Jumat, 04 Desember 2015

Pencemaran Air

Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia.

Dampak Buruk Pencemaran Air

Air merupakan kebutuhan utama dalam kehidupan manusia. Air memegang peranan penting dalam menjaga kestabilan ekosistem, namun tak jarang kepedulian akan lingkungan mereka abaikan sehingga menyebabkan kerusakan ekosistem yang berdampak sangat buruk bagi kehidupan manusia. Selain itu dampak buruk pencemaran air dirasakan oleh makhluk hidup lainnya seperti binatang dan tumbuhan. Penyebab terbesar pencemaran air tersebut adalah limbah industri dan juga tak jarang orang-orang membuang sampah disungai-sungai. Perlu ditanamkan kepada seluruh masyarakan rasa kepedulian yang besar demi menjaga kestabilan ekosistem dibumi ini. Lalu apa dampak buruk dari pencemaran air tersebut?

1. Mematikan Ekosistem Air
Makhluk hidup yang berada didalam air beraneka ragam. Seiring pencemaran air ini akan mematikan kehidupan makhluk hidup yang berada disana. Banyaknya limbah industri seperti pabrik, rumah sakit, limbah logam berat membuat sungai yang dulunya menjadi tempat tinggal ikan menjadi tercemat dan membuat ikan-ikan tersebut mati. Selain itu populasi fitoplankton yang menjadi dasar utama kehidupan perairan lama-kelamaan akan punah, ini dapat berakibat buruk bagi ekosistem di lautan.

2. Berkurangnya Air Bersih untuk dikonsumsi
Air bersih merupakan kebutuhan primer makhluk hidup untuk dikonsumsi. Tanpa air bersih, makhluk hidup akan merasa dehidrasi atau kehausan.  Dengan berkurangnya air bersih akan sangat berdampak buruk bagi kehidupan makhluk hidup, tanpa air makhluk hidup akan mati.

3. Menimbulkan Penyakit

Penyakit yang ditimbulkan dari pencemaran air tersebut beraneka ragam. Tak jarang karena sulitnya air bersih menimbulkan sebagian orang terpaksa mengkonsumsi air yang telah tercemar limbah pabrik dan logam berat. Ini akan menimbulkan penyakit dan kerusakan organ-organ tubuh khususnya organ pencernaan. Selain itu air digunakan sebagai media untuk mandi dan mencuci. Ini juga akan menimbulkan penyakit kulit akibat menggunakan air yang tercemar tersebut.

Tidak ada komentar: