produk, akan meningkatkan kepercayaan konsumen. Tidak hanya dari segi produk yang dihasilkan, tetapi juga pengolahan limbah yang dibuang ke lingkungan. Sekian.

Andiny Arifin
Z021-ANDINI

Unknown mengatakan...

Sistem managemen lingkungan merupakan proses yang dilakukan secara sistematik, independen, dan harus terdokumentasi untuk mendapatkan bukti yang akurat. Untuk menentukan kecukupan dan efektifitas sistem managemen lingkungan yang disusun dengan prosedur dan standar yang sesuai: yaitu dengan Standar ISO 14001 dan OHSAS 18001; Peraturan dan persyaratan lingkungan dan K3.

Aspek lingkungan bahaya, resiko, dan pengendalian meliputi semua aktifitas, produk, dan jasa serta rutin dan non rutin. Semua orang yang berada di area cakupan. Updating harus sesuai dengan kondisi terkini, dan dilakukan aktifitas perencanaan.
Saat melakukan pemilihan aspek/ bahaya penting haruslah sesuai dengan kondisi organisasi, tinjauan hukum dan persyaratan. Serta dilakukannya proses dokumentasi, distribusi, dan pengendalian.

Obyektif (dan Target) dari program managemen lingkungan :
Referensi penyusunan, aspek/ bahaya penting, peningkatan atau improvement harus bagus. Targetnya ialah mampu mencegah polusi dan pemenuhan peraturan; perbaikan kondisi lingkungan; kesesuaian dengan tingkatan dan fungsi.
Program managemen, haruslah mencapai relevansi dengan target. Adanya aktifitas, PIC, tenggang waktu.
Implementasi: kesesuaian rencana dengan bukti. Evaluasi, revisi, dan validasi.
Dokumentasi: penyusunan, review dan persetujuan. Pengendalian dokumen, distribusi dan sosialisasi, serta status revisi spsialisasi.

Pelatihan, Kepedulian dan Kompetensi.
Kepedulian: bahan standar kepedulian lingkungan dan K3; Program bagi karyawan baru (+kontraktor); Program re-freshing karyawan lama; bukti pemahaman karyawan (+kontraktor)
Kompetensi: mancakup semua personel terkait aspek/ bahaya penting lingkungan; matriks kompetensi; pemastian, review, penilaian dan tindakan.


Pengendalian Operasional,
Penetapan mode pengendalian mencangkup semua aspek/ bahaya penting lingkungan, penilaian kecukupan dan efektivitas.
Proses pengendaliannya operasional: mencangkup semua kegiatan operasional, termasuk pengendalian design, membuat kriteria operasi spesifik, sosialisasi dan implementasi. Pengendalian kontraktor: prosedur komunikasi, dan penilaian kerja.
Pengendalian produksi Dan pemeliharaan yang berkaitan dengan aspek penting yg bisa dilakukan daku.
Perencanaan Pengendalian Produksi serta pemelihanaannya Yang harus berkaitan dengan aspek penting likungan dan resiko K3; prosedur produksi dan pemeliharaan; keselamatan kerha dan usaha menekan cemaran energi.


Perlu dibuatkan Kesiapan dan Tanggap darurat. Untuk prosedur meliputi kapan, siapa, dan bagaimana. Untuk mengidentifikasi potensi keadaan darurat perku diadakannya aspek lingkungan dan potensi Tanggap Darurat agar semua memiliki potensi prosedur yang spesifik. Selain itu adanya Ketersediaan, sosialisasi. Dan pemahaman.

Apabila ditemukan adanya ketidaksesuaian, maka akan terlebih dahulu di cek atau diidentifikasi ketidaksesuaian nya dmna ? Diidentifikasi akar masalahnya. Serta rekomendasi tindakan perbaikan.
Dilakukan agar sesuai dengan akar masalah sudah di verifikasi dan perubahan dokumen. Untuk pencegahan yang memiliki potensi dan rekomendasi.

Terima kasih.

Agis Priyanto mengatakan...

Manajemen Lingkungan, yang ada dibenak saya yaitu tentang ISO, dan yang saya kenal yaitu ISO 14001.
Ketika perusahaan berupaya untuk menerapkan ISO 14001, maka perusahaan tersebut telah memiliki komitmen untuk memperbaiki secara menerus kinerja lingkungannya. Namun, satu hal perlu dingat bahwa ISO 14001 merupakan standar yang memadukan dan menyeimbangkan kepentingan bisnis dengan lingkungan hidup.
Sehingga, upaya perbaikan kinerja yang dilakukan oleh perusahaan akan disesuaikan dengan sumber daya perusahaan, apakah itu sumber daya manusia, teknis, atau finansial.
Sistem Manajemen Lingkungan
Merupakan bagian integral dari sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan yang terdiri dari satu set pengaturan-pengaturan secara sistematis yang meliputi struktur organisasi, tanggung jawab, prosedur, proses, serta sumberdaya dalam upaya mewujudkan kebijakan lingkungan yang telah digariskan oleh perusahaan. Sistem manajemen lingkungan memberikan mekanisme untuk mencapai dan menunjukkan performasi lingkungan yang baik, melalui upaya pengendalian dampak lingkungan dari kegiatan, produk dan jasa. Sistem tersebut juga dapat digunakan untuk mengantisipasi perkembangan tuntutan dan peningkatan performasi lingkungan dari konsumen, serta untuk memenuhi persyaratan peraturan lingkungan hidup dari Pemerintah.

Dengan adanya sertifikat ISO terutama ISO 14001 yang dimiliki oleh suatu perusahaan atas penghargaannya dalam melakukan management lingkungan yang sangat baik, maka perusahaan tersebut juga ikut serta dalam rangka melestarikan bumi terutama lingkungan sekitar perusahaan tersebut atau industri tersebut, karna apapun jenisnya, jika industri maka pasti menghasilkan limbah, bukan seberapa banyak atau sedikit limbah yang dibuang oleh industri, melainkan seberapa bijak suatu industri dalam mengolah limbahnya hingga tidak berbahaya bagi makhluk hidup.

Sekian, terima kasih.
Agis Priyanto
Z023-AGIS

Unknown mengatakan...

management lingkungan dapat diartikan juga sebagai cara ataupun langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga, melestarikan, merawat maupun mempertahankan keadaan lingkungan dari berbagai pengaruh pengaruh yang dapat merusak lingkungan. management lingkungan dapat dikatakan berhasil jika salah satunya telah terbukti keadaan lingkungan sekitar tidak terpengaruh dengan kaedaan dari luar yang dapat merusak lingkungan, seperti aktifitas pabrik, aktifitas manusia, dll.

Unknown mengatakan...

menanngapi modul 13 tentang manajemen lingkungan bahwa dengan adanya ISO 1400 mungkin belum semua perusahaan bisa menerapakan ISO 14000 Karena tahapanya yang rumit tetapi sebenarnya banyak menguntungkan perusahaan yang pertama kualitas produknya pasti lebih baik,yang kedua perusahaan terhindar dari sanksi karena telah menerapkan iso 14000 dan yang ketiga lingkungan tempat untuk industri juga terjaga kebersihanya dengan diterapkan sistem manjemen lingkungan iso 14000 jadi menurut saya ISO 14000 menguntungkan perusahaan bukan merugikan perusahaan.
sekian dari saya
anjar malik z019

nana_kuul mengatakan...

Keuntungan ekonomi dapat diperoleh dari penerapan Sistem Manajemen Lingkungan. Keuntungan ini sebaiknya diidentifikasi agar dapat menunjukkan kepada pihak terkait, khususnya pemegang saham, nilai perusahaan yang memiliki manajemen lingkungan yang baik


Z018-ERNA

nova mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
nova mengatakan...

dalam sistem management lingkungan manfaat dari penerapan ekolabel adalah konsumen dapat memperoleh informasi mengenai dampak lingkungan dari produk yang akan dibeli/digunakannya. Karena kepentingan tersebut, konsumen juga memiliki kesempatan untuk berperan serta dalam penerapan ekolabel dengan memberikan masukan dalam pemilihan kategori produk dan criteria ekolabel. Penyediaan ekolabel bagi konsumen juga akan meningkatkan kepedulian dan kesadaran konsumen bahwa.Pengambilan keputusan dalam pemilihan produk tidak perluhanya ditentukan oleh harga dan mutu saja, namun juga oleh factor pertimbangan lingkungan.Ukuran keberhasilan ekolabel dapat dilihat dari adanya perbaikan kualitas lingkungan yang dapat dikaitkan langsung dengan produksi maupun produk yang telah mendapat ekolabel. Selain itu, tingkat peran serta dari kalangan pelaku usaha dalam menerapkan ekolabel juga menjadi indicator penting keberhasilan ekolabel.

sekian dari saya pak .
Terimakasih

Z011-NOVA

Unknown mengatakan...

Manajemen lingkungan sangatlah diperlukan pada masa sekarang ini, agar lingkungan tempat kita tinggal dapat terus terjaga kelestariannya. Karena pada masa sekarang hampir tidak diperhatikan aspek lingkungan dalam pembangunan apapun, ini merupakan kondisi yang cukup memprihatinkan dimana kita sangat memerlukan lingkungan yang sehat dan nyaman. Contoh kecilnya adalah taman, taman di masa sekarang ini sudah cukup sulit ditemukan, hampir semua pembangunan tidak memperhatikan akan manfaat taman yang justru sangat penting bagi lingkungan. Jadi intinya marilah kita bersama-sama saling mengingatkan akan petingnya lingkunga bagi kehidupan kita sebagai manusia di bumi ini.

Sekian Komentar Dari Saya. . .

Soleh Hakim Ansori
Y011-SOLEH

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Saat ini manajemen lingkungan begitu belum berkembang dimasyarakat dan mungkin masih begitu asing didengar oleh beberapa orang. manajemen lingkungan sangat diperlukan untuk mengelola lingkungan disekitar kita, dan adanya sistem manajemen lingkungan di perusahaan merupakan suatu langkah positif untuk memperbaiki lingkungan. Dengan adanya manajemen lingkungan, lingkungan kita menjadi tertata dan teratur. karena dengan adanya sistem manajemen lingkungan berarti perusahaan telah melaksanakan standar yang di tetapkan pemerintah yaitu menjalankan manajemen lingkungan.
Didalam manajemen lingkungan juga teradapat ISO1400. ISO1400 adalah kumpulan standar standar pengelolaan lingkungan. Berarti ketika kita ingin melakukan pengelolaan lingkungan kita harus menikuti standar ISO1400 agar pengelolaan yang dilakukan sesuai.

Junitadahra
Y007-JUNI

Unknown mengatakan...

Manajemen limgkungan pada saat ini sangatlah penting pada setiap perusahaan untuk terciptanya kerangka kerja yang dapat diintegrasikan ke dalam proses-proses bisnis yang ada untuk mengenal, mengukur, mengelola dan mengontrol dampak-dampak lingkungan secara efektif, dan oleh karenanya merupakan risiko-risiko lingkungan. Melihat kondisi lingkungan pada saat ini sangatlah buruk. Perusahaan harus mengeluarkan kebijakan-kebijakan untuk memanejemen lingkungan agar terciptanya polusi terhadap lingkungan bisa berkurang serta pemerintah pun harus turut andil dalam menangani masalah ini dengan mengeluarkan peraturan-peraturan untuk menjaga lingkungan. Karena telah kita ketahui semua bahwa perusahaan atau pabrik-pabrik industri menjadi penyebab utama tercemarnya lingkungan. Tetapi sampai saat ini manajemen lingkungan masih sangatlah kurang dari kata cukup. Saya berharap adanya pembahasan tentang manejemen lingkungan pada blog ini bisa mengingatkan kita tentang pentingnya menjaga lingkungan karena kita adalah calon-calon pemimpin perusahaan dimasa depan.

ARDHIKA NUGRAHA
Y025-ARDHIKA

Radeon mengatakan...

Pada saat ini manajemen lingkungan sangat penting bagi manusia banyak dampak dampak positif yang didapat dari manajemen lingkungan, dimasa sekarang ini manusia hanya mementingkan pembangunan dan mengumpulkan pundi pundi rupiah tetapi tidak memikirkan manajemen lingkungan disekitarnya. Contoh kecilnya adalah apotik hidup, apotik hidup di masa sekarang ini sudah cukup sulit ditemukan, hampir semua pembangunan tidak memperhatikan akan manfaat tanaman apotik hidup yang justru sangat penting bagi lingkungan.

YOGA CAHYA KURNIAWAN
Y013-YOGA

mala mengatakan...

Dengan menerapkan ISO 14001 untuk menginventasikan aspek lingkungan yang penting menunjukan perlunya meningkatkan kesadaran dan kepedulian atas dimensi lingkungan dari oprasi, produk dan jasa didalam perusahaan. Kesadaran dan kepedulian merupakan langkah pertama dan persyaratan yang perlu atas oprasi yang bertanggung jawab dan pertumbuhan menuju pengolahan lingkungan dan bukan hanya beberapa aspek yang diatur dalam peraturan perundang-undangan saja, pendekatan dari perusahaan terhadap perlindungan lingkungan merupakan dimensi baru bagi perusahaan.Dengan menjalankan SML, berarti dapat mengurangi bahan kimia atau limbah atau bahan-bahan berbahaya lainya yang harus diproses kembali, dan hal ini berarti mengurangi biaya.

Aam Komalasari
Y023-AAM

Unknown mengatakan...

Suatu sistem manajemen lingkungan (ISO 14001) memang merupakan bagian dari sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan yang terdiri satu set pengaturan secara sistematis yang meliputi struktur organisasi, tanggung jawab, prosedur, proses, serta sumberdaya dalam upaya mewujudkan kebijakan lingkungan yang telah digariskan oleh perusahaan. Oleh karena itu perusahaan yang akan didirikan harus melakukan analisis dampak lingkungan. Sehingga dalam analisis tersebut dapat diketahui sejauh mana perusahaan akan berdampak terhadap lingkungan. Adapun manfaat dari ISO 14000 adalah pengelolaan lingkungan yang lebih efektif dan efisien dalam organisasi dan dapat mengidanfikasi, memperkirakan dan mengatasi resiko lingkungan yang mungkin timbul.

Beny Dwiyantoro
Y021-BENY

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum pak


Menanggapi tentang isi modul 13 tentang Sistem Manajemen Lingkungan tidak jauh membahas tentang ISO 14001. ISO 14001 adalah standar sistem yang diakui secara internasional untuk sistem manajemen pengelolaan lingkungan. ISO 14001 mengatur kontrol untuk kegiatan-kegiatan dalam proses bisnis perusahaan yang memiliki dampak terhadap lingkungan. Kontrol tersebut meliputi penggunaan sumber daya alam, penanganan dan pengolahan limbah, dan konsumsi energi.

Ketika perusahaan berupaya untuk menerapkan ISO 14001, maka perusahaan tersebut telah memiliki komitmen untuk memperbaiki secara menerus kinerja lingkungannya. Namun, satu hal perlu dingat bahwa ISO 14001 merupakan standar yang memadukan dan menyeimbangkan kepentingan bisnis dengan lingkungan hidup. Sehingga, upaya perbaikan kinerja yang dilakukan oleh perusahaan akan disesuaikan dengan sumberdaya perusahaan, apakah itu sumberdaya manusia, teknis, atau finansial.

ISO 14001 adalah standar sistem yang diakui secara internasional untuk sistem manajemen pengelolaan lingkungan. ISO 14001 mengatur kontrol untuk kegiatan-kegiatan dalam proses bisnis perusahaan yang memiliki dampak terhadap lingkungan. Kontrol tersebut meliputi penggunaan sumber daya alam, penanganan dan pengolahan limbah, dan konsumsi energi.

Irfan Arliansyah
Zoo1- IRFAN

Unknown mengatakan...

Manajemen lingkungan sangatlah diperlukan pada masa sekarang ini, agar lingkungan tempat kita tinggal dapat terus terjaga kelestariannya.Dengan adanya manajemen lingkungan, lingkungan kita menjadi tertata dan teratur. karena dengan adanya sistem manajemen lingkungan berarti perusahaan telah melaksanakan standar yang di tetapkan pemerintah yaitu menjalankan manajemen lingkungan. Karena telah kita ketahui semua bahwa perusahaan atau pabrik-pabrik industri menjadi penyebab utama tercemarnya lingkungan. Tetapi sampai saat ini manajemen lingkungan masih sangatlah kurang dari kata cukup. Saya berharap adanya pembahasan tentang manejemen lingkungan pada blog ini bisa mengingatkan kita tentang pentingnya menjaga lingkungan karena kita adalah calon-calon pemimpin perusahaan dimasa yang akan datang. sekian tanggapan yang saya berikan, terima kasih

ARIS APRIADI
Y027-ARIS

Inda widaliana mengatakan...

setelah saya melihat modul 13 pada dasarnya Sistem Manajemen Lingkungan merupakan bagian integral dari sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan yang terdiri dari satu set pengaturan-pengaturan secara sistematis yang meliputi struktur organisasi,tanggung jawab, prosedur, proses, serta sumberdaya dalam upaya mewujudkan kebijakan lingkungan yang telah digariskan oleh perusahaan.pada dasarnya manajemen lingkungan yang sifatnya sukarela tetapi konsumen menuntut produsen untuk melaksanakan program sertifikasi tersebut.Pelaksanaan program sertifikasi ISO 14000 dapat dikatakan sebagai tindakan proaktif dari produsen yang dapat mengangkat citra perusahaan dan memperoleh kepercayaan dari konsumen. terimakasih

Y012-INDA
Inda Widaliana


Unknown mengatakan...

Manajemen limgkungan pada saat ini sangatlah penting pada setiap perusahaan untuk terciptanya kerangka kerja yang dapat diintegrasikan ke dalam proses-proses bisnis yang ada untuk mengukur, mengelola dan mengontrol dampak-dampak lingkungan secara efektif, dan oleh karenanya merupakan risiko-risiko lingkungan. Melihat kondisi lingkungan pada saat ini sangatlah buruk. Perusahaan harus mengeluarkan kebijakan-kebijakan untuk memanejemen lingkungan agar terciptanya polusi terhadap lingkungan bisa berkurang serta pemerintah pun harus turut andil dalam menangani masalah ini dengan mengeluarkan peraturan-peraturan untuk menjaga lingkungan.

Galih Bagas
Y022-GALIH

Unknown mengatakan...

Menurut pendapat saya, selain bicara ISO-nya sendiri, ada bagian dari ISO yang perlu dianut oleh perusahaan-perusahaan seharusnya. Karena masyarakat mengonsumsi barang-barang, perusahaan industri memiliki tanggung jawab untuk ikut menggalakkan kesadaran berlingkungan pada konsumennya. Salah satu cara yang paling sederhana namun besar manfaatnya adalah pelabelan lingkungan (Ekolabel). Dengan ekolabel ini, masyarakat yang membeli barang mereka setidaknya menjadi sadar bahwa menjaga lingkungan meski sederhana adalah penting, juga menggenjot industri yang masih belum melakukan gerakan lingkungan untuk ikut bersaing dalam menarik pelanggan yang telah peduli lingkungan untuk membeli produk mereka dengan menjalankan ekolabel ini. Dengan begitu setidaknya lingkungan kita bakal merasa lebih disayangi lagi oleh penghuninya.

Y017-ANNISA
ANNISA HIDAYATI P.

Unknown mengatakan...

Ketika perusahaan beroperasi, maka proses bisnis yang dilakukan oleh perusahaan tersebut berpotensi untuk menimbulkan dampak terhadap lingkungan, baik dampak positif maupun dampak negatif. Pada prinsipnya dampak yang timbul dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu dampak bio-kimia-fisik dan dampak sosial. Contoh dari dampak bio-fisik-kimia misalnya pencemaran air, pencemaran udara, kerusakan keanekaragaman hayati, atau pengurangan cadangan air tanah. Semua jenis dampak ini akan memberikan resiko yang mempengaruhi bisnis yang dijalankan oleh perusahaan.

Muhammad Alphin Sepana Pratama
Y014-ALPIN

fadelhasanzein.bloggspot.com mengatakan...

Menurut saya Dengan memiliki sistem manajemen lingkungan berarti suatu perusahaan sudah memiliki pemikiran yang positif terhadap kelestarian lingkungan. Karena bagaimanapun apa yang terjadi terhadap lingkungan akan mempengaruhi setiap perusahaan , karena itu setiap perusahaan harus melakasanakan sistem manajemen lingkungan.
ISO 14000 ini menurut saya merupakan sebuah standarisasi yang baik bagi perusahaan ,karena sifatnya yang tidak memaksa. Setiap perusahaan boleh menerapkannya atau pun tidak menerapkanya. Dengan menerapkan standarisasi ini pada perusahaan, akan memberikan sebuah citra yang positif di mata masyarakat. Masyarakan akan memandang bahwa perusahan yang ber-ISO 14000 adalah perusahaan yang ramah lingkungan. Tetapi tentu saja diharapkan hal diatas bukanlah tujuan utama dari penerapan sistem manajemen lingkungan. Diharapkan penerapan sistem manajemen lingkungan berangkat dari kesadaran manajemen perusahaan untuk memperbaiki proses produksinya sehingga tidak merusak lingkungan.

Unknown mengatakan...

Sistem manajemen lingkungan harus mencakup beberapa unsur utama dalam penerapannya agar lebih efektif, yaitu Kebijakan Lingkungan, Perencanaan, Implementasi, Pemeriksaan reguler dan Tindakan perbaikan serta Kajian manajemen.
Karena kebutuhan akan Standarisasi Sistem Manajemen Lingkungan yang semakin mendesak maka didirikanlah SAGE (Strategic Advisory Group on Environment) oleh organisasi Internasional di bidang standardisasi yaitu ISO (International Organization for Standardization). Tugas SAGE adalah meneliti kemungkinan untuk mengembangkan sistem standar di bidang lingkungan. SAGE memberikan rekomendasi kepada ISO untuk membentuk panitia teknik (TC) yang akan mengembangkan standar yang berhubungan dengan manajemen lingkungan. prosedur, proses dan sumber daya untuk pengembangan, penerapan, evaluasi dan pemeliharaan kebijakan lingkungan. (ISO 14001, 1996)Berbagai manfaat dapat diperoleh bila menerapkan ISO 14001, yang sekaligus dapat dianggap sebagai keuntungan dari manajemen lingkungan salah satunya adalah sebagai Perlindungan lingkungan. perlindungan lingkungan ini adalah manfaat yang paling penting karena dengan mengikuti persyaratan yang ada akan membantu pula dalam mematuhi regulasi dan sistem manajemen yang efektif.

AKRAM
Y006-AKRAM

Unknown mengatakan...

Manajemen Lingkungan sangatlah dibutuhkan untuk memperbaiki alam karna dari manajemen lingkungan kita dapat tau bagai mana cara mengatasi kerusakan lingkungan yang ada di sekitar kita dan sebaiknya harus mebuat aturan untuk lingkukan kita . bisa di lihat dari ( ISO 14001, 1996 )


IVAN PRATAMA SYAWAL
Z020-IVAN

Unknown mengatakan...

Selamat malam,,menanggapi isi modul 13 menurut saya..

Standart manajemen lingkungan internasional ISO 14000 di maksudkan untuk memberi perusahaan unsur- unsur sistem manajemen lingkungan yang dapat dipadukan dengan persyaratan manajemen lainya, untuk membantu perusahaan mencapai tujuan ligkungan dan ekonomi standart ISO 14000 bukanlah dimaksudkan untuk digunakan sebagai alat untuk mencapai hambatan perdagangan atau untuk menambah atau merubah kewajiban hukum perusahaan.
SML pun mempunyai tujuan yang positif..tujuan utama sistem manajemen lingkungan (SML) menurut ISO 14001 adalah untuk memungkinkan manusia,tumbuhan dan binatang tetap ada dan hidup pada kondisi yang sebaik-baiknya.
Meminimalisasi limbah yang tidak berbahaya juga merupakan dampak positif lingkungan yang cukup penting dan merupakan komponen kunci perencanaan penerapan SML menurut ISO 14001. Hal ini akan meliputi pengurangan pemakaian bahan baku, pemakaian kembali atau daur ulang, yang kesemuanya akan mengoptimalkan pemanfaatan dan melestarikan sumber daya alam.




danu utomo
Z004-DANU

Unknown mengatakan...

Menurut pendapat saya dari modul 13 yang telah saya baca. bahwa sistem manajemen lingkungan pada saat ini sangatlah diperlukan sekali. karena, dari manajemen lingkungan itu sendiri adalah cara ataupun langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga, melestarikan, merawat maupun mempertahankan keadaan lingkungan dari berbagai pengaruh pengaruh yang dapat merusak lingkungan. oleh sebab itu manajemen lingkungan itu sangat penting jika dipakai pada suatu perusahaan karena dapat memperbaiki lingkungan yang ada disekitarnya.


Rezti Miranty Syahrully
Y026-REZTY

Febrian Rizkian Hilan Mile mengatakan...

Berdasarkan modul 13 yang sudah saya baca, manajemen lingkungan sangat diperlukan sebagai standar suatu perusahaan apakah sudah memenuhi syarat untuk menjaga kelestarian lingkungan di sekitarnya atau belum. Banyak manfaat yang didapatkan apabila manajemen lingkungan atau ISO 14001 di terapkan dalam suatu perusahaan. Salah satunya mengurangi dampak yang akan terjadi pada lingkungan karena sudah menerapkan langkah yang benar dalam menjaga lingkungan dengan berpatokan kepada manajemen lingkungan. Untuk itulah manajemen lingkungan sangat diperlukan agar lingkungan tetap terjaga dan tidak rusak, dan pencegahan pun dapat dilakukan.

Y005-FEBRIAN
Febrian Rizkian Hilan Mile

Afifah Putri Nadiyah mengatakan...

Menurut saya jika ingin membuat perusahaan, sangatlah penting memperhatikan manajemen lingkungannya. Dengan menerapkan manajemen lingkungan di suatu perusahaan, tentu lingkungan disekitar akan lebih terjaga dan tidak mudah tercemar. Tapi pada kenyataannya saat ini perusahaan jarang memperhatikan hal itu. Maka dari itu sangat disarankan bagi suatu perusahaan menerapkan manajemen lingkungan atau ISO 14001.

Y0028-AFIFAH
Afifah Putri Nadiyah

Unknown mengatakan...

Menurut pendapat saya penting halnya bagi perusahaan untuk menerapkan manajemen lingkungan atau ISO 14001 karena dimana manajemen lingkungan tersebut bisa menjaga lingkungan dengan baik dan tidak mudah tercemar. Oleh sebab itu, suatu perusahaan harus menerapkan manajemen lingkungan karena dengan mereka telah menerapkan manajemen lingkungan maka perusahaan tersebut sudah memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk menjaga lingkungan sekitar.

Y016-SARAH
sarah fachira

Unknown mengatakan...

menurut saya modul 13 ini menjelaskan tentang Sebuah kontrol dan sistem audit yang sangatlah diperlukan dan harus dilakukan secara kontinu oleh lembaga independen terhadap perusahaan yang sudah bersertifikat ISO 14000 untuk memastikan bahwa perusahaan tersebut menjalankan sistem manajemen lingkungan dengan baik, bukan memanfaatkannya hanya sebagai pencitraan. Selain bersifat tidak memaksa, ISO 14000 juga bersifat fleksibel sehingga dapat diterapkan pada semua jenis organisasi/perusahaan. Untuk menerpakan sistem manajemen lingkungan pada suatu perusahaan diperlukan sumber daya yang tidak sedikit, baik dari segi manusia, peralatan maupun finansial. Sehingga tidak semua perusahaan dapat menerapkannya dalam waktu singkat. Diperlukan waktu untuk dapat membentuk sistem yang baik sehingga dapat memperbaiki sistem produksi perusahaan menjadi lebih ramah lingkungan. Adakalanya suatu perusahaan yang masih mengotori lingkungan tetapi sudah mendapatkan sertifikat ISO 14000 karena perusahaan tersebut sudah membentuk suatu sistem managemen lingkungan dan berkomitmen untuk terus memperbaiki sistem tersebut sehingga nantinya bisa menjadi perusahaan yang tidak mengotori lingkungan lagi.

YO30-EKO
Mochamad Alvin

Unknown mengatakan...

Pendapat saya mengenai modul 13 ini medapat ilmu baru bagaimana dan apa itu manajemen lingkungan denganadanya ISO 14000 saya rasa untuk pemimpin-pemimpin perusahaan harusnya dapat memahaminya bagaimana manajemen lingkungan itu dilakukan dengan melihat standart standart yang telah di tentukan sehinggan tidaka ada lagi terjadi limbah yang di buang sembarangan dan dapat mengotori lingkungan yang harusnya tidak tercemar

Y020-RIFQi
Rifqi Fadhlurrahman

Unknown mengatakan...

menurut kesimpulan saya menejemen lingkungan adalah suatu proses atau sebuah usaha untuk membuat kualitas lingkungan menjadi lebih baik , dengan adanya menejemen lingkungan kita bisa tau sebuah perusahaan akan sampai ke posisi lebih baik dengan menyadari pentingnya kelestarian alam , dengan itu di adakannyaa ISO14000 untuk standarisasi dan memastikan bahwa sebuah perusahaan itu sudah ada di tempat yang cukup baik karna sudah menyadari pentingnya lingkungan .
ISO14000 juga termasuk ke dalam sebuah tujuan yang cukup baik karna sifatnya yang tidak memaksakan setiap perusahaan yang mau ataupun tidak mau mengikuti untuk menerapkannya.


Y015-ADE
ade yulianti

Unknown mengatakan...

Masalah Lingkungan kini menjadi masalah dunia, yang menjadi sorotan ialah pada masalah Industri yang memiliki tekanan kuat dari dua arah secara simultan yakni dalam negri dan luar negri sehingga terjadilah manajemen lingkungan yang merupakan bagian integral dari sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan yang terdiri dari satu set pengaturan-pengaturan secara sistematis yang meliputi struktur organisasi, tanggung jawab, prosedur, proses,serta sumberdaya dalam upaya mewujudkan kebijakan lingkungan yang telah digariskan oleh perusahaan. ISO 14001 Merupakan sebuah standar internasional yang berkaitan dengan pengelolaan lingkungan untuk membantu organisasi meminimalkan pengaruh negatif kegiatan operasional mereka terhadap lingkungan yang mencakup udara, air, suara, atau tanah. Manfaat :
1. Menurunkan potensi dampak terhadap lingkungan
2. Meningkatkan kinerja lingkungan
3. Memperbaiki tingkat pemenuhan (compliance) peraturan
4. Mengurangi dan mengatasi resiko lingkungan yang mungkin timbul.
tahapan untuk dapat mengembangkan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan efektifitas sistem diantaranya:
Tahap 1: Persiapan
Tahap 1: Pengembangan
Tahap 3: Penerapan
Tahap 4: Evaluasi dan Monitoring
Tahap 5: Sertifikasi
Tahap 6: Pemeliharaan dan Improvem

Y031-AGUSTINA
Agustina Dwiyanti

Unknown mengatakan...

manajemen lingkungan telah menjadi proses yang berkembang dan tuntutan pada penilaian risiko ekologis iiients telah berevolusi secara paralel. Pada tahun 1966, Polusi Air Administrasi Pengendalian federal melaporkan lebih dari 9 juta kematian ikan dalam 372 ikan i-epoi-ted membunuh peristiwa di Amerika Serikat (USDOI, 1967), dan ini termasuk hanya dilaporkan membunuh mana tingkat membunuh itu dihitung . Dengan situasi ini, ilmu lingkungan dari waktu difokuskan untuk sebagian besar pada pemahaman penyebab peristiwa ini dan membangun thi-esholds atau praktek manajemen untuk menghindari bencana tersebut

Y018-FATHONI
ihsan fathoni

Unknown mengatakan...

Menurut pendapat saya setelah membaca modul 13 ini adalah menejemen lingkungan adalah suatu proses atau sebuah usaha untuk membuat kualitas lingkungan menjadi lebih baik dan diperlukan dan harus dilakukan secara kontinu oleh lembaga independen terhadap perusahaan yang sudah bersertifikat ISO 14000 untuk memastikan bahwa perusahaan tersebut menjalankan sistem manajemen lingkungan dengan baik. Berbagai manfaat dapat diperoleh bila menerapkan ISO 14001, yang sekaligus dapat dianggap sebagai keuntungan dari manajemen lingkungan salah satunya adalah sebagai Perlindungan lingkungan. perlindungan lingkungan ini adalah manfaat yang paling penting karena dengan mengikuti persyaratan yang ada akan membantu pula dalam mematuhi regulasi dan sistem manajemen yang efektif.




Y024-SEPTIAN
Septian Eka Kusmawardani

Unknown mengatakan...

Standart manajemen lingkungan internasional ISO 14000 di maksudkan untuk memberi perusahaan unsur- unsur sistem manajemen lingkungan yang dapat dipadukan dengan persyaratan manajemen lainya, untuk membantu perusahaan mencapai tujuan ligkungan dan ekonomi standart ISO 14000 bukanlah dimaksudkan untuk digunakan sebagai alat untuk mencapai hambatan perdagangan atau untuk menambah atau merubah kewajiban hukum perusahaan.
management lingkungan juga sangat bermanfaat bagi kelestarian lingkungan sekitar, karena dengan penerapan management lingkungan secara tidak langsung juga berperan dalam kelestarian lingkungan.

Unknown mengatakan...

Menurut saya Seiring dengan perkembangan zaman saat ini, kebutuhan manusia juga semakin berkembang. Hal ini disebabkan oleh keingintahuan manusia yang semakin maju. Oleh karena itu ilmu pengetahuan pun semakin hari semakin dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan manusia itu sendiri.

Hal ini menyebabkan manusia bertindak semaunya meskipun sudah ada peraturan-peraturan atau hukum yang disahkan oleh pemerintah dalam pengendalian proses produksi kebutuhan manusia terutama kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Hal ini akan menyebabkan SDA semakin lama semakin berkurang jika tidak ada pengendaliannya dalam proses pemenuhan kebutuhan manusia. Oleh karena itu, sebagai pemerintah yang bijak harus mengoptimalkan peraturan mengenai lingkungan yang biasa disebut dengan manajemen lingkungan.

Manajemen lingkungan adalah aspek-aspek dari keseluruhan fungsi manajemen (termasuk perencanaan) yang menentukan dan membawa pada implementasi kebijakan lingkungan (BBS 7750, dalam ISO 14001 oleh Sturm, 1998). Pengertian lainnya yaitu Manajemen Lingkungan adalah suatu kerangka kerja yang dapat diintegrasikan ke dalam proses-proses bisnis yang ada untuk mengenal, mengukur, mengelola dan mengontrol dampak-dampak lingkungan secara efektif, dan oleh karenanya merupakan risiko-risiko lingkungan.

Untuk lebih memperjelas mengenai manajemen lingkungan, sebaiknya pembaca memahami isi dalam makalah ini agar lebih memudahakn para pembaca dalam menangani masalah lingkungan yang terjadi di Indonesia pada umumnya dan yang terjadi di lingkungan sehari-hari.

Terimakasih.

HILMAN DWI JULIAWAN.
Z016-HILMAN

Unknown mengatakan...

Perusahaan yang telah menggunakan sistem manajemen lingkungan adalah langkah yang positif. Dengan itu perusahaan telah memilih langkah yang peduli atas kelestarian lingkungannya. ISO 14000 menurut saya standarisasi yang bagus karena bersifat tidak memaksa. Namun alangkah lebih baik jika itu menjadi keharusan pada setian perusahaan. Karena industri yang bersekala kecil maupun besar mungkin menghasilkan zat yang berbahaya seperti B3. Diharapkan beberapa waktu yang akan mendatang semua industri yang bersekala kecil maupun besar telah menerapkan sistem ini. Selain menambah nilai positif bagi perusahaan, itu juga dapat memberikan dampak yang luar biasa pada lingkungan. Karena limbah yang dihasilkan tidak berbahaya lagi bagi lingkungan. Sehingga ekosistem yang terdapat di sekitar industri tidak mengalami kerusakan.
Bangun rasa cinta lingkungan kita untuk masa depan yang indah…

Z034-SUSANTO

Unknown mengatakan...

Menejemen lingkungan adalah suatu proses atau sebuah usaha untuk membuat kualitas lingkungan menjadi lebih baik dan diperlukan dan harus dilakukan secara kontinu oleh lembaga independen terhadap perusahaan yang sudah bersertifikat ISO 14000 untuk memastikan bahwa perusahaan tersebut menjalankan sistem manajemen lingkungan dengan baik.
ISO 14000 juga termasuk ke dalam sebuah tujuan yang cukup baik karna sifatnya yang tidak memaksakan setiap perusahaan yang mau ataupun tidak mau mengikuti untuk menerapkannya.
Muhammad Reza Wahyu.A.
Y008-ABADI

Unknown mengatakan...

Ternyata perhatian terhadap lingkungan dapat memiliki pengaruh positif dan negatif yang cukup luas pada perusahaan dalam mencapai tujuan dan sasarannya. Sistem manajemen lingkungan dimaksudkan untuk meresmikan prosedur untuk mengelola dan mengurangi dampak lingkungan. perusahaan-perusahaan konstruksi harus mulai bekerja untuk menerapkan sistem manajemen lingkungan yang lebih lengkap. Sistem ini digunakan untuk mengatasi dampak organisasi di bawah lingkungan. Organisasi menerapkan sistem tersebut untuk menjaga kepatuhan terhadap peraturan lingkungan, biaya lingkungan yang lebih rendah, mengurangi risiko, melatih karyawan, mengembangkan indikator dampak, dan meningkatkan kinerja lingkungan.

Ravinaldy
Z009

catur setyo mengatakan...

ISO 14000 ini menurut saya merupakan sebuah standarisasi yang baik karena sifatnya yang tidak memaksa. Setiap perusahaan boleh menerapkannya atau pun tidak menerapkanya. Dengan menerapkan standarisasi ini pada perusahaan, akan memberikan sebuah citra yang positif di mata masyarakat. Masyarakan akan memandang bahwa perusahan yang ber-ISO 14000 adalah perusahaan yang ramah lingkungan.

Z033-Catur

aa mengatakan...

Ilmu Sistem manajemen lingkungan hadir demi terselenggaranya minimalisir dampak lingkungan daripada kegiatan manusia di kesehariannya, terutama kegiatan perindustrian.

Beribicara mengenai ISO 14000. aturan baku yang cukup memberi pekerjaan rumah bagi pengusaha industri ini, bukannya ditolak dan diacuhkan, melainkan diterima dengan baik dan para pengusaha berbondong-bondong untuk mencapai ISO 14000 ini. Sebab nyatanya dengan pola kerja industri yang sesuai standard, konsumen-pun turut menilai dan cenderung menyukai produk dari perusahaan yang terintegrasi sistem produksinya.

Wismoyo Aris M mengatakan...

Sistem manajemen lingkungan merupakan program yang harus diterapkan oleh setiap pemilik usaha atau perusahaan dalam bidang apapun sebagai jaminan bahwa usaha yang dijalankan tidak akan mendatangkan potensi merusak bagi lingkungan dalam operasinya. Agar setiap perusahaan atau usaha memiliki standar yang sama dalam hal menjalankan sistem operasional dengan standar ramah lingkungan, sistem manajemen lingkungan yang diterapkan masing-masing perusahaan harus berdasarkan standar resmi internasional yaitu ISO 14001. Standar ini wajib dituruti oleh berbagai perusahaan serta bidang usaha di seluruh dunia dalam hal operasi standar mereka dan yang melanggar akan menghadapi sanksi formal. Pemberlakuan prinsip-prinsip ISO 14001 berdasar pada pengertian lingkungan sebagai area di sekeliling wilayah operasi perusahaan atau organisasi yang mencakup berbagai faktor seperti air, tanah, udara, habitat makhluk hidup serta masyarakat sekitar. Penerapan prinsip-prinsip manajemen lingkungan secara optimal harus mencakup semua area ini bila ingin dianggap sebagai perusahaan yang terpercaya dan beretika.

Z032-ARIS

Subha Ariya Sena mengatakan...

management lingkungan menurut saya, adalah sangat penting , management lingkungan diperlukan untuk menjaga, baik itu menjaga kelestarian dan kesimbangna antra alam dengan berbagai aktifitas mausia yang mengakibatkan terjadinya dampak yang merugikan, management ini dapat dimanfaatkan sebagai tolok ukur keadaan lingkungan yang ada disekitar kita.