Minggu, 18 Oktober 2015

PolusiUdara

Udara adalah suatu campuran gas yang terdapat pada lapisan yang mengelilingi bumi.Komposis campuran gas tersebut tidak selalu konsistan. Komponen yang konsentrasinya selalu bervariasi adalah air dalam bentuk uap H2O dan karbon dioksida (CO2). Jumlah uap air yang terdapat di udara bervariasi tergantung dari cuaca dan suhu.


Selanjutnya silahkan buka Modul 12 Polusi Udara, baca dengan teliti dan simak dengan baik, berikan komentar Anda di kolom yang ada di bawah ini (sertakan nama dan kode tugas):

58 komentar:

Surya Dwiatmaja mengatakan...

Udara adalah kebutuhan pokok manusia yang sangat penting. Tanpa menghirup udara, organ-organ dalam tubuh kita tidak dapat berfungsi dengan baik. Saat kita mengihirup udara, maka organ paru-paru akan memisahkan oksigen dari udara dan mengalirkannya ke seluruh organ tubuh melalui darah. Kemudian karbon dioksida dan gas-gas lain akan dikeluarkan kembali melalui hidung. Saat kita bernafas, kita tidak bisa memilih udara mana yang mau kita hirup. Karena udara merupakan suatu kesatuan yang terdiri dari berbagai zat, baik itu zat yang baik ataupun zat yang buruk bagi kesehatan tubuh kita.
Kualitas udara di lingkungan kita, khususnya di lingkungan perkotaan dan daerah industri semakin memburuk dari hari ke hari. Kandungan zat-zat berbahaya seperti CO, SOx, NOx, HC dan partikel semakin tinggi. Sehingga saat kita bernafas di lingkungan udara yang buruk tersebut, zat-zat berbahaya diatas juga akan ikut masuk ke tubuh kita, mengendap di paru-paru dan terdistribusi oleh darah ke seluruh organ tubuh kita.
Menigkatnya zat-zat berbahaya di udara disebabkan baik oleh faktor alam maupun faktor manusia. Faktor alam yang mempengaruhi meningkatnya polusi udara adalah aktifitas vulkanologi gunung berapi, angin yang membawa zat-zat berbahaya ke udara, pembusukan sampah alami dll. Sedangkan faktor manusia adalah dari limbah kegiatan industri dan gas buang kendaraan dalam sektor transportasi. Bahkan kegiatan pengolahan limbah pun menghasilkan polutan udara.
Organisasi-organisasi dunia yang concern terhadap kesehatan seperti WHO, UNEP dan GEMS-Air telah melakukan berbagai upaya untuk menekan polusi udara seperti melakukan survei tingkat pencemaran udara di kota-kota besar, memasang indikator kualitas udara, memberikan penyuluhan kepada dunia industri dalam mengelola limbah buangnya terutama yang dalam bentuk gas, dll. Pencemaran udara paling buruk terjadi di kota- besar dengan tingkat mobilisasi yang tinggi. Jumlah penduduk di kota-kota besar tersebut relatif lebih besar dibandingkan kota-kota kecil lain dengan tingkat polusi udara yang lebih rendah. Ditambah lagi setiap tahunnya terjadi peningkatan jumlah penduduk yang tinggi di kota-kota besar tersebut sehingga setiap tahunnya jumlah manusia yang menghirup udara tercemar semakin bertambah.
Memang peningkatan polusi udara ini adalah konsekuensi dari meningkatanya aktifitas manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Hal ini tidak dapat dihindari. Karena sampai saat ini belum ditemukan energi yang ramah lingkungan yang bisa memenuhi kebutuhan manusia yang begitu besar dengan biaya operasional yang terjangau.
Sekian komentar saya. Terima kasih.

SURYA DWIATMAJA
Z007-SURYA

Unknown mengatakan...

Polusi udara adalah suatu kondisi dimana udara tercemari oleh bahan kimia, zat/partikel dan bahan biologis lain yang bisa membahayakan kesehatan dan makhluk hidup serta organisme lainnya. Polusi udara bisa mengakibatkan rusaknya lapisan atmosfer dan tercemarinya oksigen yang dibutuhkan oleh manusia.
Maka sebaiknya udara kita jaga dengan baik karna kalau tidak udara akan menjadi tercemara dan bisa jadi generasi kta tidak dapat menikmatkan udara yang bersih.

ivan pratama syawal
Z020-IVAN

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum Pak

Menanggapi mdodul 12 mengenai polusi udara menurut sudut pandang saya, Seiring dengan semakin meningkatnya populasi manusia dan bertambah banyaknya
kebutuhan manusia, mengakibatkan semakin besar pula terjadinya masalah-masalah pencemaran lingkungan. Pada dasarnya, secara alamiah, alam mampu mendaur ulang berbagai jenis limbah yang dihasilkan oleh makhluk
hidup, namun bila konsentrasi limbah yang dihasilkan sudah tak sebanding lagi dengan laju proses daur ulang maka akan terjadi pencemaran. Proses alami bumi dalam menanggulangi dampak pencemaran adalah adanya pohon-pohon yang menagkap gas-gas CO2 yang dlepaskan ke udara dan diubah menjadi O2 yang digunkan manusia untuk proses respirasi. Di Indonesia sekarang ini kurang lebih 70% pencemaran udara di sebabkan emisi kendaraan bermotor, kendaraan bermotor mengeluarkan zat-zat berbahaya yang dapat menimbulkan dampak negative, baik terhadap kesehatan manusia maupun terhadap lingkungan, seperti timbal/timah hitam (Pb). Kendaraan bermotor menyumbang hampir 100% timbal. Yang dapat menyebabakan terganggunya aktifitas manusia dalam bekerja dan juga mengerjakan apa yang seharusnya dilakukan. Indonesia sebaiknya dapat mengubah gaya hidup yang ramah lingkungan, salah satunya adalah dengan memakai kendaraan yang tidak menghasilkan polutan, misalnya dengan beralih menggunakan transportasi sepeda seperti yang sudah diterapkan di negara-negara maju.

Terimakasih.
DINI SYARAH-Z024

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum wr,wb
Menanggapi tentang polusi udara kali ini saya akan berkomentar tentang banyaknya penyebab polusi udara itu sendiri. Mulai dari kendaraan bermotor yang sudah tidak layak pakai / kendaraan tua yang menimbulkan banyak polusi, industri yang kurang memperhatikan pembuangan asapnya sehingga menimbulkan dampak polusi udara. Dan pembakaran hutan seperti yang terjadi di riau beberapa bulan lalu yang sangat memperhatikan. Pada dasarnya manusia tau dampak dari polusi udara itu sendiri sanagat kurang baik buat kesehatan tapi masih banyak yang tak peduli. Dan alam / lingkungan mampu untuk mengurangi polusi udara tapi polusi yang yang riang, di zaman modern ini sudah banyak polusi yang terjadi terutama di kota-kota besar yang sudah padat penduduk dan kendaraan bermotor yang menimbulkan emisi gas buangan.
Sekian komentar saya tentang polusi udara,
Wassalamualaikum wr,wb

Z029-BURHAN

Unknown mengatakan...

polusi udara yang terjadi banyak dakibatkan oleh aktifitas manusia, aktifitas manusia seperti membakar sampah, menggunakan kendaraan bermotor, memasak, itu semua mengakibatkan pencemaran udara. jadi perlunya kesadaran dari tiap masyarakat untuk dapat mengurangi aktifitas yang menyebabkan udara tercemar.

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Polusi udara yang terjadi di lingkungan perkotaan maupun lingkungan industri semakin buruk,apa yang terjadi di sekitar kita seolah-olah tidak terjadi apa apa.Banyak orang tidak peduli dengan kondisi pencemaran udara yang kian memburuk dan akan mengakibat dampak menurunnya kualitas udara bersih yang paling di butuhkan dalam kehidupan manusia.Untuk itu perlu kita jaga dan pelihara lingkungan udara sekitar agar tetap bersih dan jauh dari pencemaran.

Z006-Rahma Karina

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum Pak..

Saya ingin menanggapi isi modul 12 tentang pencemaran udara yang terjadi dikota besar. Karena sekarang ini banyak kota kota besar mengalami pencemaran lingkungan khususnya pencemaran udara. Di kota kota negara yang sedsng berkembang mereka tidak ada pengontrol yang dapat mengakibatkan tingginya tingkat polusi udara. Kualitas udaranya pun lebih buruk di kota kota yang sedang berkembang.
Masalah pencemaran udara di kota kota besar sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor yaitu: tofografi, kependudukan, iklim dan cuaca, serta angka perkembangan sosio ekonomi dan industrialisasi.
Zat zat pencemar udara yang paling sring kita jumpai dan banyak dari kita tidak tahu yaitu: SO2,NO DAN NO2, CO, O3, SPM, dan Pb. SO2 berperan dalam terjadinya hujan asam dan pulusi parikel sulfat aerosol. Selain itu ada beberapa faktor bahan bahan kimia yang menjadi sumber polusi udara yang disebabkan oleh: pembkaran sampah, pabrik-pabrik pengolah limbah, proses-proses indusri dan manufaktur, dry cleaning, bahn bangunan dan kendaraan bermotor.
Dampak buruk dari polusi udara yang dapat merugikan bagi kesehatan antara lain: dapat menghambat sistem pembenukan Hb dalam darah merah, sumsum tulang belakng, merusak fungsi hati dan ginjal dan menyebabkan rusaknya fungsi saraf.
DI Indonesia sebaiknya dapat mengubah gaya hidup yang ramah lingkungan, salah satunya adalah dengan memakai kendaraan yang ramah lingkungan, misalnya dengan beralih menggunakan transportasi masal dan pemerintah harus pemperbaiki sistem transportasi masal agar seluruh rakyat dapat beralih menggunakan transporasi masal seperti yang sudah diterapkan di negara-negara maju.

TERIMA KASIH
IRFAN ARLIANSYAH-ZOO1




sanuri-industri27.blogspot.com mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
sanuri-industri27.blogspot.com mengatakan...

Assalamualaikum pak,
Pencemaran udara terjadi karena adanya penambahan partikel polutan pada udara yang kita hirup sehingga berdampak pada kesehatan kita. Upaya untuk menanggulangi bahaya polusi udara dengan melakukan berbagai macam kajian dan penerapan teknologi seperti penggunaan bahan bakar dan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan, melakukan reboisasi dan memperbanyak taman-taman kota yang berfungsi sebagai paru-paru kota.
Memang tidak bisa dipungkiri pengaruh industri dan jumlah penduduk serta penggunaan kendaraan bermotor yang meningkat pesat menjadi penyebab semakin tingginya tingkat polusi udara. menjadi tanggung jawab kita bersama untuk lebih peduli dalam upaya menanggulangi dampak yang ditimbulkan akibat pencemaran udara yang semakin hari semakin meningkat.
Demikian dari saya.
Wassalamualaikum,

Z025-Sanuri

Unknown mengatakan...

Menanggapi modul 12 tentang polusi udara ,
Udara adalah salah satu kebutuhan pokok manusia, menghirup udara penting bagi organ-organ dalam tubuh sehingga berfungsi dengan baik. Tetapi saat ini polusi udara sudah sangat memperihatinkan bagi kesehatan manusia , saat kita bernafas, kita tidak bisa memilih udara mana yang mau kita hirup. Karena udara merupakan suatu kesatuan yang terdiri dari berbagai zat, zat baik atau buruk seperti Kandungan zat-zat berbahaya seperti CO, SOx, NOx, HC dan partikel semakin tinggi. Zat inilah yang merusak kesehatan manusia .
Menigkatnya zat-zat berbahaya di udara disebabkan baik oleh faktor alam maupun faktor manusia. Faktor alam adalah aktifitas vulkanologi gunung berapi, angin yang membawa zat-zat berbahaya ke udara, pembusukan sampah alami dll. Sedangkan faktor manusia adalah dari limbah kegiatan industri dan gas buang kendaraan dalam sektor transportasi. Bahkan kegiatan pengolahan limbah pun menghasilkan polutan udara.
Untuk mengurangi/mengurangi polusi udara kita bisa melakukan berbagai macam cara yang harus dilakukan , dari diri sendiri berbagai kelompok/golongan , seperti pemerintah,masyarakat, lembaga , organisasi ataupun industri dll . demi keselamatan kebutuhan manusia
Sekian dari saya
Ashim asy’ari
Z014-Ashim

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Polusi udara saat ini memang tengah menjadi wacana yang ramai dibicarakan. Seiring bertambahnya jumlah orang yang menggunakan kendaraan bermotor, membuat lingkungan semakin dipenuhi dengan udara-udara yang tidak sehat. Belum lagi berdirinya pabrik-pabrik besar yang cenderung mengabaikan faktor pencemaran udara dan banyaknya masyarakat yang merokok, semakin menambah jumlah polusi udara di lingkungan kita.

Z015-Dwi

YULIANI MADIKAWATI mengatakan...

Saat ini, sangat lah sulit untuk mendapatkan udara yang bersih. ini diakibatkan oleh pecemaran udara yang semakin meningkat. Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik, kimia, atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan, mengganggu estetika dan kenyamanan, atau merusak properti.Oleh karna itu, untuk tetap menjaga udara sekitar kita yang bersih sampai anak cucu kita nanti, kita harus terus melestarikan lingkungan dan mengurangi pencemaran udara.

y002-yuliani

Andri Liyancen T mengatakan...

Emisi gas buang
adalah sisa hasil pembakaran bahan bakar di dalam mesin pembakaran dalam, mesin pembakaran luar, mesin jet yang dikeluarkan melalui system pembuangan mesin.
kondisi kota-kota besar di indonesia yang sudah tercemar dan akan terus semakin parah bila kita tidak mau peduli dari ancaman tersebut hal tersebut belum cukup menyadarkan manusia bahwa lingkunganya tidak seramah dulu lagi dan jakarta adalah urutan ketiga kota tercemar di dunia. penyuplai pencemaran tersebut terbesar(70-80%)adalah gas buang dari segala jenis dan model yang digunakan masyarakat.

Andri Liyancen T
Z031-Andri

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaykum, selamat siang, pak.
Menanggapi modul 12 tentang polusi udara, menurut saya sebagai warga kota besar sangat terasa perbedaan kualitas udara kota dengan udara pedesaan. Debu, emisi gas kendaraan bermotor, limbah udara pabrik, ditambah dengan udara dan angin kering sangat mengganggu pernafasan. Kita perlu memakai masker jika tidak mau terpapar udara kotor secara langsung. Tapi tidak begitu jika kita di desa. Pohon banyak ditebang untuk kepentingan pribadi, tanah banyak dibeton dengan alasan supaya tidak becek ketika hujan, dan lain-lain. Saya pribadi merasa pelajaran IPA yang sejak dulu dipelajari tidak membuat kita sadar dewasa ini. Kita tahu alam memiliki daya healing-self, karbon yang kita lepaskan dapat ditangkap oleh tumbuhan dan mengkonversinya menjadi oksigen yang kemudian akan kita butuhkan kembali. Tapi begitu banyak faktor yang membuat udara tercemar tidak sepadan dengan jumlah pepohonan di daerah perkotaan. Sangat disayangkan betapa manusia secara serakah menganiaya tumbuhan dengan pembangunan ilegal, penjualan lahan dengan harga tinggi kepada pemerintah untuk dilakukan penghijauan, pembuangan limbah yang menghasilkan berton-ton gas metana. Padahal efeknya seperti bumerang yang akan menyerang diri kita sendiri.

Andiny Arifin
Z021-ANDINI

Unknown mengatakan...

polusi udara adalah masalah paling utama dan selalu terkait dengan manusia. Manusia menjadi penyebab utama dan terbesar terjadinya pencemaran udara.manusia pula yang merasakan dampak terburuk dari terjadinya pencemaran udara.terutama pada daerah kota kota besar.
dimana banyaknya kendaraan bermotor membuang sisa gas emisinya,ditambah lagi banyaknya industri yang membuang sisa" pembakarannya,
sudah seharusnya kita selalu memelihara kebersihan udara ini walaupun mungkin sudah parah.
salah 1 langkah sederhana adalah mengurangi pemakaian kendaraan pribadi,

Unknown mengatakan...

selamat malam kesadaran sosial tentang polusi udara adalah langkah penting yang harus diambil untuk mencegahpolusi udara.program kesaaran akan lingkungan harus didorong,sehingga setiap orang memahami potensi bahaya memahami dari pulusi bagi kesehatan.peningkatan fasilitas transportasi dan penggunaan yang tepat sama-sama untuk mengendalikan polusi udara.
anjar malik z019

Agis Priyanto mengatakan...

Ketika kita bicara soal udara, maka yang paling utama bagi diri kita itu adalah bernafas. Anggap saja ketika kita bernafas didalam air keruh, pasti akan kesulitan, dan sebaliknya, ketika kita bernafas didalam air yang jernih, maka bernafas kitapun akan baik baik saja.
Sama seperti halnya ketika kita bernafas di hutan dan dibandingkan dengan di perkotaan pasti proses dan hasilnya berbeda. Maka, disarankan ketika anda berada diperjalanan kota pakailah penutup mulut (masker) agar terhindar dari polusi dan terhindar dari infeksi pernafasan yang disebabkan oleh berupa rupa asap yang datangnya dari mana saja, seperti kendaraan, pabrik, dan lain sebagainya.
Pohon sebagai penyedia oksigen sekaligus membuat udara sejuk kini sudah jarang ada diperkotaan. pembangunan infrastruktur membuat si hijau ini kemudian mulai sedikit.
Reboisasi dan bijaksana dalam pembangunan akan mengembalikan alam ke sedia kala.

Sekian, terima kasih
Agis Priyanto
Z023-AGIS

nana_kuul mengatakan...


Udara yang diharapkan bersih, nyaman dan sehat untuk dihirup justru malah terkotori oleh asap-asap yang penuh dengan racun. Apalagi jika ada kebakaran hutan yang sebabnya karena kelalaian atau kesengajaan seseorang membuang puntung rokok sembarangan, seperti yang kita lihat beberapa hari yang lalu di daerah luar jawa yang berbulan-bulan asap dari kebakaran hutan terus menjadi momok bagi masyarakat.

Z018-ERNA

nova mengatakan...

polusi udara sangat membahayakan bagi kesehatan manusia apalagi dalan segi hal Asap rokok yang mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb.
Seseorang yang mencoba merokok biasanya akan ketagihan karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas
trimakasih

Z011NOVA

Unknown mengatakan...

Menurut pandangan saya, polusi udara yang ada sekarang telah berada dalam kadar yang cukup berbahaya. Kemajuan teknologi tidak di imbangi dengan kemajuan individu dalam hal menjaga lingkungan, kemajuan teknologi sekarang ini hanya memperhatikan dampaknya bagi kenyamanan penggunanya saja yaitu manusia namun tidak memperhatikan dampak yang ditimbulkannya bagi lingkungan sekitar yang merupakan tempat hidup bagi kita sendiri. Hampir setiap orang tidak peduli dengan apa yang dihasilkan dari kegiatan mereka setiaap harinya, misalnya asap kendaraan yang merupakan salah satu penyumbang polusi udara yang cukup berbahaya. Hampir setiap orang menggunakan kendaraan setiap saat, namun mereka tidak memperhatikan dampak yang ditumbulkannya bagi lingkungan. Jadi marilah kita bersama-sama menjaga lingkungan terutama udara yang setiap hari kita hirup, karena bila udara sekitar kita sehat dan segar kita sendiri yang akan merasakan kenyamanannya.

Sekian Komentar Dari Saya. . .


Soleh Hakim Ansori
Y011-SOLEH

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Saat ini polusi udara/ pencemaran udara memang sudah sangat dirasakan. Bahkan wilayah yang terkena polusi udara pun juga semakin meluas. Kabar yang baru baru ini terjadi adalah pencemaran udara akibat terbakarnya hutan di wilayah Riau yang menyebabkan pencemaran udara terparah. Karena memang kondisi pada saat itu kabut asap tidak hilang sampai berhari-hari. Padahal hutan adalah paru-paru bumi. Jika wilayah hutan kini semakin seidkit bahkan hampir habis, maka bumi tidak lagi memiliki paru paru bumi. Saat ini untuk memenuhi kebutuhan air di beberapa daerah saja perlu membeli, apakah nanti oksigen untuk kebutuhan bernapas sehari-hari juga akan diperjual belikan karena langka? naudzubillahimindzalik jangan sampai yaaa. Maka dari itu kita sebagai penghuni bumi harus melastarikan bumi kita, toh ini juga untuk hidup kita sendiri. cobalah peka terhadap lingkungan dan melakukkan perbaikkan dari hal-hal kecil sepeti menananm tanaman disekitar rumah, tidak membakar sampah plastik, dan mengurangi sampah plastik sebaiknya lakukan daur ulang, mengurangi pemakaian kendaran bermotor, jika perjalanan dekat sebaiknya menggunakkan sepeda atau jalan kaki, hitung-hitung olahraga, dan hal-hal kecil lainnya.

Junitadahra
Y007-JUNI

Unknown mengatakan...

Polusi udara pada saat ini sudah menjadi hal yang harus diperhitungkan oleh setiap orang melihat sudah sedikitnya udara bersih. Kendaraan bermotor, asap rokok, serta pabrik-pabrik industri yang mengabaikan pencemaran udara tanpa memikirkan dampaknya. Di Indonesia sendiri pada saat ini kurang lebih 70% pencemaran udara di sebabkan emisi gas buang kendaraan bermotor mengeluarkan zat-zat berbahaya seperti timbal/timah hitam(pb). memang kita harus memanfaatkan teknologi yang sudah diciptakan tetapi harus diimbangi dengan kesadaraan kita semua untuk menjaga lingkungan agar tetap sehat, seperti menanam pohon dan mengurangi pemakaian kendaraan bermotor. Karena sampai saat ini kesadaran kita sangat kurang untuk menjaga lingkungan. Akibatnya banyak diantara kita terserang penyakit akibat buruknya kondisi udara. jadi tingkatkanlah kesadaran kita semua demi terciptanya kondisi udara yang sehat.

ARDHIKA NUGRAHA
Y025-ARDHIKA

Radeon mengatakan...

Udara adalah salah satu kebutuhan pokok manusia, menghirup udara penting bagi organ-organ dalam tubuh sehingga berfungsi dengan baik. Tetapi saat ini polusi udara sudah sangat memperihatinkan bagi kesehatan manusia , saat kita bernafas, kita tidak bisa memilih udara mana yang mau kita hirup. Hampir setiap orang tidak peduli dengan apa yang dihasilkan dari kegiatan mereka setiaap harinya, misalnya asap kendaraan yang merupakan salah satu penyumbang polusi udara yang cukup berbahaya. Hampir setiap orang menggunakan kendaraan setiap saat, namun mereka tidak memperhatikan dampak yang ditumbulkannya bagi lingkungan. Indonesia sebaiknya dapat mengubah gaya hidup yang ramah lingkungan, salah satunya adalah dengan memakai kendaraan yang tidak menghasilkan polutan, misalnya dengan beralih menggunakan transportasi sepeda seperti yang sudah diterapkan di negara-negara maju.

YOGA CAHYA KURNIAWAN
Y013-YOGA

mala mengatakan...

Udara saat ini sudah sangat memprihatinkan sekali. Pencemaran udara ada dimana-mana. Pencemaran udara adalah suatu kondisi di mana kualitas udara menjadi rusak dan terkontaminasi oleh zat-zat, baik yang tidak berbahaya maupun yang membahayakan kesehatan tubuh manusia. Pencemaran udara biasanya terjadi di kota-kota besar dan juga daerah padat industri yang menghasilkan gas-gas yang mengandung zat di atas batas kewajaran. Rusaknya ata semakin sempitnya lahan hijau atau pepohonan di suatu daerah juga dapat memperburuk kualitas udara di tempat tersebut. Semakin banyak kendaraan bermotor dan alat-alat industri yang mengeluarkan gas yang mencemarkan lingkungan akan semakin parah pula pencemaran udara yang terjadi. Untuk itu diperlukan peran serta pemerintah, pengusaha dan masyarakat untuk dapat menyelesaikan permasalahan pencemaran udara yang terjadi.

Aam Komalaasari
Y023-AAM

Unknown mengatakan...

Bahwa pencemaran udara selain disebabkan oleh faktor alam, pencemaran udara lebih banyak disebabkan oleh manusia, misalnya dari kendaraan bermotor, kegiatan industri. Selain dapat membahayakan lingkungan, pencemaran udara juga dapat membahayakan kesehatan manusia.
Untuk mencegah terjadinya pencemaran udara yang lebih lanjut hendaknya kita semua ikut menjaga kebersihan udara dan meminimalkan pencemaran udara, misalnya tidak memakai kendaraan bermotor yang sudah tua, tidak membuang gas yang berbahaya secara sembarangan terutama bagi kegiatan industri, dan lain sebagainya agar kebersihan udara tetap terjaga.


Beny Dwiyantoro
Y021-BENY

Unknown mengatakan...

Polusi udara merupakan pencemaran udara, polusi udara berdampak kerusakan pada lingkungan, makhluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan. Penyebab dari polusi udara adalah berasal dari asap kendaraan, asap pabrik, pembakaran hutan yang tidak sempurna. apabila kita menghirup udara kotor akan mengakibatkan berbagai penyakit, seperti sesak nafas. Kemudian tingkat polusi udara di perkotaan sangatlah tinggi, di perkotaan sudah sedikit menghirup udara yang segar. Bahkan, di luar perkotaan pun hampir serupa namun di luar perkotaan masih terdapat penghijauan sehingga masih bisa teratasi sedikit masalah ini. Menurut saya, plusi udara bisa dicegah atau solusinya adalah melakukan penghijauan di sepanjang jalan, merawat kendaraan dengan baik, menjaga udara agar tidak terjadi pencemaran.

Sarah Fachira
Y016-SARAH

Unknown mengatakan...

Menurut pandangan saya, polusi udara yang ada sekarang telah berada dalam kadar yang cukup berbahaya.Debu, emisi gas kendaraan bermotor, limbah udara pabrik, ditambah dengan udara dan angin kering sangat mengganggu pernafasan. Kita perlu memakai masker jika tidak mau terpapar udara kotor secara langsung.Kendaraan bermotor menyumbang hampir 100% timbal. Yang dapat menyebabakan terganggunya aktifitas manusia dalam bekerja dan juga mengerjakan apa yang seharusnya dilakukan. Indonesia sebaiknya dapat mengubah gaya hidup yang ramah lingkungan, salah satunya adalah dengan memakai kendaraan yang tidak menghasilkan polutan, misalnya dengan beralih menggunakan transportasi sepeda seperti yang sudah diterapkan di negara-negara maju.

Aris Apriadi
Y027- ARIS

Afifah Putri Nadiyah mengatakan...

Menurut pendapat saya, kondisi udara saat ini sudah sangat buruk. Udara saat ini sudah tidak sebersih dulu, inilah yang dinamakan polusi udara.Mengapa hal itu terjadi? Manusia tidak memikirkan dampak yang akan terjadi untuk kondisi udara di lingkungan. Mereka tidak memperhitungkan jumlah emisi yang akan dibuang ke lingkungan. Maka dari itu perilaku tsb yang membuat polusi udara terjadi. Bila sudah begini kesadaran manusia itu sendiri yang seharusnya diterapkan agar tidak terjadi polusi udara secara terus menerus.

AFIFAH PUTRI NADIYAH
Y-028-AFIFAH

Unknown mengatakan...

Menurut saya udara yang kita hirup saat ini tidak lah lagi sehat. Kualitasnya sudah buruk. Polusi udara ditakutkan dapat menghambat atau mengganggu tumbuh kembang anak-anak, bahkan sebuah berita yang pernah saya baca menyebutkan kalau Jakarta tidak lah lagi layak bagi anak-anak dari segi udaranya. Polusi udara di kota Jakarta ini berasal dari banyak sumber. Kendaraan bermotor utamanya, pedagang sate, pembakaran sampah, dan lain sebagainya. Bicara tentang kendaraan bermotor, sudah ada perubahan yang dilakukan pemerintah, dengan mengganti bahan bakar bajaj dan beberapa armada angkot dan taksi serta busway dari BBM ke BBG. Bahan Bakar Gas ini dinilai mampu untuk menolong kekritisan ini karena dinilai lebih ramah lingkungan. Meski penggunaannya sekarang baru sebatas di angkutan umum saja. Ini yang mesti digalakkan oleh pemerintah lagi dengan mengadopsikan BBG ke kendaraan pribadi yang jumlahnya berpuluh kali lipat dibandingkan angkutan umum. Karena lingkungan adalah tanggung jawab bersama, jadi masyarakat pun harus lebih peka dan proaktif terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah yang pro lingkungan. Terutama dalam hal ini menanggulangi polusi udara.

Sekian dan terima kasih.
Y017-ANNISA
ANNISA HIDAYATI POERWANTO

Unknown mengatakan...

Polusi udara yang ada sekarang telah dalam keadaan memprihatinkan. Polusi udara berdampak kerusakan pada lingkungan, makhluk hidup seperti manusia,hewan dan tumbuhan. Penyebab dari polusi udara berasa dari asap pabrik, asap motor dan pembakaran hutan. Apabila kita menghirup udara kotor akan mengakibatkan penyakiy sesak nafas. memang kita harus menjaga lingkungan agar tetep sehar seperti menanam pohon dan mengurangin kendaraan bermotor

Galih Bagas
Y022-GALIH

fadelhasanzein.bloggspot.com mengatakan...

Menurut pendapat saya polusi udara tersebut di sebabkan oleh manusia sendiri contohnya asap rokok yang sembarang tempat kita membakarnya,Menigkatnya zat-zat berbahaya di udara disebabkan baik oleh faktor alam maupun faktor manusia. Faktor alam adalah aktifitas vulkanologi gunung berapi, angin yang membawa zat-zat berbahaya ke udara, pembusukan sampah alami dll. Sedangkan faktor manusia adalah dari limbah kegiatan industri dan gas buang kendaraan dalam sektor transportasi. Bahkan kegiatan pengolahan limbah pun menghasilkan polutan udara.
Untuk mengurangi/mengurangi polusi udara kita bisa melakukan berbagai macam cara yang harus dilakukan , dari diri sendiri berbagai kelompok/golongan , seperti pemerintah,masyarakat, lembaga ,menggunakan bahan bakar surya organisasi ataupun industri dll . demi keselamatan kebutuhan manusia

Unknown mengatakan...

setala saya baca tentang modul 12 saat ini polusi udara/ pencemaran udara memang sudah sangat dirasakan. Bahkan wilayah yang terkena polusi udara pun juga semakin meluas. Kabar yang baru baru ini terjadi adalah pencemaran udara akibat terbakarnya hutan di wilayah Riau yang menyebabkan pencemaran udara terparah. Karena memang kondisi pada saat itu kabut asap tidak hilang sampai berhari-hari. Padahal hutan adalah paru-paru bumi.Untuk mencegah terjadinya pencemaran udara yang lebih lanjut hendaknya kita semua ikut menjaga kebersihan udara dan meminimalkan pencemaran udara, misalnya tidak memakai kendaraan bermotor yang sudah tua, tidak membuang gas yang berbahaya secara sembarangan terutama bagi kegiatan industri, dan lain sebagainya agar kebersihan udara tetap terjaga.

AKRAM
Y006-AKRAM

Unknown mengatakan...

Menurut pendapat saya setelah membaca modul 12. Bahawa udara itu sangat penting bagi makhluk di bumi. Karena tanpa udara kita semua tidak bisa hidup di bumi ini. Dan menurut riset tingkat udara bersih di bumi sekarang sudah menurun. Untuk itu mari kita jaga kelestarian udara bersih



Septian Eka Kusmawardani
Y024-SEPTIAN

Prima Intania mengatakan...

menurut pendapat saya tentang polusi udara.setelah saya membaca modul 12 bahwa udara itu sangat penting bagi makhluk di bumi.dan contohnya adalah manusia sendiri merokok sembarangan,buang sampah sembarangan dll.untuk itu mari kita jaga kelestarian udara yang ada di bumi


PRIMA INTANIA YOLANDA
Y010-PRIMA

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Polusi udara adalah suatu kondisi dimana udara yang sudah tercemar oleh zat kimia yang berbahaya akibat aktifitas manusia. Polusi udara juga dapat menyebabkan rusaknya lapisan atmosfer dan tercemarnya oksigen yang di butuhkan manusia. Polusi udara berbahaya karena mengandung partikel-partikel kecil yang berterbangan seingga dapat di hirup manusia dan mengendap di dalam paru-paru. Jika itu mengendap di paru-paru dalam jumlah banyak akan menimbulkan suatu penyakit berbahaya bahkan sampai mengakibatkan kematian.
Meskipun polusi udara adalah konsekuensi dari akibat aktifitas kebutuhan manusia, hal ini belum bisa dihindari. Karena manusia belum menemukan energi alterntif yang bisa mengurangi atau menggantikan energi yang menimbulkan polusi udara dengan energi yang ramah lingkungan tanpa mengakibatkan polusi.
Salah satu cara untuk mengurangi polusi udara hanyalah menambah lahan hijau atau hutan kota agar udara di sekitar dapat lebih bersih.

Z034-SUSANTO

Unknown mengatakan...

dari modul 12 yang telah saya baca, saya dapat menyimpulkan polusi udara pada saat ini sangat berbahaya sekali bagi tubuh apalagi bagian pernapasan, udara yang kita hirup sekarang ini bisa jadi beracun, sehingga sangat tidak baik bagi kesehatan. seharusnya pada masa sekarang ini kita harus memperdulikan udara disekitar kita dengan cara melakukan reboisasi dilingkungan sekitar karena pohon yang kita tanam dapat menyaring udara-udara kotor yang ada disekitar kita sehingga udara yang ada disekeliling kita menjadi bersih.


Rezti Miranty Syahrully
Y026-REZTY

Febrian Rizkian Hilan Mile mengatakan...

Berdasarkan modul 12 yang telah saya baca, saya dapat memahami bahwa peran polusi udara sangat membahayakan bagi lingkungan maupun kesehatan. Hampir semua polusi udara yang terjadi saat ini merupakan hasil dari perbuatan manusia itu sendiri. Udara yang kita hirup saat ini bisa jadi mengandung racun di dalamnya, yang akan membawa dampak negatif bagi tubuh kita. Mungkin manusia saat ini belum lah sadar akan pentingnya kesehatan udara, karena masih banyaknya pencemaran udara yang dilakukan oleh manusia itu sendiri. Dan bisa saja apabila terjadi terus menerus kesehatan manusia akan menurun, dan kualitas udara pun akan semakin memburuk. Untuk itulah kita berperan aktif dalam menjaga kebersihan udara, bisa dengan menanam pohon ataupun menggunakan energi alternatif lain. Jangan sampai anak cucu kita tak dapat merasakan udara yang bersih. Sekian, terima kasih.

Y005-FEBRIAN
Febrian Rizkian Hilan Mile

Unknown mengatakan...

Menurut saya tentang modul 12 ini Kualitas udara di lingkungan kita, khususnya di lingkungan perkotaan dan daerah industri semakin memburuk dari hari ke hari. Kandungan zat-zat berbahaya seperti CO, SOx, NOx, HC dan partikel semakin tinggi. Sehingga saat kita bernafas di lingkungan udara yang buruk tersebut, zat-zat berbahaya diatas juga akan ikut masuk ke tubuh kita, mengendap di paru-paru dan terdistribusi oleh darah ke seluruh organ tubuh kita.
Menigkatnya zat-zat berbahaya di udara disebabkan baik oleh faktor alam maupun faktor manusia. Faktor alam yang mempengaruhi meningkatnya polusi udara adalah aktifitas vulkanologi gunung berapi, angin yang membawa zat-zat berbahaya ke udara, pembusukan sampah alami dll. Sedangkan faktor manusia adalah dari limbah kegiatan industri dan gas buang kendaraan dalam sektor transportasi. Bahkan kegiatan pengolahan limbah pun menghasilkan polutan udara.
Organisasi-organisasi dunia yang concern terhadap kesehatan seperti WHO, UNEP dan GEMS-Air telah melakukan berbagai upaya untuk menekan polusi udara seperti melakukan survei tingkat pencemaran udara di kota-kota besar, memasang indikator kualitas udara, memberikan penyuluhan kepada dunia industri dalam mengelola limbah buangnya terutama yang dalam bentuk gas, dll.

Y030-EKO
Mochamad ALvin

Unknown mengatakan...

Menurutmodul 12 ini saya jadi tahu bahwa kualitas udara di dunia saat ini terlebih lagi di daerah perkotaan sangatlah buruk banyak kandungan berbahaya seperti CO,SOx,NOx,HC dan lain lain yang berbahay untuk kesehatan makhluk hidup khususnya manusia. banyak yang bilang go green lah dan macam macam upaya sperti car free day tapi menurut saya kurang cukup karena kesadaran manusianya sendiri masih kurang jumlah kendaraan bermotor meningkat seandainya ada peraturan yang bisa mengurangi jumlah kendaraan bermotor tiap tahunnya mungkin akan bermanfaat sedikit demi sedikit

Y020-RIFQI
Rifqi Fadhlurrahman

Unknown mengatakan...

Udara adalah suatu campuran gas yang terdaat didalam bumi. Komposisi udara tidak menentu seringkali mengalami perubahan tetapi komposisi yang didalamnya terapat uap air (H2O) dan C02, CO2 diudara yang masih asri lebih sedikit persentasenya dari pada diudara yang sudah dipadati penduduknya selain itu masih banyaknya komposisi yang didalam udara seperti Nitrogen, Oksigen, argon dan lainnya. Tetapi kini CO2 yang lebih banyak dikandung dalam udara tersebut sehingga contohnya dichina yang menyebabkan polusi udara terbesar di dunia Kadar cemarannya melebihi 500 mikrogramm partikel halus per meter kubik udara dan termasuk Top 10 Countries That Emit The Most Pollution. Sebuah studi mengungkapkan bahwa polusi udara mampu menewaskan 4.000 orang di China setiap harinya, dan menjadi salah satu faktor dari enam penyebab kematian dini di negeri yang berpopulasi terbanyak di dunia ini. Dikutip dari The Guardian, pakar Fisika di Universitas California di Berkeley, AS, mengkalkulasikan bahwa sekitar 1,6 juta orang di China meninggal setiap tahunnya akibat masalah jantung, paru-paru dan struk yang disebabkan oleh polusi udara, terutama asap partikel kecil. Studi yang dipublikasikan di jurnal PLOS One tersebut menyatakan emisi dari pembakaran batu bara yang digunakan sebagai sumber pembangkit listrik dan pemanas rumah sebagai faktor terbesar dari polusi udara

Y031-AGUSTINA
Agustina Dwiyanti

Unknown mengatakan...

dari blog ini saya mengambil kesimpulan udara adalah hal yang sangat penting bagi manusia karna udara adalah salah satu kebutuhan utama manusia ,namun polusi udara adalah sebuah pencemaran udara yang di sebabkan oleh emisi karbon gas buang yang menyebabkan kualitas sebuah udara tidak lagi bersih .
beberapa jenis polusi udara di sebabkan asap kendaraan ataupun gas buang pabrik namun saat ini akibat dari polusi udara menyebabkan banyak hal yang kurang baik seperti penaykit pernafasan oleh sebab itu untuk menanggulangi hal tersebut kita harus menyadari hal tersebut dan harus menanamkan rasa peduli kita terhadap lingkungan

Y015-ADE
ade yulianti

Unknown mengatakan...

udara kebutuhan utama manusia yang sangat sangat menjadi kebutuhan utama manusia
polusi udara penyakit udara yang di sebabkan beberapa faktor seperti kurang sadarnya manusia terhadap lingkungan ,pabrik ,ataupun gas emisi .
masalah yang di timbulkan adalah penyakit penyakit yang beruhubungan dengan pernafasan dan untuk menanggulanginya alangkah lebih baik jika pabrik menyeterilkan limbah yang akan di buang atau menanamkan rasa peduli terhadap lingkungan

Y018-FATHONI

ihsan fathoni

Unknown mengatakan...

menurut saya, polusi udara merupakan maasuknya zat berbahaya kedalam udara, sehingga mengakibatkan berbagai masalah yang mengancaam kesehatan manusia. polusi udara yang terjadi saat ini lebih banyak diakibatkan dari ulah manusia sendiri, contohnya:
aktifitas pembakaran sampah, asap kendaraan bermotor, pembakaran hutan, dan aktifitas pabrik.

Unknown mengatakan...

Menurut saya Polusi udara saat ini memang tengah menjadi wacana yang ramai dibicarakan. Seiring bertambahnya jumlah orang yang menggunakan kendaraan bermotor, membuat lingkungan semakin dipenuhi dengan udara-udara yang tidak sehat. Belum lagi berdirinya pabrik-pabrik besar yang cenderung mengabaikan faktor pencemaran udara dan banyaknya masyarakat yang merokok, semakin menambah jumlah polusi udara di lingkungan kita.

Udara yang diharapkan bersih, nyaman dan sehat untuk dihirup justru malah terkotori oleh asap-asap yang penuh dengan racun. Apalagi jika ada kebakaran hutan yang sebabnya karena kelalaian atau kesengajaan seseorang membuang puntung rokok sembarangan, seperti yang kita lihat beberapa hari yang lalu di daerah luar jawa yang berbulan-bulan asap dari kebakaran hutan terus menjadi momok bagi masyarakat.

Terimakasih.

HILMAN DWI JULIAWAN
Z016-HILMAN

Unknown mengatakan...

udara adalah suatu kebutuhan manusia yang sudah sangat menjadi kebutuhan utama manusia
polusi udara penyakit udara yang di sebabkan beberapa faktor seperti kurang sadarnya manusia terhadap lingkungan ,pabrik ,ataupun gas emisi, belum lagi pabrik-pabrik besar yang cenderung mengabaikan faktor pencemaran udara dan banyaknya masyarakat yang merokok, semakin menambah jumlah polusi udara di lingkungan kita.
Muhammad Reza Wahyu.A.
Y008-ABADI

Unknown mengatakan...

udara adalah suatu kebutuhan manusia yang sudah sangat menjadi kebutuhan utama manusia
polusi udara penyakit udara yang di sebabkan beberapa faktor seperti kurang sadarnya manusia terhadap lingkungan ,pabrik ,ataupun gas emisi, belum lagi pabrik-pabrik besar yang cenderung mengabaikan faktor pencemaran udara dan banyaknya masyarakat yang merokok, semakin menambah jumlah polusi udara di lingkungan kita.
Muhammad Reza Wahyu.A.
Y008-ABADI

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Masuknya polutan ke dalam atmosfer yang menjadikan terjadinya pencemaran udara bisa disebabkan dua faktor, yaitu faktor alam dan faktor manusia. Penyebab pencemaran udara dari faktor adalah alam contohnya adalah aktifitas gunung berapi yang mengeluarkan abu dan gas vulkanik, kebakaran hutan, dan kegiatan mikroorganisme. Polutan yang dihasilkan biasanya berupa asap, debu, dan gas. daari faktor manusianya sendiri tentunya banyak seperti pembakaran hutan liar, penambangan, peleburan, proses kimia, pembuatan nuklir dan lain sebagainya hal itupun terkait untuk kelangsungan dan perkembangan teknologi dan kebutuhan manusia inipun tidak bisa dipungkiri tetapi ada baiknya jika kita melakukan sesuatu harus bisa bertanggung jawab apabila terjadi sesuatu yang merugikan pentingnya menjaga agar udara tetap segar juga sangat penting untuk kelangsungan hidup.

ravinaldy
z009

Inda widaliana mengatakan...

Udara adalah suatu campuran gas yang terdapat pada lapisan yang mengelilingi bumi.Komposis campuran gas tersebut tidak selalu konsistan. Komponen yang konsentrasinya selalu bervariasi adalah air dalam bentuk uap H2O dan karbon dioksida (CO2).Jumlah uap air yang terdapat di udara bervariasi tergantung dari cuaca dan suhu.Sumber polusi yang utama berasal dari transportasi, di mana hampir 60% dari polutan yang dihasilkan terdiri dari karbon monokside dan sekitar 15% terdiri dari hidrokarbon. Sumber-sumber polusi lainnya misalnya pembakaran, proses industri, pembuangan limbah, dan lain-lain. Polutan yang utama adalah karbon monokside yang mencapai hampir setengah dari seluruh polutan udara yang ada. Banyak kota-kota didunia dilanda oleh permasalahan lingkungan,paling tidak adalah semakin memburuknya kualitas udara.terpapar oleh polusi udara saat ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kota-kota seluruh dunia.

Unknown mengatakan...

Polusi udara yang terjadi di lingkungan perkotaan maupun lingkungan industri semakin buruk,apa yang terjadi di sekitar kita seolah-olah tidak terjadi apa apa.Banyak orang tidak peduli dengan kondisi pencemaran udara yang kian memburuk dan akan mengakibat dampak menurunnya kualitas udara bersih yang paling di butuhkan dalam kehidupan manusia.Oleh karna itu, untuk tetap menjaga udara sekitar kita yang bersih sampai anak cucu kita nanti, kita harus terus melestarikan lingkungan dan mengurangi pencemaran udara.

Muhammad Alphin Sepana Pratama
Y014-ALPIN

catur setyo mengatakan...

polusi udara sepertinya bukan hal mewah bagi masyarakat berbeda dengan kasus korupsi yang sering di bahas, tetapi dampaknya sangat berpengaruh bagi kondisi kesehatan kita saat ini dengan menghirup udara yang buruk kesehatan kita terganggu dan itu akan terus berlangsung hingga anak cucu kita dan kita mau itu terjadi ? alangkah baiknya kita berkoordinasi dengan masyarakat setidaknya untuk menciptakan lingkungan yang asri dan memiliki udara yang sehat

aa mengatakan...

Kembali tentang "Pencemaran". Kata ini berarti penambahan atau berlebihnya suatu zat pada sebuah lingkungan hidup dengan kapasitas yang tidak semestinya.

Pencemaran udara berarti penambahan sejumlah zat dengan kapasitas yang tidak semestinya ke udara.

Pencemaran udara bukan main maraknya dewasa ini. semenjak kendaraan berbahan bakar minyak marak digunakan. Udara kita mendapat asupan gas karbon yang lebih dari biasanya. Membuat kapasitas karbon di udara meningkat dan terjadi efek rumah kaca yang dapat berimbas kepada pemanasan global.

Z027-DIMAS

Wismoyo Aris M mengatakan...

Pencemaran udara didefinisikan sebagai suatu kondisi dimana udara mengandung senyawa- senyawa kimia atau substansi fisik maupun biologidalam jumah yang memberikan dampak buruk bagi kesehatan manusia, hewan , ataupun tumbuhan, serta merusak keindahan alam serta kenyamanan, atau merusak barang- barang perkakas (properti). Ketidakseimbangan ekosistem akibat aktivitas manusia merupakan penyebab utama yang mempengaruhi komposisi udara menjadi tidak seimbang.

Z032-ARIS

Subha Ariya Sena mengatakan...

pencemaran udara, adalah pencemaran yang terjadi di udara yang diakibatkan oleh berbagai aktifitas manusia, aktifitas manusia yang mengakibatkan terjadinya pencemaran udara antara lain aktifitas penggunaan kendaran bermotor, pembakaran hutan dan pembakaran sampah. tindakan manusia ini sangat merugikan baik itu merugikan manusia sediri maupun merugikan makhluk yang lain.