Kamis, 26 November 2015

Fenomena Penurunan Tanah




 Hasil gambar untuk land subsidence adalah
Fenomena alam yang terjadi di bumi kita kian lama makin banyak hal aneh yang terjadi,salah satu fenomena yang sering terjadi belakangan ini adalah peristiwa Land Subsidence atau yang disebut Penurunan Tanah.
Land subsidence (penurunan tanah) adalah suatu fenomena alam yang banyak terjadi di kota-kota besar yang berdiri di atas lapisan sedimen. Proses atau gerakan turunnya permukaan tanah telah banyak terjadi diberbagai wilayah di dunia terutama dikota-kota besar yang berlokasi dikawasan pantai atau dataran aluvial (endapan lepas yang tertranspor ke tempat lain atau tidak berada disekitar batuan induk dimana berukuran butiran berupa pasir dan lempung.)
Turunnya permukaan tanah yang terakumalasi selama rentang waktu tertentu akan dapat mencapai besaran penurunan sampai beberapa meter dimana dampaknya dapat merusak stabilitas perekonomian dan kehidupan sosial di wilayah tersebut.

Faktor-faktor penyebab terjadinya penurunan muka tanah, antara lain:
  • Pengambilan air tanah yang berlebihan 
  • Penurunan karena beban bangunan 
  • Konsolidasi alamiah lapisan tanah 
  • Gaya-gaya tektonik 
  • Ekstraksi gas dan minyak bumi 
  • Penambangan bawah tanah
Untuk mengatasi dan menanggulangi permasalahan penurunan tanah cukup sulit dan hanya bisa dilakukan untuk mengurangi penurunan tanah tersebut. Berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi penurunan tanah yang terjadi :
  •      Memanfaatkan penggunaan penggunaan air bawah tanah (ABT) seperlunya tanpa melakukan eksploitasi berlebihan dan menggantinya dengan air permukaan sebagai sumber air baku atau dari PDAM 
  •       Membuat kolam pengumpul air hujan, baik di atas maupun bawah permukaan.
  •      Membuat resapan air tanah buatan (biopori), dimana air hujan / air permukaan dialirkan ke bawah permukaan tanah sebagai pengganti air tanah.
Oleh karena itu diperlukan adanya kesadaran dari masing-masing individu bersama dengan pemerintah untuk bersama-sama mengatasi masalah penurunan muka tanah.


Sumber : http://bestiful.blogspot.co.id/2014/08/makalah-seminar-kelas-fenomena.html
                http://www.ibnurusydy.com/pemantauan-penurunan-tanah-land-subsidence/ 

Tidak ada komentar: