Minggu, 18 Oktober 2015

Pencemaran Air

Air adalah zat kimia yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di bumi, tetapi tidak di planet lain. Air menutupi hampir 71% permukaan bumi. Terdapat 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) tersedia di bumi.

Air sebagian besar terdapat di laut (air asin) dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung), akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, muka air tawar, danau, uap air, dan lautan es. Air dalam obyek-obyek tersebut bergerak mengikuti suatu siklus air, yaitu: melalui penguapan, hujan, dan aliran air di atas permukaan tanah (runoff, meliputi mata air, sungai, muara) menuju laut. (Wikipedia).

Selanjutnya silahkan buka Modul 11 Pencemaran Air, baca dengan teliti dan simak dengan baik, berikan komentar Anda di kolom yang ada di bawah ini (sertakan nama dan kode tugas):

60 komentar:

Surya Dwiatmaja mengatakan...

Air merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh mahluk hidup untuk menjaga keberlangsungan hidupnya. Tanpa air, mahluk hidup jelas tidak akan bisa bertahan hidup. Sang Pencipta telah menyediakan air yang begitu melimpah di bumi untuk mencukupi kebutuhan mahluk hidup terutama manusia akan air. Bumi kita, 71% nya adalah air. Air tersebut tersebar dalam bentuk cair (di laut, samudra, sungai, air tanah, danau dan di dalam tubuh mahluk hidup itu sendiri), dalam bentuk padat (es di kutub utara dan selatan, dan es di puncak-puncak gunung), dan dalam bentuk gas (uap air dan awan). Begitu banyaknya jumlah air yang telah disediakan Sang Pencipta tetapi dewasa ini masalah mengenai kekurangan air makin meluas. Dimana letak masalahnya?
Jumlah air yang tersedia di bumi memang begitu melimpah, tetapi jumlah air yang bisa dipergunakan atau dikonsumsi oleh makhluk hidup khususnya manusia sangatlah terbatas. Hal ini disebabkan karena proses daur ulang alami air bersih telah terganggu. Hal-hal yang telah mengganggu proses daur ulang alami air bersih tersebut adalah bangunan-bangunan yang didirikan manusia telah mentutupi daerah resapan air sehingga jumlah air yang terserap dan terfilter menjadi air tanah yang bersih semakin sedikit sementara jumlah konsumsi air tanah manusia semakin bertambah. Selain dari air tanah, air bersih juga bisa didapat dari air sungai yang diproses sehingga layak pakai dan layak konsumsi. Tetapi dewasa ini dengan semakin banyaknya industri yang berkembang, semakin banyaknya pemakaian bahan2 kimia di dalam kegiatan rumah tangga menyebabkan air sungai tercemar dan sudah tidak layak lagi untuk dikonsumsi walaupun sudah diproses. Manusia adalah makhluk hidup yang sangat berperan dalam pencemaran air. Mahluk hidup lainnya seperti hewan, tumbuhan dan mikroorganisme juga berperan tetapi sangatlah sedikit.
Dengan tercemarnya sumber-sumber air baku seperti sungai, danau, air tanah (oleh buangan kotoran manusia dan oleh bahan-bahan kimia hasil buangan industri) menjadikan proses pengolahan air baku tersebut menjadi air layak konsumsi menjadi lebih mahal. Manusia memang tidak pernah berhenti berfikir. Setiap muncul suatu masalah, maka akan dicari jalan keluarnya melalui aplikasi teknologi. Contohnya di negara Israel. Di negara tersebut, pemerintahnya harus mengolah air laut menjadi air tawar layak minum untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Hal tersebut dilakukan karena ketersediaan air baku tawar sudah sangat minim. Teknologi tersebut tergolong baru dan relatif mahal. Di sektor perkebunan, warga israel telah menemukan metode penyiraman tanaman yang terbukti sangat efektif dalam penggunaan air yaitu metode penyiraman tetes. Dengan metode ini kita dapat mengurangi kebutuhan air pada tanaman tanpa menurunkan produksi tanaman tersebut.
Tetapi apakah kita akan terus seperti ini, menutupi suatu masalah hanya dengan teknologi tanpa memperbaiki sumber utama dari masalah tersebut. Sumber utama masalah krisis air bersih ini adalah pola hidup manusia yang tidak ramah lingkungan. Untuk itu yang harus diubah adalah pola hidup manusia menjadi ramah terhadap lingkungan. Marilah kita berubah, dimulai dari diri kita sendiri. Salam hidup sehat!
Terimakasih.

Surya Dwiatmaja
Z007-SURYA

sanuri-industri27.blogspot.com mengatakan...

Assalamualaikum pak,
Menanggapi modul-11 mengenai pencemaran air sebenarnya yang terjadi hanyalah kurangnya rasa kepedulian manusia untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan dimana hal ini berdampak pada rusaknya ekosistem sehingga mengganggu siklus kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.
Peran serta masyarakat dalam meningkatkan kualitas sumber mata air dengan mengurangi sumber polusi seperti limbah rumah tangga, membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kelestarian sumber mata air serta melakukan pengawasan terhadap sumber polusi seperti pemakaian deterjen dan pestisida serta pengolahan limbah industri yang sesuai dengan standar sehingga mampu mengurangi dan meminimalkan dampak yang ditimbulkan oleh limbah tersebut.
sudah selayaknya peraturan Menteri Kesehatan No. 416/MENKES/PER/IX/1990 tentang standar kualitan air bersih dan air minum harus diterapkan dan menjadi acuan bagi Perusahaan Pengelola Air Minum maupun perusahaan yang bergerak dibidang jasa pengadaan air minum kemasan, sehingga masyarakat dapat menggunakan air tersebut tanpa harus khawatir bahwa air yang dikonsumsi mengandung senyawa yang berbahaya bagi kesehatan.
Demikian dari saya.

Wassalamualikum.
Z025-Sanuri

Unknown mengatakan...

Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti sungai , danau , lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia
Penyebab terjadinya banjir yaitu Sampah organik seperti air comberan menyebabkan peningkatan kebutuhan oksigen pada air yang menerimanya yang mengarah pada berkurangnya oksigen yang dapat berdampak parah terhadap seluruh ekosistem.Pencemaran air oleh sampah
Penggunaan bahan peledak untuk menangkap ikan.

menurut saya pencemaran air dapat di cegah seperti tidak memakai bahan peladak saat menangkap ikan , tidak membuang limbah ke sungai . air merupakan salah satu faktor utama dalam kehidupan manusia seperti untuk minum , menanam bebagai macam tumbuhan yang dapat menguntungkan manusia , jadi sebaiknya kita harus menjaga air karna jika air sudah tercemar oleh limbah pabrik yang mengandung logam berat kita akan sangat sulit untuk mencari air yang bersih untuk kita konsumsi .


IVAN PRATAMA SYAWAL
Z020-IVAN

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Assalamualaikum Pak,

Pendapat saya mengenai pencemaran air adalah merupakan suatu fenomena kerusakan lingkungan hidup, yang banyak dirasakan dampaknya oleh masyarakat perkotaan yang padat penduduknya. Pencemaran air menyebakan sulitnya memperoleh air bersih, hal ini yang juga ikut saya rasakan. Padahal sebagaimana kita tahu bahwa secara kuantitas Negara Indonesia mempunyai sumber air baku yang melimpah seperti air laut, air sungai, air tanah, air danau dan lainnya. Namun sangat disayangkan, dari segi kualitas air-air baku ini sudah sangat tercemar oleh aktivitas manusia yang tidak bertanggung jawab. Pencemaran air oleh aktvitas manusia ini yang menyebakan penurunan kualitas air berdasarkan parameter fisika, kimia, dan mikrobiologinya. Lagi-lagi kesadaran manusia yang rendah akan kelestarian lingkungan hiduplah yang menjadi masala utamanya, fenomena yang sering terjadi di Indonesia misalnya membuang sampah ke sungai, membuang berbagai macam limbah ke sungai seperti limbah detergen dari rumah tangga, limbah pabrik, tumpahan minyak di pantai, penggunaan pestisida yang berlebihan dan lainnya. Di perkotaan khususnya daerah kawasan industri, limbah industri menjadi penyumbang utama terhadap pencemaran lingkungan air. Limbah dari industri logam dan bahan kimia contohnya mempunyai dampak yang sangat besar terhadap cemaran kimia pada air dan akan sangat berbahaya bagi kesehata manusia. Jika air sudah tercemar, air ini sudah tidak layak pakai apalagi dikonsumsi, dan jika digunkan akan menyebabkan berbagai masalah dan gangguan kesehatan, contohnya adalah penyakit kulit.
Sejatinya air adalah rizki yang diturunkan Tuhan untuk kehidupan manusia, tanpa air seluruh kehidupan di dunia ini akan punah, mengingat pentingnya air bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya dan sebagai wujud syukur kita, maka sudah menjadi kewajiban dan tanggug jawab kita bersama sebagai kosnumen alam ini untuk mengembalikan seperti sedia kala setiap apa yang telah alam berikan kepada kita, bukan malah mengeksploitasi berlebihan apalgi mencemari dan merusaknya. Jangan membuat alam menjadi murka dengan kita,tapi bersahabatlah dengan alam :)

DINI SYARAH, Z024-DINI

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaykum, selamat sore, Pak.
Menanggapi ulasan modul 10 tentang pencemaran air, menurut saya hal ini memang masalah kritis yang dialami warga Indonesia khususnya penduduk perkotaan sejak dekade lalu. Sebagai pemukim di daerah DKI dan sekitarnya tentu pemandangan tak mengenakan sungai Citarum dan Ciliwung yang kini menjelma menjadi air got raksasa sudah tak asing lagi. Padahal, fungsi inti dari sungai seperti untuk MCK dan bahkan air minum masih dimanfaatkan warga Daerah Aliran Sungai. Kondisi yang memperihatinkan ini ironisnya tidak ditanggapi pemerintah secara tegas dan profesional. Limbah domestik, limbah bawaan daerah lain, atau limbah pabrik yang mencemari air sungai dan tidak melalui pengolahan limbah terlebih dahulu, tidak ditindak sebagaimana UU dan Peraturan Kemenkes. Tapi saya salut dengan usaha Pemprov DKI yang membenahi Waduk Ria Rio dari sampah-sampah yang menggenang dan bau tak sedap sekarang sebagiannya sudah bersih. Saya berharap pemerintah dapat menertibkan penyalahgunaan sungai sebagai tempat pembuangan limbah tanpa pengolahan terlebih dahulu, terutama di kawasan industri. Selebihnya, kita lah sebagai manusia yang beradab sewajarnya memiliki kesadaran diri untuk tidak membuang sampah padat, khususnya yang berbahan plastik dan botol, ke sungai.

Andiny Arifin
Z021-ANDINI

Unknown mengatakan...

pencemaran air yang terjadi di indonesia ini, khususnya yang terjadi di ibu kota sudah sangatlah mengkhawatirkan,bahkan secara umum, pencemaran air sungai dijakarta sudah berada di kategori pencemaran berat, pencemaran ini lebih banyak diakibatkan oleh ulah manusia sendiri yang secara sadar dan senganja membuang sampah dan limbah rumah tangganya di aliran sungai, akibatnya sungai menjadi tercemar. pencemaran sungai juga mengancam habitat dan ekosistem didalannya, sehingga mengakibatkan ikan dan biota air sungai menjadi musnah, kalaupun ikan masih hidup itu juga tidak layak untuk diknsumsi lagi, karena pemcemaran sungai itu juga mencemari dan mempengaruhi kadar gizi dari ikan sungai yang dikonsumsi, makah akan menjadi berbahaya jika dikonsumsi.

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum wr,wb
Air adalah suatu zat kimia yang paling banyak di butuhkan oleh manusia untuk menjali kehidupannya di dunia. Karena manusia sangat tergantung oleh air sudah seharusnya kita merawat / menjaga air di muka bumi ini tidak tercemar oleh bahan2 kimia yanng berbaya lainnya. Karena dengan sadar manusia di bumi ini melakukan pencemaran lain padahal dampaknya pada manusia itu sendiri. Contoh seperti membuang sampah di kali / sungai. Dan banyak ibu –ibu rumah tangga yang membuang bekas deterjen langsung ke sungai padahal itu lah yang menjdikan air di muka bumi tercemar.
Sekian dan terima kasih,
Wassalamualaikum wr,wb
Z029-BURHAN

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum wr,wb

Pendapat saya menanggapi tentang pencemaran air adalah bukan hal yang aneh bila kita melihat sungai yang ada di Indonesia sudah banyak tercemar khususnya ibu kota Jakarta. Di Jakarta sungai sudah tercemar dengan berbagai macam limbah, baik limbah industri dan rumah tangga.
Ciri-ciri air yang mengalami pencemaran bervariasi tergantung dari jenis air dan polutannya atau komponen yang menyebabka polusi. Kita dapat mengetahui sifat sifat air yang tercemar dari nilai pH keasaman,suhu, warna, bau, rasa, kandugan minyak, logam berat dan bahan radioaktif
Kita tau secara umum bahan pencemaran air salah satuya adalah diterjen. Diterjen yang secara umum adalah bahan yang digunakan sebagai pembersih diantaranya sabun cuci dan cairan pembersih. Banyak dari kia tidak mengetahui bahwa diterjen memiliki senyawa petrokimia atau surfaktan sintetik lainnya.
Contoh lain bahan pencemaran air adalah penanganan air buangan. Karena air yang telah digunakan untuk industri, irigasi, keperluan rumah tangga dan lainnya akan kembali lagi ke asalnya. Bentuk kontrol yang paling umum dilakukan dalam industri-industri terdiri dari sistem buangan dan penanganan air buangan. Dimana air buangan dikumpulkan dan dialirkan ke tempat pengolahan limbah agar air buangan yang dihasilkan dapat memenuhi syarat utuk dibuang kembali ke suplai air minum. Proses penangana air buangan pada prinsipnya memiliki tiga tahap diantaranya proses penanganan primer, sekunder dan tersier atau lanju.

IRFAN ARLIANSYAH
Z001- IRFAN

Andri Liyancen T mengatakan...

Sekitar dua pertiga dari permukaan bumi ditutupi oleh air; kurang dari sepertiga berupa daratan. Sementara penduduk bumi terus bertambah, beban terhadap sumber daya air bertambah. Dalam arti, lautan, sungai, dan perairan kita lainnya pedalaman sedang “diperas” oleh kegiatan manusia, dalam arti kualitas sumber daya air menjadi berkurang. Kualitas air yang buruk maksudnya adalah pencemaran air
Polusi air dapat didefinisikan dalam banyak cara. Biasanya, itu berarti satu atau lebih zat telah terkumpul dalam air sedemikian rupa sehingga menyebabkan masalah bagi hewan atau orang. Lautan, danau, sungai, dan perairan pedalaman lainnya secara alami dapat membersihkan sejumlah polusi dengan mengencerkan zat pengganggu sehingga tidak membahayakan.
Dengan demikian, polusi air terkait dengan jumlah: berapa banyak zat polusi dilepaskan dan seberapa besar volume air yang menerima zat polusi tersebut. Sebuah jumlah kecil dari bahan kimia beracun mungkin memiliki dampak yang kecil jika tumpah ke laut dari kapal. Tapi jumlah yang sama dari bahan kimia yang sama dapat memiliki dampak yang jauh lebih besar jika dimasukkan ke danau atau sungai, di mana hanya ada sedikit air bersih untuk mengencerkannya.
Polusi air hampir selalu berarti bahwa beberapa kerusakan telah terjadi untuk lautan, sungai, danau, atau sumber air lainnya.
Andri Liyancen T
Z031-Andri

Unknown mengatakan...

Selamat malam pak,

Pencemaran air bukanlah hal yang baru untuk kita jumpai. Sudah banyak kasus yang terjadi, yaitu kerugian besar yang disebabkan pencemaran air. Di Negara kita contohnya, banyak ikan mati karena danau tempat pemeliharaan ikan tercemar limbah berat. Tentu saja hal ini menggggakibatkan kerugian yang besar bagi kehidupan perekonomian kita.
Pengamatan pencemaran air secara fisis dapat dilihat dari tingkat kejernihan air atau keruh tidaknya air, perubahan suhu, dan apakah ada perubahan warna, bau dan rasa. Jika terdapat perubahan-perubahan tersebut seperti air menjadi berwarna hitam, bau gas, dll berarti air lingkungan sudah tercemari.Kita harus menjaga kestabilan kondisi air yang terbebas dari pencemaran yang akan berpengaruh dalam kehidupan dan juga khlayak banyak.

Rahma Karina Putri-Z006

nova mengatakan...

menanggapi tentang pencemaran air .
air adalah suatu kebutuhan pokok untuk manusia yang di berikan oleh Allah SWT kepada kita selaku umatnya. Air seharusnya bersih dari bahaya pencemaran macam macam zat yang bisa bersumber dari manufaktur/industri atau dari manusia itu sendiri yang suka membuang sampah ke sungai, dan bukan manusia saja yang di rugikan hewan atau habitat biota air pun akan punah bila air tercemari bahan-bahan kimia yang berbahaya . atau seperti di indonesia yaiu Kasus lumpur lapindo yang ada di sorong sidoarjo, itu adalah akibat air tanah yang tercampur oleh bahan kimia yang di sebabkan oleh kelalaian manusia , mengapa manusia tega merusak kebutuhan meraka sendiri, padahal air sangatlah penting untuk meraka dan kehidupan global . seharusnya manusia saling menjaga agar air tidak tercemar , air bisa saja mengamuk seperti banjir dan tsunami.
banyak dampak yang telah terjadi akibat pencemaran air , tidak kasiankah kita melihat pencemaran air tersebut. berawal dari diri kita sendiri agar tidak melakukan pencemaran air untuk memprtahankan biota air sungai dan terciptanya air sungai yang bersih . namun itu semua sulit untuk di ciptakan .
sekian dari saya pak.
Z011-NOVA, Komentar Modul 11 , pencemaran air , Nova bahrudin

Unknown mengatakan...

Berdasarkan penalaran saya, air sangatlah penting bagi kehidupan manusia karena tubuh manusia sendiri terdiri dari hampir 80% air. Kita sebagai manusia dimana ditopang oleh cairan dalam tubuh kita sendiri sangatlah memerlukan air yang sehat, sehat dalam artian dapat meberikan manfaat pada kehidupan kita. Dalam waktu beberapa hari kita bisa menahan lapar, namun kita tidak dapat menahan haus karena itu akan mebunuh kita. Olehkarena itu marilah kita bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan terutama lingkungan perairan agar air bersih dapat mudah ditemukan dan kitapun dapat meneruskan kehidupan di bumi ini. Karena percumah saja apabila terdapat air yang melimpah namun itu semua hanyalah air yang tercemar, percumah karena kita tidak dapat memanfaatkan keberadaan air tersebut.

Sekian Komentar Dari Saya. . .
Soleh Hakim Ansori
Y011-SOLEH

nana_kuul mengatakan...


Sejatinya, air adalah rezeki yang diturunkan Tuhan untuk kehidupan manusia. Darinya tumbuhlah bermacam-macam tumbuhan yang dapat dikonsumsi manusia mulai dari sayuran, buah-buahan seperti buah manggis dan alpukat, anggur brasilia umbi-umbian, padi dan seluruh tumbuhan mulai dari yang terkecil hingga yang besar dan rindang. Bahkan bukan hanya tumbuhan, tanahpun menjadi subur dan tidak kering. Selain tumbuhan dan tanah, makhluk hidup lainnya


Bakteri, virus, bahan kimia, dan pestisida dapat mencemari air minum kita. Adanya kontaminan dalam air dapat mengganggu kesehatan kita, misalnya penyakit saluran pencernaan.

Z018-ERNA

nana_kuul mengatakan...


Sejatinya, air adalah rezeki yang diturunkan Tuhan untuk kehidupan manusia. Darinya tumbuhlah bermacam-macam tumbuhan yang dapat dikonsumsi manusia mulai dari sayuran, buah-buahan seperti buah manggis dan alpukat, anggur brasilia umbi-umbian, padi dan seluruh tumbuhan mulai dari yang terkecil hingga yang besar dan rindang. Bahkan bukan hanya tumbuhan, tanahpun menjadi subur dan tidak kering. Selain tumbuhan dan tanah, makhluk hidup lainnya


Bakteri, virus, bahan kimia, dan pestisida dapat mencemari air minum kita. Adanya kontaminan dalam air dapat mengganggu kesehatan kita, misalnya penyakit saluran pencernaan.

Z018-ERNA

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum wr wb .
Menanggapi modul 10 tentang pencemaran air , menurut saya ini memang masalah yang sangat prihatin buat kehidupan didunia . karena air sendiri adalah sumber kehidupan di dunia yang sangat dibutuhkan untuk manusia, saat ini pencemaran yang sangat terlihat diperkotaan diindonesia seperti dijakarta. Sungai di jakarta hampir semua sudah tercemari oleh sampah, limbah pabrik / rumah tangga , tetapi usaha pemprov DKI untuk membersihkan sungai-sungai sedikit membuahkan hasil . saya melihat sungai sekarang ini lebih bersih dari sebelumnya, seharusnya sungai harus dijaga dan dilindungi seperti tidak buang sampah sembarangan ataupun limbah . karena bagaimanapun sungai sangat penting bagi kehidupan didunia, semoga sungai nanti bisa sebagai asset dimasa depan nanti untuk anak dan cucu kita . dengan cara tidak buang sampah sembarangan dan limbah pabrik/rumah tangga , sehingga ekosistem disungai akan jauh lebih baik dan bisa lebih menguntungkan bagi manusia.
Sekian dari saya
Terimakasih
Walaikumsallam wr wb .
Ashim asy’ari, 41615110029
Z014-Ashim

Unknown mengatakan...

air merupakan kebutuhan pokok bagi semua makhluik hidup didunia ini.baik itu manusia,tumbuhan dan juga hewan pasti sangat membutuhkan air.tanpa air sudah dipastikan didunia ini tidak ada kehidupan.
Manusia mungkin dapat hidup beberapa hari akan tetapi manusia tidak akan bertahan selama beberapa hari jika tidak minum karena sudah mutlak bahwa sebagian besar zat pembentuk tubuh manusia itu terdiri dari 80% adalah air.
mengingat disekitar kita saat ini sangat jarang ditemukan sumber mata air maka kita harus selalu menghemat penggunaan air.gunakanlah air secukupnya untuk keperluan kita sehari hari.Penting bagi kita sebagai manusia untuk tetap selalu melestarikan dan menjaga agar air yang kita gunakan tetap terjaga kelestariannya dengan melakukan pengelolaan air yang baik seperti penghematan, tidak membuang sampah dan limbah yang dapat membuat pencemaran air sehingga dapat menggangu ekosistem yang ada.


danu utomo
z004-DANU

Wismoyo Aris M mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Wismoyo Aris M mengatakan...

Air merupakan sumber daya alam yang sangat diperlukan oleh manusia dan makhluk hiudp lainnya. Manusia memerlukan air baik untuk proses kimia fisika maupun untuk aktifitas kehidupan lainnya.
Sekalipun air merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui, tetapi kualitas air sangat dipengaruhi oleh peranan manusia dalam pengelolaannya. Kualitas total air tawar yang ada di bumi jumlahnya relatif dapat menurun jumlahnya.

wismoyo aris munandar
Z032-ARIS

Unknown mengatakan...

menanggapi pencemaran air di indonesia kita sebagai manusia harusnya mempunyai sikap peduli terhadap lingkungan oleh karenanya kita bisa melakukan pencegahan dini agar air tidak tercemar dengan melakukan membuang sampah pada tempatnya,pengolahan air dari industri juga harus dikelola dengan baik dengan begitu pencemaran air bisa kita cegah kalau bukan kita siapa lagi.

terima kasih..
ANJAR MALIK
Z019

Unknown mengatakan...

Air sangat penting bagi kehidupan seluruh makhluk hidup di bumi ini. Bayangkan bila di dunia ini tidak ada air, atau ada air namun sudah tercemar. Pasti ekosistem di bumi ini akan terganggu dan tidak setabil, bahkan mungkin akan ada spesies yang punah dan bisa tidak terdapat kehidupan jika tak ada air. Pencemaran air itu lebih banyak hasil dari ulah manusia yang kurang peduli atas lingkungannya. Manusia yang kurang atau tidak peduli dengan lingkungan pasti akan membuang limbah yang mengandung zat kimia langsung ke sumber air. Ayo lah kita sadar dan berubah untuk mencintai lingkungan kita agar tetap lestari dan nyaman. Agar suatu saat nanti anak cucu kita bisa menikmati air bersih yang tidak tercemar zat berbahaya.

sekian dan terima kasih...

Z034-SUSANTO

Unknown mengatakan...

Seperti yang kita tau air bagian terbesar yang ada di bumi kurang lebih 71% air merupakan sumber kehidupan manusia, dapat di bayangkan, bagaimana dapat berlangsung kehidupan tanpa air. Walaupun air banyak tapi hanya beberapa yang dapat di konsumsi manusia, seperti air tanah dan air dari pegunungan. Air tanah, biasanya orang dulu mengambil air dari sumur dengan cara di timba. mengapa sekarang sudah sangat jarang orang menggunakan sumur ? karna jumlah air tanah yang semakin sedikit dan tercemar akibat pabrik industri. padahal air tanah ini cukup penting pada saat musim kemarau tiba. Kegiatan industri yang membuang limbahnya sembarang dan akhirnya mencemari air sekitar dapat berdampak besar pada lingkungan, dapat merusak ekosistem setempat.Jadi saya harap para pelaku kegiatan industri dapat lebih bijaksana dalam masalah pengelolaan limbah karna ini berhubungan dengan air yaitu sumber kehidupan manusia.

Rifqi Fadhlurrahman
Y020-RIFQI

Unknown mengatakan...

Pencemaran air memang merupakan masalah yang sangat serius dan memerlukan kerjasama semua pihak untuk menangani masalah ini supaya kita mendapat sumber air yang bersih dan dapat hidup dalam persekitaran yang tiada pencemaran air. Kita harus menggunakan air seperlunya dan tidak menggunakan air yang tercemar untuk kebutuhan dan keperluan sehari-hari karena di dalamnya terkandung zat-zat yang sangat berbahaya. Pencemaran air akan terus ada, namun kita dapat menanggulangi dan mengurangi jumlah pencemaran air.

Beny Dwiyantoro
Y021-BENY

Afifah Putri Nadiyah mengatakan...

Sudah faktanya memang jika sebagian besar wilayah bumi ini meliputi air. Lalu sudah kewajiban manusia untuk menjaga air tersebut.Jangan mencemari air dengan kotoran-kotoran.Tidak seharusnya kita membuat pencemaran air dengan membuang limbah sembarangan ke sungai atau laut, karena ituu akan membuat air tidak jernih seperti semula. Masih banyak orang di daerah pelosok yang membutuhkan air bersih dan tak jarang juga mereka kekurangan air bersih.Mengapa bisa begitu? ya ulah manusia sendiri yang mengakibatkan air bersih sulit dicari lagi karen pencemaran air yang sudah sangat konkret untuk saat ini. Maka dari itu marilah bersama-sama membuat kesadaran agar tidak melakukan tindakan yang dapat merukan ekosistem. Sudah kewajiban kita untuk menjaga anugerah dari tuhan untuk kita.

Afifah Putri Nadiyah
Y028-AFIFAH

Unknown mengatakan...

Yang seperti kita ketahui sekitar 70% bagian bumi adalah air, dan sebagian tubuh kita juga merupakan air.Itu berarti air merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting, terutama kebutuhan air bersih. Namun, dijaman modern ini persedia air bersih semakin berkurang bahkan dibeberapa daerah tingkat persedian air bersih berada di titik yang sangat mengkhawatirkan. Banyak sekali daerah di Indonesia mengalami kritis air bersih bukan hanya di daerah terpencil bahkan berkotaan pun terkadang masih mengalami krisis air bersih, peningkatan kebutuhan air bersih yang dibutuhkan tidak diikuti dengan peningkatan pengelolaan lingkungan dengan baik. malah sebaliknya, dengan adanya kemajuan teknologi manusia menjadi tidak memperhatikan lingkungan disekitarnya, manusia menjadikurang peka karna hanya mau yang instan dan malah merusak lingkungan. Saat ini sebagian besar kali yang ada di Indonesia terkena dampak pencemaran, bahkan banyak kali yang airnya berwarna coklat dan bau tidak sedap, sehingga tidak bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari, dan banyak sekali daerah yang mudah sekali mengalami kekeringan. bahkan saat ini air bersih menjadi bahan ekonomi karena semakin terbatasnya persediaan air, sehingga masyarakat terpaksa membeli air unutuk memenuhi kebutuhannya.
Jika sekarang saja air bersih sulit, bagaimana 2,5, atau 10 tahun kedepan? apakah mungkin air habis? Maka dari itulah kita mulai menjaga lingkungan kita agar sedikit demi sedikit lingkungnan mengalami perbaikkan, perhatikkanlah lingkungan anda, pikirkan akibat dari 2,5,10 tahun yang akan datang, bukan hanya keuntungan sementara.
Terimakasih.

Junitadahra
JUNI-Y007

Unknown mengatakan...

Menurut saya air sangatlah penting bagi manusia karena di bumi juga lebih banyak terdapat lautan daripada daratan tetapi mengapa sekarang manusia banyak yang mengeluh karena kekurangan air bersih itu diakibatkan air di zaman sekarang sudah banyak yang tercemar oleh limbah pabrik dan juga manusia tidak menanam pohon di area sekitar mereka padahal pohon itu merupakan resapan air yang paling baik. Ketika musim kemarau ataupun lagi saat banjir masyarakat susah mendapatkan air bersih, karena dari masyarakat sendiri lah yang tidak sadar akan pentingnya menjaga air yang bersih.

Y016-SARAH
sarah fachira

Unknown mengatakan...

pencemaran air adalah merupakan suatu fenomena kerusakan lingkungan hidup, yang banyak dirasakan oleh masyarakat.Pencemaran air menyebabkan sulitnya memperoleh air bersih, hal ini yang juga saya rasakan. Padahal sebagaimana kita tahu bahwa secara kuantitas negara indonesia mempunyai sumber air yang baku yang melimpah seperti air laut, air sungan dan lainnya. Namun sangat disanyangankan dari segi kualitas air baku ini sudah sangat tercemar oleh aktivitas manusia yang tidak bertanggung jawab. Kerusakan pencemaran air ini yang menyebabkan penurunan kualitas air berdasarkan fisika dan kimia. Lagi-lagi kesadaran manusia yang rendah akan kelestarian lingkungan hiduplah yang menjadi masalah utamanya, fenomena yang sering terjadi di Indonesia misalnya membuang sampah ke sungai, membuang berbagai macam limbah ke sungai seperti limbah detergen limbah pabrik, tumpahan minyak di pantai, penggunaan pestisida yang berlebihan dan lainnya. Diperkotaan khususnya daerah kawasan industri, limbah industri menjadi penyumbang utama terhadap pencemaran lingkungan air. Limbah dari industri logam dan bahan kimia contohnya mempunyai dampak yang sangat besar terhadap cemaran kimia pada air dan akan sangat berbahaya bagi kesehata manusia. Jika air sudah tercemar, air ini sudah tidak layak pakai apa lagi dikonsumsi, dan jika digunkan akan menyebabkan berbagai masalah dan gangguan kesehatan, contohnya adalah penyakit kulit. jadi air sangat penting bagi kehidupan manusia, tanpa air manusia akan punah. maka sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga alam sekitar. jangan pernah membuat alam marah dengan kita akan tetapi bersahabatlah dengan alam.

Y022-Galih
Galih Bagas

Unknown mengatakan...

Telah kita ketahui air adalah faktor penting dalam kehidupan semua makhluk hidup selain udara dan bumi itu sendiri mengandung 71% air. Pada saat ini kenyataannya air sudah banyak tercemar akibat aktivitas manusia. Tercemarnya air memberikan dampak merugikan bagi makhluk hidup, lingkungan, dan juga mengganggu kesehatan manusia. Sungai, danau, lautan, atau tempat penampungan air lainnya sudah menyimpang dari fungsi utamanya bahkan menjadi tempat pembuangan sampah. Semua itu akibat dari manusia yg tidak mempunyai kesadaran untuk menjaga air, akibatnya saat ini kita susah untuk mendapatkan air dan timbul penyakit yg disebabkan oleh air yg tercemar. Di Indonesia sendiri pencemaran air sudah menjadi hal yg tidak bisa dikesampingkan lagi dan harus menjadi prioritas utama kita semua untuk membenahi pencemaran air tersebut. Sebanyak 64 dari total 470 Daerah Aliran Sungai (DAS) yang ada di Indonesia saat ini dalam kondisi yang kritis. Maka dari itu mulalilah dari sekarang untuk meningkatkan kesadaran kita semua agar memanfaatkan air sesuai fungsinya, sehingga kita semua dapat merasakan dampak yg positif yg tidak merugikan. karena jika tidak ada air maka kehidupan manusia dapat terancam.

Ardhika Nugraha
Y025-ARDHIKA

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Menurut moodul 11 yang telah saya baca pada kali ini seperti yang kita ketahui bahwa pada saat ini dinegara kita mempunyai masalah besar dengan pencemaran air. Apalagi indonesia merupakan negara agraris yang merupakan 75-80% terdiri dari lautan yang membentang luas dan sisanya adalah daratan. Dikota-kota besar, masalah pencemaran air sungguh sangat merepotkan sekali. karena masyarakat yang ada diperkotaan kesadaran untuk menjaga air sangat sedikit sekali. apalagi limbah-limbah rumah tangga maupun limbah-limbah dari pabrik selalu menghiasi sungai, danau, kali-kali, maupun di pesisir pantai dan lautan. yang mengakibatkan pencemaran air semakin parah sekali. apalagi manusia itu sangat membutuhkan air, jika air sudah tidak ada didunia ini lagi. maka manusia akan kesulitan dan bahkan akan menimbulkan penyakit seperti dehidrasi dll. Oleh sebab itu para warga dan Masyarakat dikota-kota besar maupun diperkotaan kecil merilah menjaga air agar tidak tercemar, dan kebutuhan air dapat terpenuhi. Dan biasakan membuang sampah pada tempatnya bukan pada seloka, sungai, danau, pesisir pantai dan lautan agar tidak ada lagi yang namanya pencemaran air.


REZTI MIRANTY SYAHRULLY
Y026-REZTY

Unknown mengatakan...

Setelah saya membaca modul 11 saya dapat menyimpulkan bahwa air adalah zat kimia yg penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di bumi, tetapi tidak di planet lain. Air menutupi hampir 71% permukaan bumi. Jadi jika kita mencemarinya sama saja kita menghancurkan bumi kita sendiri. Karena air berperan penting bagi kehidupan semua makhluk di bumi, mari kita jaga kebersihan air.


Septian Eka Kusmawardani
Y024-SEPTIAN

Unknown mengatakan...

Setelah membaca modul 11 Di banyak tempat di dunia terjadi kekurangan persediaan air. Selain di bumi, sejumlah besar air juga diperkirakan terdapat pada kutub utara dan selatan planet Mars, serta pada bulan-bulan Europa dan Enceladus. Air dapat berwujud padatan (es), cairan (air) dan gas (uap air). Air merupakan satu-satunya zat yang secara alami terdapat di permukaan bumi dalam ketiga wujudnya tersebut. Pengaturan air yang kurang baik dapat menyebakan kekurangan air, monopolisasi serta privatisasi dan bahkan menyulut konflik. Perairan bumi dipenuhi dengan kehidupan. Makhluk-makhluk pertama berasal dari perairan. Hampir semua ikan hidup di dalam air, selain itu, mamalia seperi lumba-lumba dan ikan paus juga hidup di dalam air. Hewan-hewan seperti amfibi menghabiskan sebagian hidupnya di dalam air. Tumbuhan seperti alga dan rumput laut menjadi sumber makanan ekosistem perairan. Di samudra, plankton menjadi sumber makanan utama.

Y030-Eko
Mochamad Alvin

Inda widaliana mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Inda widaliana mengatakan...

setelah saya membaca modul 11 pencemaran air atau polusi air adalah penyimpangan sifat-sifat air dari keadaan normal,bukan dari kemurniannya.Air yang tersebar di alam tidak pernah terdapat dalam bentuk murni, tetapi bukan berarti semua air sudah terpolusi.Sebagai contoh,meskipun di daerah pegunungan atau hutan yang terpencil dengan udara yang bersih dan bebas dari polusi,air hujan selalu mengandung bahan-bahan terlarut seperti CO2,O2 dan N2,serta bahan-bahan tersuspensi seperti debu dan partikel-partikel lainnya yang terbawa dari atmosfer.Ciri-ciri air yang mengalami pencemaran sangat bervariasi tergantung dari jenis air dan polutannya atau komponen yang mengakibatkan polusi. Sebagai contoh air minum yang terpcemar mungkin rasanya akan berubah meskipun perubahan baunya mungkin sukar dideteksi, bau yang menyengat mungkin akan timbul pada pantai laut, sungai dan danau yang terpolusi, kehidupan hewan air akan berkurang pada air sungai yang terpolusi berat, atau minyak yang terlihat terapung pada permukaan air laut menunjukkan adanya polusi. Tanda-tanda polusi air yang berbeda ini disebabkan oleh sumber dan jenis polutan yang berbeda-beda.

Y012-INDA

Inda Widaliana

Prima Intania mengatakan...

setelahy saya membaca modul 11 tentang pencemaran air atau polusi air adalah penyimpangan sifat-sifat air dari keadaan normal,bukan dari kemurniannya air.air adalah zat ki8mia yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini dibumi,tetapi tidak diplanet lain.air menutupi 71% permukaan bumi.banyak cara mengatasi pencemaran air salah satunya adalah menanam tanaman-tanaman berkayu tebal dan tidak membuang sampah kesungai,ciri-ciri air yang mengalami pencemaran sangat5 bervariasi tergantung dari jenis air dan polutannya atau komponen yang mengakibatkan polusi.tanda-tanda polusi air yang berbeda ini disebabkan oleh sumber dan jenisnya yang berbeda-beda.kesimpulannya sebagai makhluk yang membutuhkan air harus menjaga dan merawat pencermaran air yang tidak kita inginin TERIMAKASIH
PRIMA INTANIA YOLANDA
Y010-PRIMA

Unknown mengatakan...

Air adalah salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari seperti untuk minum, mencuci, mandi dsb. Pencemaran air terjadi akibat pola hidup manusia yang sembarangan dan tidak memperdulikan alam dengan cara membuang limbah bekas pakai ke sungai, laut dsb yang menyebabkan air yang semula bersih jadi tercemar, pencemaran air juga sering diartikan sebagai masuknya bahan pencemar ke dalam lingkungan perairan, sehingga menurunkan kualitas air. maka dari pada itu kita harus menjaga lingkungan kita agar kita bisa menikmati air yang bersih dan tidak tercemar.

ADE YULIANTI
Y015-ADE

Unknown mengatakan...

pencemaran adalah suatu kejadian dimana air mulai terpengaruh oleh senyawa yang ada di sektiarnya ,karna air adalah sebuah senyawa yang sangat mundah melarutkan atau pelarut terbaik ,dan karna kurang sadarnya manusia untuk menjaga kelestarian alam termaksud air yang menybab kan air tercemar untuk itu agar kita bisa menjaga kelestariannya kita harus mulai menanamkan rasa peduli tehadap air atau alam di sekitar kita
Y018-FATHONI
IHSAN FATHONI

mala mengatakan...

Tercemarnya air memberikan banyak dampak merugikan bagi lingkungan, kesehatan manusia, dan berbagai makhluk hidup di bumi. Air merupakan kebutuhan utama dan mendasar dalam setiap kehidupan manusia.
Air memegang peranan penting dalam menjaga kestabilan ekosistem, namun tak jarang kepedulian akan lingkungan mereka abaikan sehingga menyebabkan kerusakan ekosistem yang berdampak sangat buruk bagi kehidupan manusia. Selain itu dampak buruk pencemaran air dirasakan oleh makhluk hidup lainnya seperti binatang dan tumbuhan. Penyebab terbesar pencemaran air tersebut adalah limbah industri dan juga tak jarang orang-orang membuang sampah di sungai-sungai. Saat ini pencemaran air sudah menjadi masalah global yang membutuhkan perhatian khusus. Telah dikatakan bahwa salah satu penyebab utama kematian terbanyak terjadi karena polusi air tersebut. Tercatat lebih dari 14.000 orang setiap harinya meninggal karena masalah ini. Di India saja ada sekitar 1.000 anak-anak meninggal karena penyakit Diare. Sekitar 90% dari kota-kota kecil di China menderita polusi air hingga tingkatan tertentu, dan sekitar 500 juta orang tidak memiliki akses yang aman untuk air minum.

Aam Komalasari
Y023-AAM

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Satu molekul air tersusun atas dua atom hidrogen yang terikat secara kovalen pada satu atom oksigen air merupakan kebutuhan pokok manusia karena organ manusia membutuhkan air otak 74,5%, Tulang 22%, Ginjal 82,7%, otot 75,6% dan darah 83% dan juga dibutuhkan pada aktivitas manusia dalam kesehariannya. Indonesia sebagai negara yang kaya akan air, Indonesia memiliki 6% persediaan air dunia tetapi faktanya Pencemaran air di Indonesia mencapai 15-35% pencemaran air karena limbah industri dan rumah serta hampir 100% sumber air di Indonesia tercemar oleh bakteri E coli dan Coliform. Dampaknya akan berkembangnya penyakit-penyakit termasuk hepatitis, tifus, dan diare hingga kematian.

Agustina Dwiyanti
Y031-AGUSTINA

Unknown mengatakan...

Nah seperti yang sudah kita tau air bagian terbesar yang ada di bumi kurang lebih 71% air merupakan sumber kehidupan manusia, dapat di bayangkan, bagaimana dapat berlangsung kehidupan tanpa air. Walaupun air banyak tapi hanya beberapa yang dapat di konsumsi manusia, seperti air tanah dan air dari pegunungan. Air tanah, biasanya orang dulu mengambil air dari sumur dengan cara di timba. mengapa sekarang sudah sangat jarang orang menggunakan sumur ? karna jumlah air tanah yang semakin sedikit dan tercemar akibat pabrik industri. padahal air tanah ini cukup penting pada saat musim kemarau tiba. Kegiatan industri yang membuang limbahnya sembarang dan akhirnya mencemari air sekitar dapat berdampak besar pada lingkungan, dapat merusak ekosistem setempat. dan diperkotaan khususnya daerah kawasan industri, limbah industri menjadi penyumbang utama terhadap pencemaran lingkungan air. Limbah dari industri logam dan bahan kimia contohnya mempunyai dampak yang sangat besar terhadap cemaran kimia pada air dan akan sangat berbahaya bagi kesehata manusia. Jika air sudah tercemar, air ini sudah tidak layak pakai apa lagi dikonsumsi, dan jika digunkan akan menyebabkan berbagai masalah dan gangguan kesehatan, contohnya adalah penyakit kulit. jadi air sangat penting bagi kehidupan manusia, tanpa air manusia akan punah. maka sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga alam sekitar. jangan pernah membuat alam marah dengan kita akan tetapi bersahabatlah dengan alam.

AKRAM
Y006-AKRAM

YULIANI MADIKAWATI mengatakan...

Menurut data, 70% permukaan bumi kita adalah air. Akan tetapi dari semua air itu 97 % adalah air asin dan sisanya 3% adalah air tawar. Prosentasi air tawa r tadi masih dibagi dengan es, air tanah, air permukaan dan uap air. Selain itu, tidak semua air tawar layak untuk diminum. Itu juga belum termasuk air yang tercemar oleh manusia. Dan tidak semua daerah di dunia ini mendapatkan porsi air yang cukup.Krisis air bersih membuat sebagian besar penduduk Indonesia mesti mengkonsumsi air yang seharusnya tidak layak minum. United States Agency for International Development (USAID) dalam laporannya (2007), menyebutkan, penelitian di berbagai kota di Indonesia menunjukkan hampir 100 persen sumber air minum kita tercemar oleh bakteri E Coli dan Coliform . Oleh karna itu, kita harus terus menjaga lingkungan air kita.

YULIANI
Y002-YULIANI

Unknown mengatakan...

Pertumbuhan signifikan populasi manusia tidak dibarengi dengan kemampuan mereka untuk menjaga alamnya. Krisis air bersih yang layak dikonsumsi manusia semakin berkurang, namun kesadaran manusia terhadap pentingnya menjaga air untuk kehidupannya masih kurang. Masih sering kita dapati orang-orang yang suka seenaknya terhadap air disungai, seperti membuang sampah di sungai, buang air di sungai, membuang limbah rumah tangga maupun industri di sungai. Padahal sungai ini adalah milik alam, bukan manusia, bukan hak manusia untuk merusaknya. Indonesia merupakan salah satu yang paling parah pencemaran airnya, yang menyebabkan krisis air berih. Sayangnya, masih segelintir kalangan yang sadar akan hal ini.

Y017-ANNISA

Peggy Anjasmara mengatakan...

Nah seperti yang sudah kita tau air bagian terbesar yang ada di bumi kurang lebih 70% air merupakan sumber kehidupan manusia, dapat di bayangkan, bagaimana dapat berlangsung kehidupan tanpa air. Walaupun air banyak tapi hanya beberapa yang dapat di konsumsi manusia, seperti air tanah dan air pegunungan. Air tanah, biasanya orang dulu mengambil air dari sumur dengan cara di timba. mengapa sekarang sudah sangat jarang orang menggunakan sumur ? karna jumlah air tanah yang semakin sedikit dan tercemar akibat pabrik industri. padahal air tanah ini cukup penting pada saat musim kemarau tiba. Kegiatan industri yang membuang limbahnya sembarang dan akhirnya mencemari air sekitar dapat berdampak besar pada lingkungan, dapat merusak ekosistem setempat. dan diperkotaan khususnya daerah kawasan industri, limbah industri menjadi penyumbang utama terhadap pencemaran lingkungan air. jadi air sangat penting bagi kehidupan manusia, tanpa air manusia akan punah. maka sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga alam sekitar. jangan pernah membuat alam marah dengan kita akan tetapi bersahabatlah dengan alam.

Y009-Peggy

Unknown mengatakan...

Setelah membaca modul 11 mengenai pencemaran air, menurut saya sungai yang pada hakikatnya menjadi sumber air paling utama adalah yang saat ini paling tercemar. Indonesia memiliki sumber air hampir 6% sumber air dunia, atau sekitar 21% sumber air di wilayah Asia Pasifik. Pencemaran air merupakan masalah global utama yang membutuhkan evaluasi dan revisi kebijakan sumber daya air pada semua tingkat (dari tingkat internasional hingga sumber air pribadi dan sumur). Telah dikatakan bahwa pousi air adalah penyebab terkemuka di dunia untuk kematian dan penyakit.
Sepertinya menjadi salah satu sumber utama dan penyebab pencemaran sungai yang memberikan dampak paling kentara terutama pada masyarakat perkotaan di Indonesia.

AGNES AULIA SABANDI
Y004-AGNES

Febrian Rizkian Hilan Mile mengatakan...

Air merupakan salah satu sumber kehidupan manusia. Manusia dalam kesehariannya pun tak akan lepas dari penggunaan air, baik itu untuk mencuci maupun memasak. Jika tak ada air, bisa dipastikan keberlangsungan makhluk hidup tak akan ada. Namun pada kenyataannya saat ini air sudah tak seperti dulu, berkembangnya zaman ikut mempengaruhi kualitas air saat ini. Pencemaran air sudah banyak terjadi di seluruh dunia, akibatnya banyak manusia yang kesulitan mendapatkan akses air bersih yang layak. Pencemaran air sudah banyak membawa kerugian bagi kita semua, diperlukan kesadaran yang tinggi akan pentingnya air sebagai sumber kehidupan manusia. Walaupun hampir 70% bagian bumi adalah air namun 97% nya adalah air asin dan hanya 3% yang merupakan air tawar, itupula tidak termasuk yang sudah tercemar. Untuk itulah jagalah apa yang sudah Tuhan berikan kepada kita dan manfaatkan sebaik-baiknya. Sekian, terima kasih.

Y005-FEBRIAN
Febrian Rizkian Hilan Mile

Agis Priyanto mengatakan...

Pencemaran air memang menjadi masalah utama masyarakat modern. Apalagi jika itu terjadi pada masyarakat yang menggantungkan kebutuhan air dari sumber air tanah dan permukaan. Faktanya di dunia ada 14.000 orang meninggal setiap hari karena pencemaran air, 500 juta orang tidak mendapatkan akses air minum bersih, 90 persen sungai, 47 persen danau, dan 37 persen teluk serta muara di Amerika mengalami pencemaran air.
Sementara di Indonesia, ternyata setiap tahun indeks pencemaran air kian bertambah. Rata – rata pertambahannya adalah30 persen per tahun. Bahkan menurut data tahun 2013 – 2014, 75 persen sungai mengalami pencemaran air.
Penanganan yang kurang tanggap dari pemerintah membuat pencemaran air bisa menjadi sumber kematian bagi manusia.

Kita sebagai konsumen terbesar dalam penggunaan air dibandingkan dengan mahluk lain sebaiknya peduli dengan apa yang tengah terjadi sekarang. Kita bisa melakukan upaya pencegahan seperti membuat biopori, jangan membuang sampah dan zat buang lain sembarangan, serta kurangi penggunaan air secara berlebihan. Selain itu, pemerintah pun harus memperluas daerah resapan air yan kini mulai terabaikan.

Terima kasih,
Agis Priyanto

Z023-AGIS

Unknown mengatakan...

Pencemaran air bukanlah hal yang baru untuk kita jumpai. Sudah banyak kasus yang terjadi, yaitu kerugian besar yang disebabkan pencemaran air. Di Negara kita contohnya, banyak ikan mati karena danau tempat pemeliharaan ikan tercemar limbah berat. Tentu saja hal ini menggggakibatkan kerugian yang besar bagi kehidupan perekonomian kita.
Pengamatan pencemaran air secara fisis dapat dilihat dari tingkat kejernihan air atau keruh tidaknya air, perubahan suhu, dan apakah ada perubahan warna, bau dan rasa. Jika terdapat perubahan-perubahan tersebut seperti air menjadi berwarna hitam, bau gas, dll berarti air lingkungan sudah tercemari.Kita harus menjaga kestabilan kondisi air yang terbebas dari pencemaran yang akan berpengaruh dalam kehidupan dan juga khlayak banyak.

Muhammad Alphin Sepana Pratama
Y014-ALPIN

Unknown mengatakan...

Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. Danau, sungai, lautan dan air tanah adalah bagian penting dalam siklus kehidupan manusia dan merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Selain mengalirkan air juga mengalirkan sedimen dan polutan.
Pencemaran air merupakan masalah global utama yang membutuhkan evaluasi dan revisi kebijakan sumber daya air pada semua tingkat (dari tingkat internasional hingga sumber air pribadi dan sumur). Telah dikatakan bahwa pousi air adalah penyebab terkemuka di dunia untuk kematian dan penyakit, dan tercatat atas kematian lebih dari 14.000 orang setiap harinya. Diperkirakan 700 juta orang India tidak memiliki akses ke toilet, dan 1.000 anak-anak India meninggal karena penyakit diare setiap hari. Sekitar 90% dari kota-kota Cina menderita polusi air hingga tingkatan tertentu, dan hampir 500 juta orang tidak memiliki akses terhadap air minum yang aman. Ditambah lagi selain polusi air merupakan masalah akut di negara berkembang, negara-negara industri/maju masih berjuang dengan masalah polusi juga. Dalam laporan nasional yang paling baru pada kualitas air di Amerika Serikat, 45% dari mil sungai dinilai, 47% dari danau hektare dinilai, dan 32% dari teluk dinilai dan muara mil persegi diklasifikasikan sebagai tercemar.


Dwi Muji Abako
Z015-Dwi

Unknown mengatakan...

Tercemarnya air memberikan banyak dampak merugikan bagi lingkungan, kesehatan manusia, dan berbagai makhluk hidup di bumi. Air merupakan kebutuhan utama dan mendasar dalam setiap kehidupan manusia. Air memegang peranan penting dalam menjaga kestabilan ekosistem, namun tak jarang kepedulian akan lingkungan mereka abaikan sehingga menyebabkan kerusakan ekosistem yang berdampak sangat buruk bagi kehidupan manusia. Selain itu dampak buruk pencemaran air dirasakan oleh makhluk hidup lainnya seperti binatang dan tumbuhan. Penyebab terbesar pencemaran air tersebut adalah limbah industri dan juga tak jarang orang-orang membuang sampah di sungai-sungai.
Pencemaran air ialah suatu keadaan perubahan tempat penampungan air seperti sungai, danau, ataupun laut yang disebabkan oleh manusia.


FEBRI ARYANTI
Z002- FEBRI

Unknown mengatakan...

Jumlah air yang tersedia di bumi memang begitu melimpah, tetapi jumlah air yang bisa dipergunakan atau dikonsumsi oleh makhluk hidup khususnya manusia sangatlah terbatas. Hal ini disebabkan karena proses daur ulang alami air bersih telah terganggu. Hal-hal yang telah mengganggu proses daur ulang alami air bersih tersebut adalah bangunan-bangunan yang didirikan manusia telah mentutupi daerah resapan air sehingga jumlah air yang terserap dan terfilter menjadi air tanah yang bersih semakin sedikit sementara jumlah konsumsi air tanah manusia semakin bertambah. Selain dari air tanah, air bersih juga bisa didapat dari air sungai yang diproses sehingga layak pakai dan layak konsumsi. Tetapi dewasa ini dengan semakin banyaknya industri yang berkembang, semakin banyaknya pemakaian bahan2 kimia di dalam kegiatan rumah tangga menyebabkan air sungai tercemar dan sudah tidak layak lagi untuk dikonsumsi walaupun sudah diproses. Manusia adalah makhluk hidup yang sangat berperan dalam pencemaran air. Mahluk hidup lainnya seperti hewan, tumbuhan dan mikroorganisme juga berperan tetapi sangatlah sedikit.
Dengan tercemarnya sumber-sumber air baku seperti sungai, danau, air tanah (oleh buangan kotoran manusia dan oleh bahan-bahan kimia hasil buangan industri) menjadikan proses pengolahan air baku tersebut menjadi air layak konsumsi menjadi lebih mahal. Manusia memang tidak pernah berhenti berfikir. Setiap muncul suatu masalah, maka akan dicari jalan keluarnya melalui aplikasi teknologi.

Y030-EKO
Mochamad Alvin

Unknown mengatakan...

menurut saya, pencemaran air yang terjadi di indonesia saat ini sudah sangat mengkhawatirkan, terutama pencemaran air yang diakibatkan dari berbagai aktifitas manusia sehari hari. aktifitas manusia yang dapat memicu pencemaran air diantaranya; pembuangan limbah rumah tangga di sungai dan juga aktifitas produksi di pabrik.
sayangnya dengan keadaan air yang tercemar masih digunakan oleh sebagian masyarakat yang ada, padahal kalau kita tau penggunaan air yang tercemar dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan.

Unknown mengatakan...

Menurut saya Air biasanya disebut tercemar ketika terganggu oleh kontaminan antropogenik dan ketika tidak bisa mendukung kehidupan manusia, seperti air minum, dan/atau mengalami pergeseran ditandai dalam kemampuannya untuk mendukung komunitas penyusun biotik, seperti ikan.

Fenomena alam seperti gunung berapi, algae blooms, badai, dan gempa bumi juga menyebabkan perubahan besar dalam kualitas air dan status ekologi air. Danau, sungai, lautan dan air tanah adalah bagian penting dalam siklus kehidupan manusia dan merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Selain mengalirkan air juga mengalirkan sedimen dan polutan. Berbagai macam fungsinya sangat membantu kehidupan manusia. Pemanfaatan terbesar danau, sungai, lautan dan air tanah adalah untuk irigasi pertanian, bahan baku air minum, sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah, bahkan sebenarnya berpotensi sebagai objek wisata. Di negara-negara berkembang, seperti Indonesia, pencemaran air merupakan penyebab utama gangguan kesehatan manusia/penyakit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di seluruh dunia, lebih dari 14.000 orang meninggal dunia setiap hari akibat penyakit yang ditimbulkan oleh pencemaran air.

Terimakasih.

HILMAN DWI JULIAWAN
Z016-HILMAN

Unknown mengatakan...

Pencemaran air memang merupakan masalah yang sangat serius dan memerlukan kerjasama semua pihak untuk menangani masalah ini supaya kita mendapat sumber air yang bersih dan dapat hidup dalam persekitaran yang tiada pencemaran airJangan mencemari air dengan kotoran-kotoran.Tidak seharusnya kita membuat pencemaran air dengan membuang limbah sembarangan ke sungai atau laut, karena ituu akan membuat air tidak jernih seperti semula. Maka dari itu Kita harus menjaga kestabilan kondisi air yang terbebas dari pencemaran yang akan berpengaruh dalam kehidupan dan juga khlayak banyak.
Muhammad Reza Wahyu.A.
Y008-ABADI

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Pencemaran Air adalah masuknya suatu zat , energi maupun komponen lainnya baik berupa makhluk hidup maupun benda mati ke dalam air yang menyebabkan penurunan kualitas air sehingga air tidak dapat berfungsi sebagai mana mestinya. Bahan yang dapat mencemari air sangat beragam. Berbeda bahan yang mencemari tentu berbeda pula akibat pencemarannya. Air merupakan kebutuhan utama dan mendasar dalam setiap kehidupan manusia. Air memegang peranan penting dalam menjaga kestabilan ekosistem, namun tak jarang kepedulian akan lingkungan mereka abaikan sehingga menyebabkan kerusakan ekosistem yang berdampak sangat buruk bagi kehidupan manusia. kita sebagai manusia yang beradab mulailah dari diri sendiri untuk mengurangi pencemaran air dengan tidak membuang sampah ke sungai dan limbah-limbah lainnya ke perairan jagalah lingkungan kita.

firman knight mengatakan...

peningkatan peran masyarakat baik masyarakat umum, petani maupun industri dalam upaya pengendalian pencemaran air.peningkatan koordinasi antar instansi yang berkaitan dengan pengendalian pencemaran air, serta mengintegrasikan kebijakan pengendalian pencemaran air dalam penataan ruang.

Z010-FIRMAN AULIA 41615110020

catur setyo mengatakan...

kenapa harus mengeluh dengan air kotor, bukankan pencemaran air dilakukan oleh manusia itu sendiri dengan membuang limbah pabrik ke sungai, menangkap ikan dengan bahan peledak dan lain sebagainya
jika tidak bisa bertindak untuk masyarakat luas, mulai dari diri sendiri sudah cukup membantu setidaknya tidak menambah parah pencemaran air

Z033-Catur

aa mengatakan...

"Pencemaran", kata ini mengartikan sebuah gejala penambahan unsur pada alam yang tidak semestinya ada ke lingkungan, atau sebuah kejadian unsur yang berlebih dari kapasitas normalnya kepada lingkungan.

Pencemaran air berarti menambahnya kapasitas unsur pada air dengan kapasitas yang tidak sesuai semestinya, ataupun sebuah kejadian penambahan unsur asing ke dalam sebuah lingkungan air yang aktif mencemari keadaan lingkungan hidup setempat dan mempengaruhi kualitas kenyamanan untuk makhluk hidup mendiami lingkungan tersebut.

Pencemaran dapat terjadi oleh alam dan untuk alam, juga dari manusi untuk lingkungan.

Dewasa ini pencemaran air marak terjadi, dengan subjek pelaku utama yang tidak asing adalah khalifah lingkungan itu sendiri yaitu manusia. Demi berjalannya pola kehidupan pada dunianya, manusia seringkali tidak mementingkan lingkungannya yang tercemar disebabkan kegiatan kesehariannya demi kebutuhannya tercapai. Contoh yang paling terlihat adalah industri dan penambangan.

Z027-DIMAS

Subha Ariya Sena mengatakan...

Air adalah sumber utama kebutuhan manusia dalam memenuhi kehidupan. Tapi tahukah anda saat ini banyak berita mengenai isu isu lingkungan yaitu tentang pencemaran air. Pencemaran air adalah masuknya zat yang berbahaya yang tidak bermanfaat kedalam lingkungan air.

Pencemaran air yang terjadi di Indonesia sudah sangat mengkhawatirkan, manusia sebagai konsumen utama dan terbesar populasinya di dunia dengan mudahnya menggunakan air tanpa memikirkan apakah air bersih akan habis.

Pencemaran air bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti limbah rumah tangga yang dibuang ke sungai atau perairan, limbah industri yang dialirkan begitu saja ke sungai, dan lain sebagainya.