Minggu, 18 Oktober 2015

Kebutuhan Dasar

Sejak awal penciptaannya Planet Bumi, bahkan seluruh alam semesta selalu mengalami evolusi, bahkan pada saat tertentu mengalami revolusi. Pemikiran tentang adanya evolusi kehidupan didasarkan pada temuan adanya kemiripan antarspesies makhluk hidup.
Perbedaan yang sifatnya gradual sangat mungkin disebabkan oleh seleksi alam. Alasannya, hanya keturunan yang mampu beradaptasi dengan lingkungannya yang akan mampu bertahan. Walaupun demikian, generasi yang telah beradaptasi dengan segala perubahan fisiknya tetap membawa sifat-sifat pokok dari induknya.
           
Selanjutnya silahkan buka Modul 9 Kebutuhan Dasar Manusia, baca dengan teliti dan simak dengan baik, berikan komentar Anda di kolom yang ada di bawah ini (sertakan nama dan kode tugas):

55 komentar:

Unknown mengatakan...

menurut saya kebutuhan manusia sangat penting bagi kita semua karena kebutuhan manusia sangat lekat dengan kita , dan kita harus mempelajari ilmu tersebut terutama di bidang pangan , karna di bidang pangan adalah salah satu nutrisi yang akan masuk dalam tubuh kita jadi kita harus pandai-pandai memilih makanan yang cocok untuk tubuh kita agar kita tidak mudah terserang penyakit dan juga kita harus tau spesifikasi makanan yang kita makan agar kita tahu berapa kandungan gizi yang ada dalam makanan yang kita makan .

Unknown mengatakan...

Menurut saya, semakin gencar era modernisasi dan globalisasi, kebutuhan manusia akan kesehatan pangan juga perlu diperhatikan dan ditingkatkan. Sebagai manusia yang memiliki akal, sepantasnya menyelidiki dari apa, bagaimana proses, dimana diternakan atau ditanamnya makanan yang kita konsumsi. Memang dengan banyaknya tangan distributor kadang keaslian dan asal makanan menjadi tidak transparan. Contohnya sebagai muslim yang sering berbelanja di supermarket membeli produk luar yang ironisnya banyak yang tidak mencantumkan komposisi, kehalalan, dan kode barang, seperti yang dijelaskan di studi kasus. Kita tidak tahu apakah produk tersebut mengandung lemak babi atau bahan haram lain atau tidak. Satu hal penting yang ada dibenak mayoritas konsumen era ini adalah : enak atau tidak, dan sedikit bumbu gengsi. Kita tahu produk fastfood hanya akan mendatangkan madharat dikemudian hari tapi gencarnya iklan di berbagai media dan gaya hidup masa kini justru makanan asal luar tersebut laku di pasaran Indonesia.
Komentar saya tentang kebutuhan psikologi, kita (mahasiwa ekstensi) hampir 100% bekerja sebagai karyawan. Kadang deadline, work-loads, dan over-time membuat stres jiwa dan raga. Untuk itu kebutuhan akan hiburan diperlukan untuk selingan dari kepadatan rutinitas. Banyak orang memiliki caranya sendiri untuk melepas stres, seperti : naik gunung, bermain di taman hiburan, senda gurau dengan teman atau keluarga. Aktifitas fisik outdoor dinilai bagus untuk refleksi otot setelah berjam-jam bekerja. Sayangnya, banyak yang memilih aktivitas indoor dengan gadgetnya padahal studi mengatakan bahwa elektron yang memancar dari gadget justru meningkatkan hormon-hormon pemicu stres.

Andiny Ariifn - Z021

sanuri-industri27.blogspot.com mengatakan...

Kebutuhan manusia yang paling hakiki meliputi kebutuhan fisiologis, fisik dan psikologi dimana hal itu berkaitan dengan tingkat kesejahteraan hidup manusia, karena itu maka ketahanan pangan serta ketersediaan bahan pangan merupakan faktor penting dalam upaya manusia untuk memenuhi kebutuhannya. keamanan pangan pun diperlukan karena banyak makanan yang sudah tercemar dan penambahan zat kimia berbahaya pada makanan.selain itu kebutuhan fisik berupa perlindungan dan keamanan serta ketentraman dari keadaan yang mengancam jiwa manusia seperti bencana alam, longsor dan juga dari gangguan manusia lainnya mutlak diperlukan.

Unknown mengatakan...

Kebutuhan manusia merupakan unsur-unsur yang dibutuhkan oleh manusia dalam menjaga keseimbangan baik secara fisiologis maupun psikologis yang bertujuan untuk mempertahankan kehidupan dan kesehatan. Kebutuhan paling dasar pada manusia. Antara lain ; pemenuhan kebutuhan oksigen dan pertukaran gas, cairan (minuman), nutrisi (makanan), eliminasi, istirahat dan tidur, aktivitas, keseimbangan suhu tubuh. Jika kebutuhan dasar ini tidak terpenuhi, maka tubuh akan menjadi rentan terhadap penyakit, terasa lemah, tidak fit, sehingga proses untuk memenuhi kebutuhan selanjutnya dapat terhambat. Hal ini juga berlaku pada setiap jenis kebutuhan lainnya, yaitu jika terdapat kebutuhan yang tidak terpenuhi, maka akan sulit untuk memenuhi kebutuhan yang lebih tinggi.


Dwi Muji Abako Z015

Unknown mengatakan...

Menurut saya, pembahasan materi megenai kebutuhan dasar manusia sangat menarik, kebutuhan dasar manusia kini tidak lagi sebatas kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani saja. Di era yang modern ini manusia semakin berkembang dan perkembangan jaman menuntut setiap manusia untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya.
Manusia sekarang tidak lagi hanya mementingkan kebutuhan- kebutuhan yang dibutuhkan sekarang tetapi juga mementingkan kebutuhan kebutuhan di masa mendatang, celakanya dengan begitu tidak sedikit perubahan perubahan dan dampak yang ditimbulkan oleh ulah keserakahan manusia, Keseimbangan alam mulai terganggu dan dan keadaan alampun tidak lagi alami, oleh karena ulah manusianya sendiri, sehingga dengan begitu nantinya akan mengakibatkan kerugian yang sangat besar bagi manusia jika pengeksplorasian sumber daya alam secara besar besaran tetap dilakukan tanpa memperhatikan keseimbangan alam itu sendiri.

Unknown mengatakan...

Kebutuhan manusia yang paling utama adalah kelestarian alam / lingkungan untuk menunjang hidup yang akan datang untuk anak cucu kita. Manusia selalu berkembang dalam hal apa saja dari segi pangan, sandang, dan papan. Karena itu manusia juga harus pintar mimilih kebutuhan untuk tubuhnya sendiri. Manusia yang baik adalah manusia yang memikirkan masa depan bukan yang mementingkan egonya sendiri. cara pengolahan sumber daya pangan juga harus di perhatikan karena sumber daya alam adalah kebutuhan dasar manusia. “lestari alamku sejahtera anak cucuku”

M Burhanudin Z029-BURHAN

Andri Liyancen T mengatakan...

Manusia pada dasarnya dibagi menjadi dua bagian, yang pertama manusia sebagai makhluk holistik artinya manusia makhluk yang terdiri dari unsur biologis, psikologis, sosial dan spritual, atau sering disebut juga sebagai makhluk biopsikososial spritual. Unsur-unsur tersebut merupakan satu kesatuan yang saling ada hubungan keterkaitan sehingga tidak dapat dipisahkan. Ketika salah satu unsur tersebut mengalami hambatan maka unsur-unsur lain tersebut akan memberikan dampak. Manusia memiliki unsur bialogis sebab terdiri dari gabungan sistem organ tubuh sehingga akan menjadi satu kesatuan dalam menjalani kehidupan dan mengalami perkembagan. Sedangkan unsur psikologis pada manusia akan terpancar memalui kepribadian yang berbeda entah itu perilaku yang merupakan cerminan dari kejiwaan maupun kecakapan dalam ruanglingkup kecerdasan yang dimiliki sehingga unsur-unsur psikologis tersebut merupakan pengembangan dari kepribadian setiap manusia. Manusia terdiri dari unsur sosial dikarenakan setiap manusia akan berinteraksi dalam lingkunganya dalam hal ini terhadap individu lainnya.

nova mengatakan...

Kebutuhan adalah suatu keadaan yang ditandai oleh perasaan kekurangan dan ingin diperoleh sesuatu yang akan diwujudkan melalui suatu usaha atau tindakan.Kebutuhan dasar manusia merupakan unsur-unsur yang dibutuhkan oleh manusia dalam mempertahankan keseimbangan fisiologis maupun psikologis, yang tentunya bertujuan untuk mempertahankan kehidupan dan kesehatan dalam jangka waktu tertentu,Manusia memiliki kebutuhan dasar yang bersifat heterogen. Setiap orang pada dasarnya memiliki kebutuhan yang sama, akan tetapi karena budaya, maka kebutuhan tersebutpun ikut berbeda. Dalam memenuhi kebutuhan manusia menyesuaikan diri dengan prioritas yang ada. Lalu jika gagal memenuhi kebutuhannya, manusia akan berpikir lebih keras dan bergerak untuk berusaha mendapatkannya.

Nova Bahrudin/41615110021/Z011

Unknown mengatakan...

Manusia hidup tentu tidak dapat terlepas dari kebutuhan dasar untuk mempertahankan eksistensinya di muka bumi. Kebutuhan dasar manusia merupakan unsur-unsur yang dibutuhkan oleh manusia dalam menjaga keseimbangan baik secara fisiologis maupun psikologis yang bertujuan untuk mempertahankan kehidupan dan kesehatan. Kebutuhan dasar manusia menurut Abraham Maslow dalam teori Hirarki, menyatakan bahwa setiap manusia memiliki lima kebutuhan dasar yaitu kebutuhan fisiologis, keamanan, cinta, harga diri, dan aktualisasi diri.Setiap orang mempunyai kebutuhan dasar yang sama, walaupun masing-masing memiliki latar belakang sosial, budaya, persepsi, dan pengetahuan yang berbeda. Manusia akan memenuhi kebutuhan dasarnya sesuai dengan tingkat prioritas masing-masing. Di era globalisasi dan modernisasi sekarang kebutuhan manusia makin bergeser dari kebutuhan yang mendasar yang dibutuhkan hingga kebutuhan yang bersifat keinginan/kepuasan untuk menunjang kehidupan. Disinilah pentingnya peran kemajuan ilmu teknologi dalam kehidupan, seperti ilmu teknologi pangan dan pengolahannya, karena manusia semakin pintar maka dia akan semakin tahu akan kebutuhannya dan cara yang dapat memudahkan untuk memenuhinya.

DINI SYARAH - Z024

Unknown mengatakan...

Kebuuhan dasar manusia tidak dapat lepas dari kebutuhan pangan. Untuk memperahankan dan memenuhi kebutuhan pangan manusia berusaha untuk menjaga keamanan pangan yang bertujuan untuk mencegah kerusakan,pencemaran biologi, kimia, dan benda yang dapa mengganggu, merugkan dan membahayakan kesehatan manusia. Berbicara tetang keamanan pangan tak lepas dar kontribusi lingkungan. Karena lingkungan yang terjamin kualitasnya maka pangan akan terjaga mutunya dan baik untuk dikonsumsi. Sebaliknya bila lingkungan yang buruk dan tidak baik akan tercemar bahaya hayti, bakteri dan berbagai bahaya kimia sehingga pangan tidak baik untuk dikonsumsi dan berbhaya bila sampai dikonsumsi oleh manusia. Selain kita memperhatikan keamanan pangan kita juga harus memperhatikan juga gizi pangan yang akan kita konsumsi. Karena banyak dari kita tidak memperhatikan gizi yang terdapat dari pangan yang dikonsumsi. Ada baiknya kita menjaga dan memperhatikan gizi dari pangan yang kita konsumsi agar pada waktu yang akan datang kita terbebas dari berbagai penyakit yang berbahaya seperti jantung koroner, diabetes militus, hipertensi dan kanker.


IRFAN ARLIANSYAH - Z001

nana_kuul mengatakan...

kebutuhan dasar manusia merupakan unsur-unsur yang dibutuhkan
manusia dalam menjaga keseimbangan baik secara fisiologis atau secara psikologis
yang bertujuan untuk mempertahankan kehidupan dan kesehatan.

Z018-ERNA

Wismoyo Aris M mengatakan...

Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia, sehingga ketersediannya harus terjamin dan terpenuhi sebagai syarat utama mewujudkan masyarakat yang bermartabat serta sumber daya yang berkualitas. Dalam hal konsumsi pangan, tidak terlepas dari faktor sosial budaya, kepercayaan, nilai dan norma-norma, harga, prestise, selera dan rasa sikap toleransi adalah sangat berperan dalam menentukan sikap seseorang dalam memilih makanan.

Z032-ARIS

Unknown mengatakan...

Menurut saya sejak manusia lahir di dunia menusia telah memiliki kebutuhannya masing-masing, Kebutuhan manusia ada sejak zaman dahulu kala sejak zaman purba sampai sekarang yang disebut zaman modern. Kebutuhan manusia berkembang seiring perkembangan manusia dari zaman dulu sampai sekarang dari tiap zaman kebutuhanpun berbeda-beda, semakin modern zamannya semakin kompleks pula kebutuhan manusianya. Kebutuhan manusia di dunia ini berbeda-beda setiap individunya, setiap hal dapat menyebabkan perbedaan kebutuhan tersebut seperti perbedaan profesi, perbedaan umur, perbedaan tingkat ekonomi dll. Selama manusia hidup kebutuhannyapun akan terus ada, bahkan terus bertambah dan terus berkembang seiring perkembangan manusia tersebut. Semakin kompleks manusianya semakin kompleks pula kebutuhannya, maka tidak ada orang yang telah terpenuhi kebutuhannya. Olehkarena itu setiap manusia berusaha memenuhi kebutuhannya masing-masing, dengan mencari kebutuhan tersebut melalui berbagai cara seperti mendapatkannya secara gratis dalam hal memenuhi kebutuhannya yang bersifat gratis pula misalnya udara yang dihirup setiap hari, selain kebutuhan yang bisa didapat secara gratis ada pula kebutuhan yang memerlukan usaha untuk mendapatkannya ini disebabkan ketersediaan benda pemuas kebutuhan tersebut terbatas. Selain memerluka usaha untuk memenuhi kebutuhannya manusiapun memerluka alat pemuas kenutuhan agar dapat mendapatkan kebutuhan yang dia inginkan, alat pemuas kebutuhan yang saat ini ada misalnya uang, uang pada saat ini diperlukan oleh semua manusia agar dapat menukarkannya dengan kebutuhan yang dibutuhkan. Kebutuhan manusia sendiri tergolong dalam banyak jenisnya, namun secara umum kebutuhan manusia digolongkan menjadi tiga kebutuhan dasar yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap manusia supaya manusia tersebut dapat melanjutkan hidupnya seperti makanan dan minuman, kebutuhan sekunder adalah kebutuhan manusia yang berfungsi sebagai pelengkap dari kebutuhan primernya seperti pakaian dan rumah. Kebutuhan tersier adalah kebutuhan manusia akan barang mewah seperti perhiasan dan kendaraan mewah. Setiap manusia harus bisa memenuhi kebutuhannya masing-masing agar dapat terus menjalani hidupnya secara nyaman, namun dalam hal memenuhi kebutuhan manusia tersebut tidak sepantasnya KITA sebagai mahluk penjaga alam mengeksploitasi alam secara berlebihan hanya untuk bisa memenuhi kebutuhan KITA masing-masing...
Sekian Komentar Dari Saya. . .
Soleh Hakim Ansori
Y011-SOLEH

Unknown mengatakan...

Menurut saya Kebutuhan Dasar Manusia dikelompokan menjadi tiga yaitu kebutuhan fisiologi, fisik, dan psikologi atau kejiwaan.Kebutuhan fisiologi berupa pangan (bergizi dan tidak menimbulkan penyakit), air dan udara (tidak tercemar).Kemudian kebutuhan dasar yang kedua adalah kebutuhan fisik yang berupa perlindungan dan ketentraman.Perlindungan itu sendiri berupa rumah yang aman ( terhindar dari bencana seperti gunung meletus,banjir,badai, dan tanah longsor.Kebutuhan Dasar fisik selanjutnya ketentraman, ketentraman itu sendiri sangat mempengaruhi batin seperti perlindungan dari kericuhan manusia seperti pencurian, perampokan,terror, dan hura-hura lainya. Kemudian yang ketiga adalah kebutuhan psikologi atau kejiwaan dipengaruhi oleh faktor internal (jati diri, empati, dan alttruisme),eksternal (perilaku, kepedulian sesama dan kehormatan), dan transcendental (kerohanian).Z019-ANJAR

Unknown mengatakan...

Manusia memiliki kebutuhan dasar yang bersifat heterogen. Setiap orang pada dasarnyamemiliki kebutuhan yang sama, akan tetapi karena budaya, maka kebutuhan tersebutpun ikut berbeda. Dalam memenuhi kebutuhan manusia menyesuaikan diri dengan prioritas yang ada.Lalu jika gagal memenuhi kebutuhannya, manusia akan berpikir lebih keras dan bergerak lebih dalam bekerja untuk berusaha mendapatkannya.
Z006-RAHMA

Agis Priyanto mengatakan...

Kebutuhan manusia yang paling hakiki dapat dikelompokan sebagai kebutuhan fisiologis, fisik dan pisikologi, dan pemenuhan akan kebutuhannya ini merupakan kewajiban dan hak asasi setiap orang.
Kebutuhan utama manusia tidak terlepas dari tiga. Diantaranya yaitu : Sandang, Pangan dan Papan. Pada era digital ini, ada penambahan kebutuhan pada hidup manusia, yaitu internet. Internet sangat berpengaruh pada kehidupan, maka hampir semua manusia membutuhkan internet, dan dijadikan sebagai kebutuhan utama yang sama seperti kebutuhan utama lainnya.
Kebutuhan manusia tidak terlepas dari alam, terutama air. Kebutuhan utama manusia seperti sandang, pangan, papan dan internet atau teknologi di era modern ini pun bahkan masih ketergantungan pada alam, yang artinya, kebutuhan utama itu tidak bisa didapatkan jika alam tidak memberikannya.

Terima kasih.
Z023-AGIS

Febrian Rizkian Hilan Mile mengatakan...

Pendapat saya berdasarkan modul 9 yang sudah saya baca bahwa kebutuhan manusia sudah banyak mengalami perkembangan. Dari yang awalnya manusia hanya berpikir untuk memenuhi kebutuhan pangannya saja, dan terus berkembang hingga semakin kompleks seperti saat ini. Dan di era globalisasi kebutuhan manusia pun sudah semakin beragam sehingga dapat dibedakan menjadi 3, yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. Manusia yang berlomba lomba memenuhi kebutuhan pangannya sudah mulai berpikir untuk memenuhi kebutuhan sekunder maupun tersiernya. Namun alangkah baiknya untuk mencukupi kebutuhan primer terlebih dahulu, karena manusia takkan bisa hidup tanpa sandang, pangan, dan papan. Setelah kebutuhan primer tecukupi barulah kita bisa mendapatkan apa yang kita mau di kebutuhan sekunder, maupun tersier. Jangan terlena dan jangan lupa untuk selalu bersyukur atas apa yang telah di berikan Allah SWT kepada kita sehingga kita dapat memenuhi kebutuhan hidup kita. Sekian, terima kasih.

Febrian Rizkian Hilan Mile
Y005-FEBRIAN

Unknown mengatakan...

Menurut saya , pembahasan materi mengenai kebutuhan dasar adalah sangat bagus , karena kebutuhan dasar adalah kebutuhan manusia dalam menunjang hidup, dalam kehidupan manusia kelestarian alamlah yang sangat penting bagi kehidupan manusia ataupun makhluk hidup lain nya. Manusia terus berkembang dalam hal apa saja dari segi sandang, pangan , dan papan. Karena manusia saat ini harus pintar untuk memilih kebutuhannya untuk tubuhnya sendiri, seiringnya kebutuhan manusia yang berkembang dan serba instan justru itu yang tidak baik bagi tubuh. Dan manusia seharusnya nya harus memperhatikan sumber daya pangan , dengn memperhatikan sumber daya alam yang telah menghasilkan bagi manusia , karena itu manusia harus mengolah alam dengan hati yang tulus dan berfikir buat masa depan, bukan mengolah karena egois dan keserakahan yang merusak sumber daya alam yang sangat penting bagi kehidupan manusia .

Ashim asy’ari
41615110029
Z014-Ashim

Surya Dwiatmaja mengatakan...

Untuk menjaga eksistensinya, manusia mempunyai kebutuhan dasar yg harus terpenuhi yaitu kebutuhan fisiologi, fisik dan psikologi. Kebutuhan fisiologi berkaitan dengan kecukupan bahan pangan untuk menunjang perkembangan tubuh manusia beserta organ-organ di dalamnya. Makanan yg tersedia haruslah aman, tidak tercemar oleh bahaya biologi (bakteri patogen) dan bahaya kimia (timbal, merkuri). Untuk menjaga bahan pangan tetap aman sangatlah susah sekarang ini karena proses pembangunan ekonomi yg begitu tinggi tanpa memperhatikan kondisi lingkungan sehingga lingkungan menjadi rusak. Dengan kondisi lingkungan yg rusak, sangatlah mudah untuk mencemari bahan pangan yg tersedia. Selain aman, ketersediaan makanan jg harus cukup dan mudah di jangkau. Walaupun di zaman globalisasi seperti sekarang ini keterjangkauan bahan pangan sudah bukan menjadi masalah besar karena mobilitas logistik yg begitu tinggi.
Selain kebutuhan akan pangan (fisiologi), manusia juga mempunyai kebutuhan fisik yg harus terpenuhi. Kebutuhan fisik disini adalah kebutuhan akan keamanan fisik, baik keamanan terhadap gangguan alam seperti gempa bumi, tanah longsor, gunung meletus, tsunami dll, serta keamanan terhadap gangguan manusia seperti perampokan, pembunuhan, pemerkosaan, penculikan, pengancaman, dll.
Kebutuhan dasar manusia lainnya adalah kebutuhan akan ketentraman jiwa (psikologi). Kondisi lingkungan seperti cahaya, suasana, suhu sangat mempengaruhi jiwa seseorang. Jika kondisi lingkungan kurang baik, susana hati penghuninya jg tidak akan bisa baik.
Jadi intinya kebutuhan dasar manusia sangatlah tergantung dari kondisi lingkungan dimana manusia tinggal. Jika kondisi lingkungan baik, kebutuhan dasar manusia bisa terpenuhi dengan baik (dari segi kuantitas dan kualitas). Sebaliknya jika kondisi lingkungan buruk, maka kebutuhan dasar tersebut tidak akan terpenuhi dengan baik.
Terima kasih.

Z007-SURYA

firman knight mengatakan...

Manusia sebagai bagian intergral yang berinteraksi satu sama lainnya dalam memotivasinya memenuhi kebutuhan dasar (fisiologi,keamanan,kasih sayang,harga diri dan aktualisasi diri. Setiap kebutuhan manusia merupakan suatu tantangan intergral sebagai akibat dari perubahan dari setiap komponen system.tekanan tersebut di terapkan dalam prilakunya untuk memenuhi kebutuhan atau tujuan sampai terpenuhinya tingkat kepuasan kebutuhan dasar manusia

Z010-Firman Aulia 41615110020

Unknown mengatakan...

kebutuhan adalah segala sesuatu yang muncul secara naluriah dan sangat diperlukan oleh manusia untuk mempertahankan hidup. Untuk dapat bertahan hidup, manusia harus memenuhi segala macam kebutuhannya. Kebutuhan manusia ini dapat berupa barang dan jasa.
kita harus memperhatikan dengan baik kebutuhan pokok dalam hidup agar kita tidak sewena –sewena terhadap kebutuhan yang harus dipenuhi.mengapa kebutuhan ini dipenuhi karena semua menyangkut setiap induvidu manusia yang hidup.usaha untuk mendapatkannya tidak dibolehkan dengan segala cara.apabila dilakukan dengan cara salah orang yang terlibat akan mendapatkan akibat yang buruk.


z004-DANU 41615110011

Unknown mengatakan...

Kebutukhan dasar mansuia merupakan unsur-unsur yang dibutuhkan oleh manusia dalam menjalani atau menjaga kesimbangan baik secara fisiologis, fisik, maupun psikologis yang bertuua untuk mempertahankan kehidupan dan kesehatan.
Kebutuhan fisiologi merupakan pemenuhan kebutuhan terhadap keamanan dan kebutuhan pangan untuk memperoleh kesehatan fisik. Makanan yang dikonsumsi haruslah aman, bergizi, cukup, dan mudah untuk didapatkan. Karena di zaman yang serba maju ini memang mudah untuk mendaptkan makanan yang enak tetapi belum tentu gizi, kesehatan dan kebersihannya terjamin. contohnya saja banyak sekali makanan cepat saji (junk food) yang dapat mengganggu kesahatan, seperti penyakit diabetes, menyebabkan obesitas, meningkatkan resiko penyakit jantung, mempengaruhi fungi otak, dll. Dan banyak makanan yan mengandung bahan pengawet bahkan zat berbahaya yang tidak boleh dipergunakan untuk makanan tetapi malah tetap dipergunakan untuk makanan yang akan kita konsumsi. Masalah ini seharusnya diimbangi dengan perkembangan ilmu kesehatan dan kedokteran. Dan seharusnya pemerintah melakukan pengecekkan tehadap makanan-makanan yang berbahaya tersebut dan ditindak tegas, cara berikutnya yaitu dengan cara memberikan pengetahuan kepada masyarakat untuk mengolah makanan yang baik dan benar sehingga tidak perlu lagi membeli makanan diluar rumah yang keamanannya kurang terjamin.
Berikutnya perlindungan fisik yaitu Perlindungan fisik, meliputi perlindungan dari ancaman terhadap tubuh dan kehidupan seperti kecelakaan, penyakit, bahaya lingkungan.
Selain perlindungan fisiologi, dan fisik, terdapat juga perlindungan yang dibutuhkan oleh masyaraka yaitu perlindungan psikologis, perlindungan dari ancaman peristiwa atau pengalaman baru atau asing yang dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan seseorang.
Kebutuhan manusia memang elalu berubah-ubah, tetapi ketika manusia tersebut telah memenuhi kebutuhannya tersebut, maka dia akan merasa puas dan akan menikmati kesejahteraannya serta bebas untuk berkembang menuju potensi kebutuhan yang lebih besar. Sebaliknya, jika manusia tidak dapat memenuhi kebutuhannya tersebut maka akan timbul kondisi patologis.
Junitadahra
Y007-JUNI

Unknown mengatakan...

Dari waktu kewaktu kehidupan akan mengalami evolusi. Entah dari makhluknya, pola hidupnya, kemajuan teknology, dll. Manusia sebagai makhluk yang memiliki kecerdasan yang sangat tinggi akan menghasilkan penemuan-penemuan baru ataupun pembaruan penemuan yang telah ada. Seperti makanan, semakin berkembangnya jaman makanan juga akan mengalami perubahan atau peningkatan dari segi pengolahan sampai penyajian. Namun semua itu juga tidak lepas dari dampak yang akan ditimbulkan di kemudian hari, entah itu dampak positif ataupun negatif. Tergantung kita sebagai manusia lebih mementingkan yang mana, atau mengimbanginya.
Z034-SUSANTO

Unknown mengatakan...

KEBUTUHAN DASAR MERUPAKAN FAKTOR PENUNJANG MANUSIA DEMI MEMENIHU KEBUTUHAN LAINNYA , KEBUTUHAN DASAR SANGAT BERGANTUH PADA ERA ATAU ZAMAN YANG SEDANG DI HADAPI , EVOLUSI DARI ZAMAN KE ZAMAN MERUPAKAN BENTUK PERUBAHAN KEBUTUHAN YANG BERBEDA BEDA , DI SAMPING ITU KEBUTUHAN HARUS MEMPERHATIKAN KESEIMBANGAN BAIK SECASA FISIOLOGI DAN PSIKOLOGIS , SELAIN ITU UPAYA DALAM PENANGAN KEBUTUHAN BAIK SECARA UPAYA LINGKUNGAN DAN PENGOLAHAN KEBUTUHAN HARUSLAH DI PERHATIKAN SEBAGAIMANA KEBUTUHAN ITU AKAN MEMBERIKAN DAMPAK POSITIF KEPADA TUBUH ,TRIMAKASIH
Z012-TRI

Unknown mengatakan...

Setelah saya membaca modul 9 ini saya jadi tahu begitu luasnya dan banyaknya kebutuhan manusia banyak sekali yang diinginkan. manusia seharusnya mengedepankan kebutuhan primernya terlebih dahulu tapi zaman sekarang sudah banyak orang yang membeli barang yang bahkan mungkin di tidak membutuhkannya.Seharusnya kita membeli barang yang diperlukan saja jika memang ingin membeli barang yang dapat emuaskan entah hobby atau apa pun itu sebaiknya jangan berlebihan karna sumber daya yang terbatas. Untuk membatasi kebutuhan kita, coba untuk bersyukur dengan apa yang kita miliki. Harus dapat memilah memilih mana yang penting dan dapat memilih mana yang harus di dahulukan.

Y020-RIFQI

Unknown mengatakan...

Menurut saya isi dalam pendahuluan yang menyatan suatu teori evolusi seperti yang terjadi di bumi ini berawal dari bakteri, ganggang hijau, tumbuhan, binatang dinosaurus lalu manusia itu salah dan adapun teori lainnya yang menyebutkan bahwa manusia berawal dari kera itupun salah dan semakin jelas salah karena tidak dapat dibuktikan, karena menurut agama atau kepercayaan atau pedoman hidup yang saya yakini bahwa Allah pertama kali menciptakan makhluk yang ada di bumi ini ialah Nabi Adam As dan proses penciptaan Manusia itu berawal dari Nabi Adam As yang diciptakan dari tanah dengan cara Allah menghendaki “jadilah maka jadilah” jadi jelas bahwa manusia tidak diciptakan dari perkawinan biologis.
Manusia adalah makhluk yang membutuhkan kebutuhan untuk hidupnya. Dari zaman dahulu kala manusia sering melakukan untuk berpindah-pindah tempat karena mencari sumberdaya alam yang dibutuhkannya seperti tumbuhan dan hewan jika sumberdaya itu habis maka manusia berpindah tempat ke tempat yang memiliki sumberdaya alam masih dikategorikan terpenuhi, maka menurut saya dari hal itulah jelas bahwa kebutuhan dasar yang paling pokok adalah terletak pada kebutuhan bahan pangan lalu kebutuhan fisiologi, fisik, dan psikologis.
Tetapi seiring dengan perkembangan zaman berkembang juga bahan-bahan kimia serta biologis yang mempengaruhi kualitas pada pangan maka dari itu berkebaliklah suatu prinsip yang terjadi pada kebutuhan pokok awal yaitu kebutuhan dalam fisiologi antara lain : ketahanan dan keamanan pangan ini adalah salah satu materi yang dibahas oleh dunia dalam FAO/WHO (Food and agricultural organization/world health organization) yang menghasilkan bahwa haruslah setiap negara memperhatikan ketahanan dan keamanan pangan tetapi menurut saya di Negara Indonesia sudah menangani tapi belum sempurna karena masih adanya pedagang yang melanggar contohnya pada jajanan Sekolah yang suka diberikan boraks dan pengawet pada makanan tersebut, menurut saya tidak hanya pengawasan untuk pasar, industri, dan sebagainya tetapi perlunya pengawasan pada jajanan sekolah. Dan perlunya keseimbangan antara memberikan perhatian pada pangan, lingkungan, dan kemiskinan yang harus ditangani.

Sekian dan terimakasih :)

Agustina Dwiyanti
Y031-AGUSTINA

Unknown mengatakan...

Dari modul 9 yang telah saya baca, saya tertarik untuk mengomentari kebutuhan dasar manusia berdasarkan fisik, yaitu ketentraman. Terutama pada ketentraman sosial. Berdasarkan data yang tercatat di dalam modul tentang kriminalitas di Jakarta, saya pikir ini sangat lah berhubungan dekat dengan kemakmuran dan ketentraman masing-masing pribadi yang tidak bisa lepas dari lingkungannya. Di mana Jakarta mencatatkan kotanya sebagai kota dengan penduduk terpadat di Indonesia, yang tidak sebanding dengan lahan dan kesehatan lingkungan yang memadai. Saya sendiri percaya, lingkungan sosial yang baik dipengaruhi kualitas lingkungan hidup yang sehat dan baik pula. Dengan kepadatan Jakarta, menjadikan lahan tinggal yang sempit, mengurangi tempat bermain yang pantas untuk anak-anak, kemacetan tinggi yang menyebabkan udara Jakarta tidak tergolong sehat untuk ditinggali karena polusinya, ini pun yang mempengaruhi kesehatan fisik dan psikologis yang menjadi kebutuhan dasar manusia. Makanan-makanan pun mudah tercemar dengan kualitas udara yang kurang sehat. Sementara asupan O2 yang sudah tercemar CO2, CO, N, dan lain sebagainya dari asap polusi, membuat penat kepala, mengurangi tingkat kesehatan, yang jika berkelanjutan banyak membahayakan kesehatan masyarakat. Ini lah yang menjadi PR besar untuk pemerintah DKI sejak lama, kekurang kerjasama dari masyarakat untuk lingkungan hidupnya yang perlu diperbaiki. Kembali lagi, selain pendidikan sejak dini, penyuluhan rutin adalah wajib, serta peraturan yang dipertegas dan diperketat, serta program-program pemerintah yang pro terhadap lingkungan perlu didukung oleh seluruh lapisan masyarakat.

Y017-ANNISA
Annisa Hidayati P.

Unknown mengatakan...

Menurut komentar saya tentang modul 9 bahwa sejak dulu kebuutuhan setiap individu pasti berbeda. Manusia seharusnya mengedepankan kebutuhan primernya terlebih dahulu tapi zaman sekarang sudah banyak orang yang membeli barang yang bahkan mungkin di tidak membutuhkannya, sebaiknya mereka tidak berlebihan dalam memenuhi kebutuhan dasar mereka yang bertujuan untuk masa depannya juga.


Y024-SEPTIAN
Septian Eka Kusmawardani

Unknown mengatakan...

Dari hasil kesimpulan yang saya baca dari modul 9 ini. saya berpendapat bahwa kebutuhan dasar manusia itu bermacam-macam seperti kebutuhan fisiologi, kebutuhan fisik dan kebutuhan psikologi. dari perkembangan manusia yang semakin maju dan perubahan yang signifikan itu dapat dilihat dari jaman masa batu hingga sampai jaman modern sekarang ini. perubahan-perubahan yang terjadi yaitu dari teknologi, pendidikan dan lain-lain. selain itu kebutuhan dasar sangat bergantung sekali pada era atau zama yng sedang kita hadapi sekarang. karena kebutuhan yang kita perlukan itu harus kita sesuaikan dengan kebutuhan yang ada. jangan lah membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan atau yang tidak ada manfaatnya. oleh sebab itu kita harus membatasi kebutuhan yang kita perlukan.


Rezti Miranty Syahrully
Y026-REZTY

YULIANI MADIKAWATI mengatakan...

Menurut saya, setelah saya baca modul 9 tentang kebutuhan manusia, manusia itu memiliki kebutuhannya masing masing sejak dulu. Semakin berkembangnya zaman, semakin beragam pula kebutuhan tesebut. Mulai dari kebutuhan fisiologi, fisik dan psikologis. Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda beda. Pemenuhan akan kebutuhannya masing-masing merupakan kewajiban dan hak azazi setiap orang. Oleh karna itu, kita harus bisa memenuhi kebutuhan kita masing masing, dan tentunya tetap selalu bersyukur atas apa yang telah terpenuhi dalam diri kita.

YULIANI MARDIKAWATI
Y002-YULIANI

Unknown mengatakan...

Kebutuhan dasar manusia memang merupakan unsur yang dibutuhkan oleh manusia dalam mempertahankan keseimbangan fisiologis maupun psikologis, yang bertujuan untuk mempertahankan kehidupan dan kesehatan. Jadi memang harus memenuhi kebutuhan yang paling penting dahulu kemudian meningkat ke yang tidak terlalu penting. Setiap manusia pada dasarnya memiliki kebutuhan yang sama akan tetapi karena budaya, maka kebutuhan tersebut ikut berbeda. Dalam memenuhi kebutuhan manusia menyesuaikan diri dengan prioritas yang ada.

Beny Dwiyantoro
Y021-BENY

Unknown mengatakan...

dari modul 9 ini saya mengambil kesimpulan bahwa manusia memiliki berbagai macam kebutuhan seperti kebutuhan fisiologi, kebutuhan fisik dan kebutuhan psikologi. Kebutuhan fisiologi merupakan pemenuhan kebutuhan terhadap keamanan dan kebutuhan pangan untuk memperoleh kesehatan fisik. perubahan-perubahan yang terjadi yaitu dari teknologi, pendidikan dan lain-lain.Dari waktu kewaktu kehidupan akan mengalami evolusi. Entah dari makhluknya, pola hidupnya, kemajuan teknology, dll. Manusia sebagai makhluk yang memiliki kecerdasan yang sangat tinggi akan menghasilkan penemuan-penemuan baru ataupun pembaruan penemuan yang telah ada. Seperti makanan, semakin berkembangnya jaman makanan juga akan mengalami perubahan atau peningkatan dari segi pengolahan sampai penyajian. Namun pada era modern ini banyak sekali jenis makanan cepat saji yang tidak baik untuk dikonsumsi karena cepatnya proses pembuatan dan bahan yang digunakan tidak baik untuk tubuh karena jika kita makan makanan cepat saji secara terus menerus itu dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit yang berbahaya seperti diabetes, kolestrol, obesitas dsb. maka alangkah lebih baik nya jika kita membuat sendiri makanan yang akan kita makan agar kita terhindar dari berbagai macam penyakit yang mengerikan tersebut.


ade yulianti
YO15 - ADE

Unknown mengatakan...

Dari materi yang saya baca di atas dengan judul kebutuhan dasar
memang setiap makhluk hidup itu memiliki kebutuhan seperti dasar nya
kebutuhan itu pada umumnya hanya ada 3 yaitu primer ,sekunder ,dan tresier .
namun seiring perkembangan kebutuhan itu menambah seperti seseorang harus memiliki gadget dan lainnya .
bisa kita ambil sedikit contoh nya pada awalnya makhluk hidup ada hanya membutuhkan makanan dan pakaian ,
namun setelah mengenal lebih banyak hal timbul lah yang di namakan kebutuhan tresier seperti kepuasan dalam memiliki sebuah perhiasan
dan sekarang di jaman yang lebih modern setiap manusia itu di lengkapi dengan kebutuhan yang lebih kita kenal dengan handphone dan sejenis nya
jadi saya mengambil kesimpulan bahwa memang penting adanya kebutuhan dasar manusia karna setiap makhluk itu membutuhkannya
tanpa ada kebutuhan dasar mungkin manusia tidak akan memiliki tujuan dalam sebuah kehidupan .
Y018-FATHONI

mala mengatakan...

Dari modul 9 yang telah saya baca, bahwa kebutuhan manusia yang paling hakiki dikelompokkan sebagai kebutuhan fisiologis, fisik dan psikologis. Kebutuhan dasar manusia merupakan unsur-unsur yang dibutuhkan oleh manusia dalam mempertahankan keseimbangan fisiologis maupuan psikologis, yang tentunya bertujuan untuk mempertahankan kehidupan dan kesehatan.Beberapa kebutuhan manusia tertentu lebih mendasar daripada kebutuhan lainnya. Oleh karena itu beberapa kebutuhan harus dipenuhi sebelum kebutuhan lainnya. Kebutuhan dasar manusia seperti makan ,air, keamanan dan cinta merupakan hal yang penting bagi manusia. Dalam mengaplikasikan kebutuhan dasar manusia tersebut dapat digunakan untuk memahami hubungan antara kebutuhan dasar manusia dalam mengaplikasikan ilmu keperawatan di dunia kesehatan. Besarnya kebutuhan dasar yang terpenuhi menentukan tingkat kesehatan dan posisi pada rentang sehat-sakit.Setiap orang mempunyai kebutuhan dasar yang sama, walaupun masing-masing memiliki latar belakang sosial, budaya, persepsi, dan pengetahuan yang berbeda. Manusia akan memenuhi kebutuhan dasarnya sesuai dengan tingkat prioritas masing-masing. Kebutuhan dasar yang harus segera dipenuhi adalah kebutuhan dasar dengan tingkat prioritas yang paling tinggi/utama.

Aam Komalasari
Y023-AAM

Unknown mengatakan...

Menurut saya modul 9 menjelaskan kebutuhan manusia sangat penting untuk kelangsungan hidup, kebutuhan manusia dilihat dari kebutuhan fisiologi yaitu kebutuhan pangan, kebutuhan fisik berupa tempat tinggal dan kebutuhan psikologi beberapa lingkungan sekitar untuk berinteraksi dengan banyak hal dan membuat psikologi manusia menjadi lebih baik dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.


Sarah Fachira
Y016-SARAH

Unknown mengatakan...

bahwa kebutuhan manusia yang paling hakiki dikelompokkan sebagai kebutuhan fisiologis, fisik dan psikologis. Kebutuhan dasar manusia merupakan unsur-unsur yang dibutuhkan oleh manusia dalam mempertahankan keseimbangan fisiologis maupuan psikologis, yang tentunya bertujuan untuk mempertahankan kehidupan dan kesehatan.

Galih Bagas
Y-022

Prima Intania mengatakan...

menurut saya modul 9 menjelaskan kebutuhan manusia sangat penting untuk kelangsungan hidup.kebutuhan manusia dilihat dari kebutuhan fisiologi yaitu kebutuhan pangan.unsur-unsur yang dibutuhkan oleh manusia dalam mempertahkan keseimbangan fisiologi maupun psikologis yang tentunya bertujuan untuk mempertahkan kehidupan dan kesehatan menjadi lebih baik dalam memenuhi kebutuhan hidupnya


prima intania
YO1O-PRIMA

Unknown mengatakan...

ada berbagai jenis makhluk yang serupa dengan manusia yang terdapat di bumi ini. Ada beberapa hipotesa yang menjelaskan evolusi mereka namun semuanya belum pasti darimana lahirnya Homo Erektus (manusia purba). Sedangkan menurut kajian Islam, manusia diciptakan untuk menjadi khalifah dibumi. Nabi Adam manusia pertama yang diciptakan Allah dengan proses yang berbeda dengan makhluk lainnya yang tercantum jelas dalam Al-Quran. Mungkinkah Homo Erektus adalah anak cucu Adam? Sampai sekarang belum dapat dijelaskan mengenai hubungan kedua hal tersebut. Wallahu 'alam.

AGNES AULIA SABANDI
Y004-AGNES

Inda widaliana mengatakan...

pada dasarnya Kebutuhan dasar manusia merupakan unsure-unsur yang dibutuhkan oleh manusia dalam mempertahankan keseimbangan fisiologis maupun psikologis, yang bertujuan untuk mempertahankan kehidupan dan kesehatan. Untuk dapat merasakan nikmat suatu tingkat kebutuhan perlu dipuaskan dahulu kebutuhan yang berada pada tingkat di bawahnya. Ciri kebutuhan dasar manusia.Kalau demikian, yang sudah meyakinkan secara ilmiah sebagai manusia adalah sejak generasi Homo erektus. Ukuran otak yang besar memberikan indikasi kemampuan berpikir yang lebih kuat. Kemampuan berbicara dan berkomunikasi pun sudah cukup maju. Interaksi sosial mulai tumbuh dan makin kompleks. Kehadirannya berdampak pada berbagai spesies. Binatang buas yang mengancam manusia mungkin termasuk yang diburu demi keselamatan masyarakatnya. Punahnya kucing purba yang buas yang terjadi pada masa Homo erektus diduga berkaitan dengan ulah mereka, bukan karena faktor alam.

Y012-INDA

Unknown mengatakan...

Pendapat saya bahwa kebutuhan manusia sudah banyak mengalami perkembangan. Yang awalnya hanya berpikir manusia untuk memenuhi kebutuhan panggannya saja, dan terus berkembang hingga semakin kompleks seperti saat ini. Kebutuhan dibedakan menjadi 3, yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. Manusia seharusnya mengedepankan kebutuhan primernya terlebih dahulu tetapi sekarang sudah banyak orang yang membeli barang yang bahkan mungkin ia tidak membutuhkannya. Seharusnya kita membeli barang yang diperlukan saja dan jika ingin membeli barang yang diinginkan entah itu hobby atau apa pun itu, sebaiknya jangan berlebihan karna sumber daya yang terbatas. Untuk karena itu kita jangan terlena dan jangan lupa untuk selalu bersyukur atas apa yang telah diberikan Allah SWT kepada kita sehingga kita dapat memnuhi kebutuhan hidup kita.
Terima kasih
Muhammad Reza W.A
Y008-ABADI

Unknown mengatakan...

di dalam kehidupan terdapat perbedaan yang sifatnya gradual sangat mungkin disebabkan oleh seleksi alam. Alasannya, hanya keturunan yang mampu beradaptasi dengan lingkungannya yang akan mampu bertahan. Walaupun demikian, generasi yang telah beradaptasi dengan segala perubahan fisiknya tetap membawa sifat-sifat pokok dari induknya.Perkampungan manusia menetap bergantung pada kedekatannya dengan sumber air dan, bergantung pada gaya hidup, sumber daya alam lainnya seperti lahan subur untuk menanam hasil panen dan menggembalakan ternak atau, sesuai dengan musim tersedianya mangsa/makanan. Jadi kebutuhan manusia yang paling hakiki dapat dikelompokan sebagai kebutuhan fisiologis, fisik dan pisikologi, dan pemenuhan akan kebutuhannya ini merupakan kewajiban dan hak asasi setiap orang.

Y030-Eko

Afifah Putri Nadiyah mengatakan...

Kita sebagai manusia sangat penting untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia kita. Manusia harus berusaha memenuhi kebutuhannya tersebut. Dengan demikian. Kebutuhan tersebut harus dipenuhi dengan seimbang secara fisiologis dan fisik. Dengan terpenuhinya kebutuhan dasar itu akan membuat perilaku manusia menjadi lebih baik lagi.

AFIFAH PUTRI NADIYAH
Y034-Afifah

Yoga Cahya Kurniawan mengatakan...

Kita sebagai manusia sangat penting untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia kita, Yang awalnya hanya berpikir manusia untuk memenuhi kebutuhan panggannya saja, dan terus berkembang hingga semakin kompleks seperti saat ini, Untuk dapat merasakan nikmat suatu tingkat kebutuhan perlu dipuaskan dahulu kebutuhan yang berada pada tingkat di bawahnya, Kebutuhan dasar manusia merupakan unsur-unsur yang dibutuhkan oleh manusia dalam mempertahankan keseimbangan fisiologis maupuan psikologis. Setiap orang mempunyai kebutuhan dasar yang sama, walaupun masing-masing memiliki latar belakang sosial, budaya, persepsi, dan pengetahuan yang berbeda. Dengan terpenuhinya kebutuhan dasar itu akan membuat perilaku manusia menjadi lebih baik lagi

YOGA CAHYA KURNIAWAN
Y013-YOGA

Peggy Anjasmara mengatakan...

kebutuhan dasar adalah kebutuhan hidup yang hampir setiap manusia ingin miliki karna kebutuhan itu sudah ada karna setiap manusia memiliki hawa nafsu namun seiring zaman kebutuhan mulai banyak berubah seperti kebutuhan primer skunder dan tresier

bisa kita ambil contoh yang kita dapat lihat dulu kebutuhan elektronik hanya kebutuhan tresier namun sekarang sudah menjadi primer .

Y009-peggy

Unknown mengatakan...

menurut saya tentang modul yang sudah saya baca, mungkin benar mungkin salah jika ada kehidupan di ratusan juta tahun yang lalu seperti dinosaurus dll, tapi sudah banyak di temukan fosil-fosil dari dinosaurus ya tapi itu semua kuasa tuhan yang maha ESA Allahualam, dan saya sangat menolak keras tentang adanya kabar bahwa manusia berasal dari evolusi kera, karena sudah sangat jelas dalam Al-Quran bahawa manusia pertama di dunia ini adalah nabi Adam a.s dan siti hawa, dan nabi Adam a.s pun terbuat dari tanah yang di ciptakan oleh Allah SWT jadi tidak ada namanya bahwa manusia evolusi dari kera.

dan kebutuhan dasar manusia adalah kebutuhan yang sangat penting, awal dasarnya kebutuhan manusia semua sama yaitu adalah untuk bertahan hidup tetapi sekarang seiring berjalannya waktu kebutuhan manusia tidak hanya untuk bertahan hidup melainkan lebih dari itu.

alangkah baiknya kita tidak lupa untuk apa kita hidup di dunia ini, karena kebutuhan di dunia ini hanya sementara.

AKRAM
Y006-AKRAM

Unknown mengatakan...

Kebutuhan manusia merupakan unsur-unsur yang dibutuhkan oleh manusia dalam menjaga keseimbangan baik secara fisiologis maupun psikologis yang bertujuan untuk mempertahankan kehidupan dan kesehatan. Kebutuhan fisiologi merupakan pemenuhan kebutuhan terhadap keamanan dan kebutuhan pangan untuk memperoleh kesehatan fisik. Makanan yang dikonsumsi haruslah aman, bergizi, cukup, dan mudah untuk didapatkan. Karena di zaman yang serba maju ini memang mudah untuk mendaptkan makanan yang enak tetapi belum tentu gizi, kesehatan dan kebersihannya terjamin. Kebutuhan fisiologi merupakan pemenuhan kebutuhan terhadap keamanan dan kebutuhan pangan untuk memperoleh kesehatan fisik. Makanan yang dikonsumsi haruslah aman, bergizi, cukup, dan mudah untuk didapatkan. Karena di zaman yang serba maju ini memang mudah untuk mendaptkan makanan yang enak tetapi belum tentu gizi, kesehatan dan kebersihannya terjamin. Berikutnya perlindungan fisik yaitu, meliputi perlindungan dari ancaman terhadap tubuh dan kehidupan seperti kecelakaan, penyakit, bahaya lingkungan. Selanjutnya perlindungan psikologis, perlindungan dari ancaman peristiwa atau pengalaman baru atau asing yang dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan seseorang. Kebutuhan manusia memang selalu berubah-ubah, tetapi ketika manusia tersebut telah memenuhi kebutuhannya tersebut, maka dia akan merasa puas dan akan menikmati kesejahteraannya serta bebas untuk berkembang menuju potensi kebutuhan yang lebih besar.

Y014-ALPIN

Unknown mengatakan...

kebutuhan dasar adalah hal yang bisa memebuat seseorang memiliki angan atau keinginan untuk mencapainya .
kebutuhan dasar terbagi menjadi 3 yaitu primer sekunder dan tresier masing masing kebutuhan memiliki perubahan sesuai masanya seperti pada awal nya manusia tidak membutuh kan gadget sekarang msnusia sangat membutuhkan nya dan masih banyak lagi
Y025-ardika

Unknown mengatakan...

kebutuhan adalah hal yang membuat seseorang memiliki angan atau keinginan untuk mencapainya ada 3 golongan kebutuhan primer , sekunder dan tresier
kebutuhan primer adalah kebutuhan pokok yang harus dimiliki seseorang
sedangkan sekunder dan tresier adalah tambahan dalam kebutuhan seseorang
y027-aris

Unknown mengatakan...

Kebutuhan dasar manusia lainnya adalah kebutuhan akan ketentraman jiwa (psikologi). Kondisi lingkungan seperti cahaya, suasana, suhu sangat mempengaruhi jiwa seseorang. Jika kondisi lingkungan kurang baik, susana hati penghuninya jg tidak akan bisa baik.
Jadi intinya kebutuhan dasar manusia sangatlah tergantung dari kondisi lingkungan dimana manusia tinggal. Jika kondisi lingkungan baik, kebutuhan dasar manusia bisa terpenuhi dengan baik (dari segi kuantitas dan kualitas). Sebaliknya jika kondisi lingkungan buruk, maka kebutuhan dasar tersebut tidak akan terpenuhi dengan baik.

Z002-FEBRI

Unknown mengatakan...

selamat sore pak,

kebutuhan dasar manusia secara tidak langsung dapat berubah-ubah, mengikuti perubahan-perubahan yang terjadi muka bumi,

tidak hanya karena perubahan yang terjadi dimuka bumi yang dapat menyebabkan terjadinya perubahan pada kebutuhan dasar manusia. tapi dari manusianya itu sendiri. dan perubahan dasar manusia juga menyebabkan terjadinya evolusi serta revolusi dari manusia itu sendiri.

citraseptimerlia (z026) 41615110063

Unknown mengatakan...

Menurut saya Setiap orang mempunyai kebutuhan dasar yang sama, walaupun masing-masing memiliki latar belakang sosial, budaya, persepsi, dan pengetahuan yang berbeda. Manusia akan memenuhi kebutuhan dasarnya sesuai dengan tingkat prioritas masing-masing. Kebutuhan dasar yang harus segera dipenuhi adalah kebutuhan dasar dengan tingkat prioritas yang paling tinggi/utama. Walaupun kebutuhan dasar umumnya harus dipenuhi, sebagian dari kebutuhan tersebut dapat ditunda.

Adanya keinginan untuk memenuhi kebutuhan dasar, yang dipengaruhi oleh stimulus internal maupun eksternal. Kebutuhan dasar saling berhubungan dan saling mempengaruhi. Manusia dapat merasakan adanya kebutuhan dan akan beruasaha memenuhinya dengan segera.

Terimakasih.

HILMAN DWI JULIAWAN
Z016-HILMAN

Unknown mengatakan...


Kebutuhan dasar manusia merupakan unsur-unsur yang dibutuhkan oleh manusia dalam mempertahankan keseimbangan fisiologis maupuan psikologis, yang tentunya bertujuan untuk mempertahankan kehidupan dan kesehatan. untuk itu perlu kita perhatikan sumber-sumber yang akan kita konsumsi sehingga tidak merugikan diri kita sendiri karna hanya kita yang tau apa saja yang baik untuk kita.

Ravinaldy
Z009

catur setyo mengatakan...

ada beberapa unsur yang menjadi dasar kebutuhan manusia untuk mempertahankan kehidupan dan kesehatan diantaranya pemenuhan kebutuhan oksigen dan pertukaran gas, cairan (minuman), nutrisi (makanan), eliminasi, istirahat dan tidur, aktivitas, keseimbangan suhu tubuh.

z033-Catur

aa mengatakan...

Kebutuhan dasar manusia beraneka macam, tidak hanya hal-hal yang berhubungan dengan perut, melainkan segala hal yang bersangkutan dengan jasmani dan rohani seorang manusia.

Kebutuhan dasar yang kita ketahui sejak masa sekolah dasar sbb :
- Makan
- Minum
- Bernapas
- Sex

Dimana ternyata beberapa kebutuhan dibawah inii juga termasuk kedalam kebutuhan dasar manusia :
- Rasa aman
- Bersosialisasi

Dimana tanpa hal-hal di atas, manusia tidak dapat hidup dengan baik dan sehat sesuai naluri kemanusiaannya.

Z027-DIMAS

Subha Ariya Sena mengatakan...

Kebutuhan dasar manusia sangatlah berpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia.
Kebutuhan manusia sekarang ini antara lain adalah kebutuhan akan sandang, papan, pangan. Manusia hidup tidak akan lepas dari semua kebutuhan tersebut. Manusia akan memenuhi kebutuhan dasarnya sesuai dengan tingkat prioritas masing-masing. Kebutuhan dasar yang harus segera dipenuhi adalah kebutuhan dasar dengan tingkat prioritas yang paling tinggi/utama.